Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Selebriti yang Jalani Program Bayi Tabung Demi Dapatkan Keturunan

Tak mudah menjadi orangtua

Puspita Ramadhani

Memiliki keturunan masih menjadi satu hal yang sangat diimpikan bagi sebagian besar pasangan suami istri. Mereka rela untuk menunggu selama bertahun-tahun sembari berdoa agar segera memiliki momongan.

Namun, tak semudah yang dikira. Beberapa pasangan selebriti juga turut mengalami kesulitan untuk memiliki buah hati sehingga memutuskan untuk melakukan program bayi tabung. 

Sekadar informasi, program bayi tabung adalah sebuah istilah yang digunakan untuk proses pembuahan sel telur dan sel sperma di laboratorium. Setelah mendapatkan embrio yang berkualitas, barulah calon bayi tersebut dimasukkan kembali ke dalam rahim agar bisa tumbuh dan berkembang. 

Jadi, inilah sederet selebriti yang melakukan program bayi tabung agar bisa mendapatkan momongan.

1. Inul Daratista

instagram.com/inul.d

Menderita miom dan kista membuat pedangdut tersohor Tanah Air ini kesulitan untuk memiliki momongan meski telah 13 tahun menikah dengan Adam Suseno. Kala itu, Inul menceritakan bahwa dokter memberinya dua pilihan, yakni langsung mengangkat penyakitnya atau melakukan program bayi tabung lebih dulu. 

Dengan pemikiran yang matang, Inul memilih untuk melakukan program bayi tabung pada 2009, dan berjalan dengan baik. Kini, ia telah dikaruniai satu orang anak laki-laki yang bernama Yusuf Ivander Damares. 

2. Rianti Catwright

instagram.com/riantic

Rianti Catwright juga menjadi salah satu selebriti yang harus berjuang untuk mendapatkan bayi lewat program bayi tabung. Setelah menikah dengan Cassanova Alfonso pada 2010, Rianti baru diakruniai buah hati di pernikahannya yang ke-9.

Tak langsung berhasil, Rianti sempat merasakan kegagalan program tersebut pada percobaan pertamanya. Hingga akhirnya, lahirlah Cara Rose Kanaya Nainggolan, bayi perempuan yang hadir melengkapi pasangan tersebut pada tahun 2020 silam. 

3. Adiezty Fersa

instagram.com/adieztyfersa

Istri dari presenter Gilang Dirga ini juga pernah merasakan kegagalan program bayi tabung. Nggak hanya sekali, pasangan yang menikah pada 2016 ini sempat melakukan tiga kali percobaan. Percobaan bayi tabung yang ketiga itulah yang mengantarkan Gilang Dirga menjadi seorang ayah.

Nama sang anak pun mirip dengan nama ayahnya. Diketahui, buah hati pertama Gilang Dirga dan Adiezty Fersa bernama Gin Dirga yang lahir pada Juni 2022 lalu. 

4. Tya Ariestya

instagram.com/tya_ariestya

Mengidap PCOS atau Polycystic Ovarian Syndrom, membuat keseimbangan hormon kewanitaan dan kesuburan perempuan 36 tahun ini terganggu. Penyakit itu pula yang membuat Tya kesulitan untuk memiliki buah hati dari proses pembuahan pada umumnya. 

Istri dari Irfan Ratinggang ini sempat menjalani dua kali percobaan, namun keduanya gagal. Barulah pada percobaan ketiga, Tya diberi kepercayaan untuk menjadi seorang ibu dengan kelahiran Muhammad Kanaka Ratinggang pada Agustus 2016 silam. 

5. Hanum Rais

instagram.com/hanumrais

Hanum Salsabiela Rais atau yang lebih dikenal dengan Hanum Rais tak main-main dalam keseriusannya untuk memiliki buah hati. Perempuan yang kini tengah aktif berkarier di DPRD ini pernah melakukan 6 kali program bayi tabung, yang disertai dengan 20 kali terapi dan 5 kali inseminasi.

Hingga pada 2016, semua usahanya itu membuahkan hasil. Kini ia telah menjadi orangtua dari Sarahza Reashira.

6. Zaskia Sungkar

Instagram.com/zaskiasungkar15

Cobaan menunggu buah hati di dalam bahtera rumah tangga juga turut dialami pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah. Meski telah menikah selama 10 tahun, pasangan selebriti ini tak kunjung dikaruniai anak. 

Setelah penantian panjang itu, akhirnya kakak Shireen Sungkar ini memutuskan untuk mengikuti program bayi tabung. Usai melakukan dua kali percobaan, akhirnya Zaskia dapat merasakan kehadiran buah hatinya, Ukasya Muhammad Syahki, pada Maret 2021 lalu. 

7. Anisa Rahma

instagram.com/anisarahma_12

Siapa sangka bahwa anak kembar yang kini tengah meramaikan keluarga kecil Anisa Rahma dan Anandito saat ini merupakan hasil program bayi tabung. Program tersebut dipilih dan dilakukan Anisa setelah menanti selama 4 tahun.

Semua perjalanan dan proses bayi tabung itu ia bagikan di laman Instagramnya. Anisa juga bercerita bahwa kehamilan yang ia lalui kemarin didapatkanya setelah dua kali gagal.

8. Chyntia Lamusu

instagram.com/cynthia_lamusu

Chyntia Lamusu merupakan istri dari aktor, Surya Saputra, yang kerap mendapatkan peran sebagai seorang ayah. Namun di kehidupan nyatanya, tak mudah bagi Surya untuk menjadi sosok ayah yang sesungguhnya. 

Delapan tahun menanti, pasangan publik figur ini akhirnya mendapatkan momongan lewat program bayi tabung yang dilakukannya pada 2016, dan dikaruniai anak kembar yang diberi nama Tatjana dan Bima.

9. Bella Saphira

instagram.com/bellasaphiraofficial

Letnan Jenderal TNI AD, Agus Surya Bakti, menikahi pesinetron, Bella Saphira, pada 2013 lalu. Sembilan tahun sudah pasangan abdi negara ini mengarungi rumah tangganya. Namun sayang, Agus dan Bella masih belum diberikan kesempatan untuk memiliki buah hati meski sudah mencoba program bayi tabung sebanyak tiga kali. 

10. Citra Monica

instagram.com/citra_monica

Menikah dengan Ifan 'Seventeen' pada Mei 2021 lalu, kini Citra Monica sangat menanti kehadiran buah hati di tengah-tengah mereka lewat program bayi tabung. Adanya faktor usia yang sudah tak lagi muda membuat Ifan dan Citra memutuskan untuk melakukan program tersebut. 

Saat ini, Citra tengah aktif membagikan perjalanannya melakukan program bayi tabung di Instagram. Setelah percobaan pertama gagal, ia berharap percobaan keduanya ini akan membuahkan hasil. 

Itulah deretan selebriti Tanah Air yang rela melakukan program bayi tabung untuk mendapatkan keturunan. Ada atau tidaknya kehadiran buah hati, mari kita doakan agar rumah tangga mereka bahagia selalu, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married