Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Saling Lapor KDRT, Ini 5 Pengakuan Jonathan Frizzy Soal Perceraiannya

Ia bicara soal kedekatannya dengan Ririn Dwi Ariyanti

Windari Subangkit

Biduk rumah tangga Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka tengah berada di ujung tanduk. Aktor yang akrab disapa Ijonk itu digugat cerai sang istri ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada Agustus 2021. Dhena menggugat cerai sang suami karena ada percekcokan di dalam rumah tangganya sejak dua tahun belakangan ini.

Selain menjalani proses cerai, pasangan yang sudah menikah selama 9 tahun ini juga saling lapor ke polisi karena dugaan kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT). Dhena sendiri sudah buka suara terkait keputusannya bercerai dari Ijonk tak lama setelah melayangkan gugatan. Kini, giliran Ijonk yang tampil di hadapan media meluruskan berita yang kadung tersiar ke publik.

1. Laporkan balik karena KDRT

Instagram.com/ijonkfrizzy

Setelah berumah tangga selama 9 tahun, Dhena memutuskan menggugat cerai Ijonk ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Tak hanya itu, ibu tiga anak ini juga melaporkan suaminya ke Polres Metro Jakarta Selatan atas tudingan KDRT. Tak tinggal diam, Ijonk pun melaporkan balik sang istri ke polisi. Aktor 39 tahun ini membantah kalau dirinya melakukan KDRT terhadap Dhena. Ia mengklaim justru dirinya yang menjadi korban kekerasan oleh istrinya.

“Saya mau menjelaskan saya tidak pernah melakukan KDRT, malah saya jadi korban. Kasihanlah saya sudah membangun karier 20 tahun, terus teman-teman beritain dengar-dengar sana-sini saya KDRT. Saya tidak pernah menyakiti siapa pun seumur hidup saya,” jelas Ijonk usai menyambangi Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (6/9/2021).

2. Bawa bukti telah dianiaya sang istri

Instagram.com/ijonkfrizzy

Ijonk merasa bahwa Dhena telah memutarbalikkan fakta. Dengan didampingi dua kuasa hukumnya, Ijonk pun memutuskan untuk melaporkan balik Dhena terkait tuduhan KDRT. Ia juga membawa bukti-bukti bahwa dirinya telah menjadi korban kekerasan yang dilakukan sang istri. Bukan dengan tangan kosong, pihak Ijonk mengklaim mereka telah membawa bukti kuat atas laporan ini, yakni berupa foto, video, dan rekaman suara.

"Bukti-bukti sudah kita serahkan, itu berupa kita ada foto, ada video, sampai rekaman suara. Jadi pada intinya sudah kita serahkan, detailnya kita nggak bisa kasih tahu karena memang kita menghormati proses penyelidikan," ujar kuasa hukum Ijonk, Sebastian.

3. Tegaskan tak permainkan agama

Instagram.com/ijonkfrizzy

Selain soal KDRT, perceraian Ijonk dan Dhena juga jadi sorotan karena diwarnai tentang isu perbedaan agama. Pasangan ini diketahui menikah pada 27 Mei 2012 dalam sebuah prosesi pemberkatan pernikahan tertutup karena Dhena beragama Islam. Namun kini, Dhena justru melayangkan gugatan cerai ke pengadilan agama, bukan pengadilan negeri. Karena hal itulah, banyak yang menduga jika Ijonk menjadi mualaf sebelum menikahi Dhena.

Ijonk akhirnya menanggapi kabar yang mengatakan dirinya sudah berpindah agama saat menikahi Dhena. Namun, ia enggan berkomentar banyak karena merasa agama adalah ranah privasi. Meski begitu, aktor film Pocong Hantu Perawan ini menegaskan dia tidak pernah mempermainkan agama.

"Saya nggak perlu lah menjawab itu karena itu urusan rumah tangga saya. Yang pasti, saya tidak mempermainkan agama mana pun," tegasnya.

Meski tak menjawab secara spesifik, kabar perpindahan agama Ijonk sempat dibocorkan oleh sang paman, Benny Simanjuntak. Lewat sebuah video, ia mengaku Ijonk rela pindah agama dari Kristen menjadi Islam demi istrinya. Di sisi lain, pengacara Dhena, Ibnu Ali Tindri, mengungkapkan pernikahan kliennya dengan Ijonk memang dilakukan secara Islam dan tercatat di KUA.

4. Isu perselingkuhan dengan Ririn Dwi Ariyanti

Instagram.com/ijonkfrizzy

Kandasnya rumah tangga Ijonk dan Dhena santer diwarnai dengan isu hadirnya orang ketiga. Ijonk dituding berselingkuh dengan lawan mainnya di sinetron, Ririn Dwi Ariyanti. Apalagi, Ririn juga sama-sama digugat cerai oleh suaminya, Aldi Bragi, ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Alhasil, rumor perselingkuhan itu pun semakin berhembus kencang.

Kendati demikian, Ijonk berusaha meluruskan rumor miring tersebut. Pemain sinetron Cinta yang Hilang itu menegaskan bahwa hubungannya dengan Ririn hanya sebatas rekan kerja. "Tidak ada kedekatan apa-apa, kami profesional saja. Hanya teman kerja," kata Ijonk.

5. Masih tinggal serumah dengan Dhena

Instagram.com/ijonkfrizzy

Meski rumah tangganya sedang retak, Ijonk mengaku tidak pisah rumah dengan istrinya. Aktor kelahiran 13 April 1982 ini mengatakan dirinya masih tinggal satu atap dengan Dhena meski sang istri sudah melayangkan gugatan cerai. Hal itu dilakukan semata-mata demi ketiga anaknya.

"Masih, masih (satu rumah). (Alasannya) anak-anak," ucap Ijonk.

Awalnya saling mencintai, Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka kini justru saling lapor ke polisi. Kita doakan saja yang terbaik untuk keduanya ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Married