Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Fakta Seputar Misteri Pernikahan R. Kelly & Aaliyah, Menikah Usia 15

Kelly terbukti bersalah lakukan perdagangan seks.

Andhina Effendi

Penyanyi R. Kelly sudah tersandung beberapa kali kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. Dalam persidangan terkini, Kelly yang kini berusia 54 tahun dinyatakan bersalah atas sembilan dakwaan, termasuk di dalamnya pemerasan, eksploitasi seksual terhadap anak, penyuapan, hingga perdagangan seks atau sex trafficking.

Selain kasus pelecehan seksual, pelantun lagu I Believe I Can Fly itu juga kabarnya pernah menikah dengan mendiang Aaliyah, penyanyi R&B yang tenar di akhir tahun 1990an hingga awal 2000. Aaliyah meninggal dunia pada tahun 2001 akibat kecelakaan pesawat saat usianya baru 22 tahun.

Pernikahan mereka dianggap ilegal, karena saat itu Aaliyah masih di bawah umur. Baik Aaliyah maupun Kelly tak pernah mau buka suara akan hal tersebut, namun ada beberapa fakta yang ditemukan pihak media terkait hubungan mereka. 

1. Aaliyah berkenalan dengan R. Kelly lewat pamannya

Pinterest.com

Paman Aaliyah, Barry Hankerson, menjadi orang yang mengenalkan Kelly pada Aaliyah, yang saat itu baru berusia 12 tahun. Barry kebetulan adalah manajer Kelly, serta memiliki sejumlah klien ternama lainnya, seperti Toni Braxton dan Gladys Knight.

Di usia 14, Aaliyah pun mulai merekam album pertamanya, Age Ain't Nothing But A Number, pada 1993, di mana Kelly merupakan mentor, produser, dan salah satu penulis lagunya. Debut albumnya tersebut pun sukses dan membuat nama Aaliyah menjadi salah satu penyanyi perempuan yang diperhitungkan saat itu.

2. Keduanya dikabarkan menikah saat Aaliyah baru berusia 15 tahun

Nypost.com

Rumor seputar hubungan Kelly dan Aaliyah pun mulai merebak, bahwa hubungan mereka bukan lagi mentor dan murid, melainkan sepasang kekasih. Masalahnya, Aaliyah masih di bawah umur, sedangkan Kelly saat itu adalah pria dewasa berusia 27 tahun.

Pada Januari 1995, media di AS melaporkan adanya sertifikat pernikahan antara Kelly dan Aaliyah. Dalam dokumen tersebut, disebutkan bahwa mereka menikah pada 31 Agustus 1994 bertempat di Rosemont, Illinois. Namun usia Aaliyah ditulis 18 tahun, padahal pada tahun itu Aaliyah baru berusia 15 tahun.

3. Pihak keluarga minta pernikahan itu dibatalkan

Latimes.com

Baik pihak Kelly maupun Aaliyah tidak ada yang pernah berbicara mengenai pernikahan tersebut. Namun menurut laporan, pihak keluarga Aaliyah marah besar dan meminta agar pernikahan itu dibatalkan pada tahun 1995.

Menurut laporan media lainnya, pihak keluarga bahkan meminta Aaliyah untuk memutus hubungan dengan Kelly, termasuk hubungan profesional. Sejak saat itu, keduanya tak pernah lagi bekerja sama dan tak pernah terlihat di hadapan publik bersama.

4. Dokumen pernikahan mereka dirahasiakan

xxlmag.com

Tahun 1997, Aaliyah melayangkan petisi ke pengadilan Illinois untuk menghapus catatan pernikahannya. Seorang hakim Cook County kabarnya mengabulkan permohonan tersebut dan memerintahkan agar dokumen tersebut disegel.

Menurut laporan Chicago Sun-Times, permintaan Aaliyah itu hampir bersamaan dengan munculnya kasus pelecehan seksual Kelly. Kala itu, seorang perempuan usia 20-an menuntut Kelly sebesar US$10 juta atas tuduhan melakukan hubungan seks saat sang perempuan baru berusia 15 tahun. Kedua belah pihak akhirnya melakukan kesepakatan dengan Kelly membayar US$250.000.

5. Aaliyah tak pernah lagi mau berbicara soal Kelly

Eonline.com

Ketika Chicago Sun-Times mencoba bertanya pada Aaliyah tentang dugaan pernikahannya, Aaliyah langsung mengelak.

"Aku tak mau berkomentar tentang hal itu, karena aku tahu itu tidak benar. Kalau orang bertanya padaku, aku akan menjawab, jangan percaya itu semua. Kami memang dekat tapi orang menganggapnya berbeda," ujarnya.

Berdasarkan sumber dekat dengan Aaliyah, pelantun lagu Try Again itu tak mau menyebut namanya atau memperbolehkan orang lain bertanya seputar Kelly.

6. Kelly sempat mengakui kedekatannya dengan Aaliyah

bbc.co.uk

Pernikahan Kelly dan Aaliyah tetap menjadi misteri, meski begitu pada 2016 Kelly pernah terbuka soal kedekatannya dengan Aaliyah.

Dengan GQ, Kelly mengungkapkan bahwa dia dan Aaliyah adalah teman yang sangat dekat.

"Saya mungkin bisa mendeskripsikan kedekatan kami sebagai teman baik. Teman yang mendalam. Saya bisa mengatakan bahwa saya mencintai Aaliyah, tapi dalam bentuk yang berbeda, bentuk selayaknya seorang teman," katanya.

Soal rumor pernikahan, Kelly tetap mengelak untuk membicarakannya, karena dia ingin menghormati Aaliyah yang telah tiada.

"Karena Aaliyah sudah tidak bersama kita, jadi dengan menghormatinya dan menghormati orangtuanya, saya tidak akan berbicara tentang hal ini pada siapa pun."

Kelly sempat beberapa kali tersandung kasus pelecehan seksual yang melibatkan anak di bawah umur. Meski dia dinyatakan tidak bersalah atas kasus pornografi anak pada 2008, baru-baru ini Kelly justru dinyatakan bersalah atas 9 dakwaan, termasuk kasus pemerasan, pelecehan anak di bawah umur, dan perdagangan seks.

IDN Media Channels

Latest from Married