Menjadi diri sendiri kadang terkesan remeh, tetapi ini sangat penting untuk dirimu. Sebab, hubungan yang paling penting kamu miliki adalah hubungan dengan dirimu sendiri. Mencintai diri sendiri juga memiliki pengaruh besar terhadap kepercayaan dirimu, apalagi saat kamu mulai membangun koneksi atau bertemu orang baru di aplikasi kencan online.

Baru-baru ini, aplikasi kencan Tinder melakukan Instagram live bersama relationship expert, Inez Kristanti, dan celebrity makeup artist, Bubah Alfian. Dalam acara bertajuk “Be Real, Be You bersama Bubah x Tinder Indonesia” ini, keduanya berbicara tentang pentingnya menjadi diri sendiri dan bagaimana orang dapat menonjolkan keunikan mereka. Inez dan Bubah juga membagikan tips untuk membantu kamu menunjukkan diri kamu yang authentic di profil Tinder. Apa sajakah itu?

1. Kenali diri kamu seutuhnya

Anti Tipu-Tipu, Ini Tips Bikin Kamu Jadi Diri Sendiri di Profil TinderUnsplash.com/Yogas Design

Hal pertama yang harus dilakukan ialah kenali siapa diri kamu sebenarnya. Mulai dari minat, hobi, kesukaan, ketidaksukaan, fitur tubuh terbaik, dan hal lainnya yang bisa bikin kamu lebih percaya diri. Hal ini sangat penting, terutama saat kamu harus membangun koneksi dengan orang lain, baik di dunia nyata maupun secara virtual. Cobalah luangkan waktu untuk terhubung dengan diri sendiri karena itu akan membantu kamu dalam membangun profil authentic yang kuat di aplikasi kencan online seperti Tinder.

Anti Tipu-Tipu, Ini Tips Bikin Kamu Jadi Diri Sendiri di Profil TinderUnsplash.com/Kevin Laminto

Nah, salah satu cara untuk mengekspresikan diri kamu adalah melalui makeup. Bagi Bubah Alfian, mengetahui gaya makeup yang bisa menonjolkan bagian wajah terbaikmu menjadi kunci utama. Apakah itu no makeup look atau bold look yang kamu sukai. Bubah menyarankan kamu untuk menonjolkan authentic diri dengan memperhatikan apa yang terasa seperti kamu banget.

“Kamu bisa coba cari tahu gaya makeup yang memperlihatkan sisi authentic-mu. Kalau aku prefer no makeup look dan coba saja tonjolkan bagian-bagian wajah favorit kamu. Penampilan kamu harus mencerminkan siapa kamu dan menonjolkan fitur wajah kamu. Jadi sebelum makeup, penting untuk mengetahui gaya mana yang sesuai dengan kamu, mengetahui fitur wajah kamu, dan kemudian tonjolkan bagian terbaik," jelas Bubah.

2. Explore di luar zona nyaman kamu

Anti Tipu-Tipu, Ini Tips Bikin Kamu Jadi Diri Sendiri di Profil TinderPexels.com/Cottonbro

Bela, apakah kamu merasa nyaman dengan dirimu? Selamat! Itu artinya kamu berhasil menjadi dirimu sendiri dan bangga akan pribadi kamu. Tapi, hati-hati ya! Jangan sampai kamu terlalu nyaman dengan keadaan saat ini dan menolak untuk menjadi lebih baik lagi. Seperti yang disampaikan Inez Kristanti.

“Menjadi authentic tidak seterusnya harus berada di zona nyaman, kita juga bisa berkembang menjadi lebih baik lagi. Be real dan be you,” tuturnya.

Selama kamu bisa berkomunikasi dengan baik dan mengambil saran yang membangun, kamu pun bisa terus belajar untuk menjadi The Real You! Bagi Bubah, mengekspresikan diri tidak selalu harus melupakan diri kita sendiri. 

“Kita harus bisa mengeluarkan ‘the best version of me’ tanpa menghilangkan authenticity diri kita,” ucapnya.

3. Spill what you got

Anti Tipu-Tipu, Ini Tips Bikin Kamu Jadi Diri Sendiri di Profil TinderDok. Tinder

Supaya profil kamu lebih tajam, cobalah untuk lebih authentic, misalnya dengan bio lengkap seputar pribadi kamu, foto-foto terbaik kamu yang sudah diverifikasi, ataupun video di profil yang baru saja hadir di Tinder untuk para member-nya di Indonesia.

Menurut Inez, kamu bisa menunjukkan diri yang paling authentic dengan mengunggah foto atau video yang memperlihatkan kegiatan atau hobi yang kamu sukai. Bisa juga dengan cara memperlihatkan kegiatan atau tempat yang jarang orang ketahui supaya terlihat sedikit misterius yang pastinya bisa jadi ice-breaker. Contohnya, membicarakan soal zodiak.

Nah, itu dia tips untuk menunjukkan dirimu apa adanya di profil TinderHappy swiping!

Baca Juga: Menikah Setelah Bertemu di Tinder, Pasangan Ini Berbagi Tips Kencan

Baca Juga: Seru Banget! Ini 3 Fitur Baru di Tinder

Baca Juga: 8 Prediksi Masa Depan Kencan Versi Tinder