Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tren Penting di Tinder Selama 2021, Banyak yang Suka Kencan di Luar

Masih ada juga yang senang virtual date

Windari Subangkit

Tak terasa kita sudah sampai di penghujung tahun. Sama seperti tahun lalu, di 2021 ini kita masih berada dalam kondisi pandemi yang tentunya berpengaruh pada segala lini kehidupan, mulai dari ekonomi, gaya hidup, bahkan soal percintaan. 

Menurut data dari Tinder yang diterima Popbela pada Selasa (7/12), para anggota Gen Z Tinder menunjukkan cara mereka jadi diri sendiri saat ingin terhubung dengan orang baru di tahun 2021. Mulai dari ide kencan hingga lagu-lagu romantis, inilah tren kencan di Tinder sepanjang tahun 2021.

1. Tahun 2021 adalah tahun emoji Side Eye

Unsplash.com/Denis Cherkashin

Di saat jutaan emoji digunakan di biodata Tinder, satu emoji yang sedang naik daun dan menarik perhatian adalah Side Eye (Lirikan Mata) ? yang penggunaannya di biodata Tinder secara global meningkat sebanyak 40% di tahun ini. Emoji ini menunjukkan sikap optimisme dan skeptisisme para pengguna Tinder di sepanjang tahun.

Selain itu, dua emoji lain yang sesuai dengan orang Indonesia di tahun ini adalah ✨ dan ? yang menunjukkan optimisme untuk masa depan dan aura positif (good vibes) secara umum.

2. URL dan IRL

Unsplash.com/Tetiana Shyshkina

Pada tahun 2021, Gen Z menikmati kencan virtual dan pertemuan langsung pasca vaksinasi. Kencan lewat video berubah menjadi cara utama first date bagi para lajang, di mana penyebutan "panggilan video" di biodata Tinder meningkat sebesar 52% secara global.

Sedangkan di Indonesia, Gen Z juga melihat kencan virtual sebagai kesempatan untuk membangun koneksi yang lebih kuat. Riau, Jakarta, dan Lampung menjadi tiga kota teratas yang paling suka mengobrol lewat obrolan video (video chat).

Namun, Gen Z juga ingin terhubung dengan orang-orang baru yang dekat dengan mereka untuk kehidupan nyata dengan penyebutan "terdekat" dan "dekat" keduanya meningkat sebesar 20% dalam biodata Tinder secara global.

3. Ide kencan pertama mulai dari kegiatan yang nyaman hingga ‘outdoorsy

Unsplash.com/Helena Lopes

Pada tahun 2021, Tinder mengetahui bahwa kencan pertama akan lebih banyak seputar aktivitas dibandingkan icebreaker. Para lajang memilih aktivitas first date yang lebih menarik dan unik untuk membantu mereka benar-benar kenal satu sama lain.

Banyak terlihat di biodata pengguna Tinder, kegiatan di luar ruangan seperti naik gunung, berkemah, dan golf, menjadi pilihan Gen Z di Indonesia untuk membuat pengalaman kencan pertama yang tak terlupakan.

Ketika ditanya tentang rencana kencan pertama di Tinder, bertemu untuk ngopi atau piknik di taman menjadi kegiatan yang paling banyak dipilih oleh anggota Gen Z Indonesia. 

4. “Sudah divaksin” menjadi pembuka obrolan baru

Unsplash.com/Christian Wiediger

Seperti diketahui, vaksinasi gencar digalakkan oleh pemerintah Indonesia sepanjang tahun 2021 ini. Maka dari itu, pertanyaan seputar “sudah divaksin” sering menjadi pembuka obrolan baru bagi para pengguna Tinder. 

Setelah program vaksinasi dipercepat secara lokal, penyebutan ‘Vaksin’ di biodata pengguna Tinder di Indonesia juga telah meningkat di bulan September. Sebab, banyak pengguna yang menginginkan status vaksinasi menjadi hal yang paling penting agar kencan jadi lebih aman.

5. Gestur kecil menjadi hal yang besar

Unsplash.com/Docusign

Hal-hal kecil membuat sebuah kencan menjadi favorit. Penyebutan "hal-hal kecil" meningkat 30% dari tahun ke tahun di biodata Tinder saat para pengguna berbagi apresiasi mereka terhadap hal-hal kecil dalam hidup yang membuat mereka bahagia.

Anggota Tinder di Indonesia menyukai berbagai gestur kecil, seperti ‘dikejutkan dengan kopi’ atau ‘saat gaya berpakaian mereka dipuji’ yang akan membuat hari mereka jadi lebih menyenangkan.

6. Lagu-lagu kencan untuk suasana tetap tulus dan nyata

Unsplash.com/Bruno Gomiero

Musik menjadi yang hal paling diminati oleh anggota Tinder secara global. Lagu-lagu yang dipilih anggota untuk ditampilkan di profil mereka menunjukkan banyak hal tentang suasana hati mereka. Emosi pada lagu good4u dari Olivia Rodrigo dan STAY dari Kid Laroi & Justin Bieber menduduki peringkat teratas di biodata Tinder pada tahun 2021.

Itulah tren penting di Tinder sepanjang tahun 2021. Bagaimana denganmu, Bela?

Dok. Tinder

IDN Media Channels

Latest from Dating