Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Heboh Skandal Video Seks, Ini Kronologi Kasus Jung Joon Young

Apa saja dampaknya?

Monica Dwi Ardiati

Skandal yang menimpa Jung Joon Young sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat Korea dan dunia. Berawal dari kasus Seungri BIGBANG yang menyeret nama Joon Young, polisi menemukan grup chat pada saat penyelidikan. Bahkan, kini laki-laki berusia 31 tahun tersebut resmi dipecat dari manajemennya, MAKEUS Entertainment. Sebenarnya apa yang terjadi dan bagaimana cerita awalnya sehingga Joon Young mendapat sorotan banyak pihak?

1. Kasus seksual Jung Joon Young September 2016

instagram.com/sun4finger

Rupanya Joon Young sempat mengalami masalah kekerasan seksual yang dilakukan terhadap mantan pacarnya. Mantan pacarnya tersebut melaporkan bahwa Joon Young telah merekam hubungan seksual tanpa persetujuannya. Namun, kasus tersebut ditolak dan penyanyi tersebut dinyatakan nggak bersalah. Lalu, pada 25 September 2016 Joon Young mengadakan konferensi pers terkait kasus ini.

2. Permintaan maaf Jung Joon Yung yang tidak tulus

instagram.com/sun4finger

Terkait kasus dengan mantan pacarnya di atas, Joon Young menanggapinya dengan mengadakan konferensi pers. Dia mengaku bahwa semua itu sudah menjadi kesepakatan. Namun menurut sumber yang berasal dari orang dalam, Joon Young nggak pernah menyesal atas perbuatannya, "Dalam perjalanan ke konferensi pers, Jung Joon Young berkata, 'saya hanya akan berpura-pura minta maaf' merekam secara diam-diam hanya lelucon baginya. Rasanya seperti kebiasaan'," ujar orang dalam tersebut.

3. Grup chat Jung Joon Young

dispatch

Berawal dari sebuah percakapan Joon Young kepada salah satu member bernama Kim yang mengatakan kalau dia telah melakukan hubungan badan dengan seseorang. Lalu, Kim menanyakan apa Joon Young memiliki videonya atau tidak.

Kemudian, lelaki juga juga menjadi salah satu member variety show 2 Days & 1 Night  ini pun membagikan video berdurasi tiga detik yang diambil secara diam-diam. Seperti yang diklaim oleh SBS News, Joon Young bukan satu-satunya orang yang berbagi video dewasa di grup chat. Joon Young diduga telah merekam 10 video secara diam-diam.

4. Permintaan maaf Jung Joon Young

instagram.com/lambenuna

Lelaki kelahiran 1989 ini telah mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Pada 13 Maret waktu Korea, MAKEUS Entertainment mengungkapkan permintaan maaf resmi dari Joon Young. Dia meminta maaf kepada masyarakat dan fans. Selain itu, Joon Young juga memohon maaf kepada para perempuan yang terlibat dalam video yang direkamnya secara diam-diam. Dia juga meminta maaf kepada semua pihak yang marah atas situasi yang sedang terjadi.

5. Dikeluarkan dari program TV

instagram.com/sun4finger

2 Days & 1 Night  merupakan program televisi pertama yang memutuskan kerjasamanya dengan Joon Young. Dua episode yang terdapat wajah Joon Young akan dihilangkan. Selain itu, dua program televisi yang tayang di tvN yaitu 4 Wheeled Restaurant: Season 3 dan Salty Tour juga memecatnya. Joon Young juga membatalkan jadwal tampilnya di sebuah festival musik. Dikutip dari Soompi, Joon Young menerima pemutusan kontrak kerjanya. 

6. Agensi Jung Joon Young memutus kontrak

soompi.com

Selain dipecat dari berbagai program, manajemennya juga mengeluarkan pernyataan pemutusan kontrak dengan Joon Young. "Dengan kejadian ini agensi mengambil sikap tidak bisa melanjutkan kontrak dengan Jung Joon Young,"  tulis mereka.

7. Bersedia mengikuti investigasi

instagram.com/sun4finger

Pada 12 Maret, agensi Joon Young mengumumkan bahwa aktor dan penyanyi yang tengah berada di Amerika Serikat akan kembali ke Korea untuk menghadiri investigasi. Investigasi dijadwalkan pada tanggal 14 Maret 2019. Dalam masa penyelidikannya ini, Joon Young memutuskan untuk menghentikan semua pekerjaannya.

IDN Media Channels

Latest from Sex