Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Manusiawi, Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Setelah Diselingkuhi Pasangan

Yang paling berat, hilangnya rasa percaya

Hyrasti Kayana

Perselingkuhan yang terjadi pada suatu hubungan akan memberika luka. Luka akan memberikan bekas yang nggak hilang begitu saja. Kalau seseorang memilih untuk mempertahankan hubungannya, akan ada hal-hal yang berubah dalam hubungan yang dijalani oleh keduanya. Terutama seseorang yang diselingkuhi akan menunjukkan sikap yang sangat amat dipengaruhi oleh apa yang telah terjadi pada dirinya.

1. Hilang rasa percaya

Pexels.com/Pixabay

Sebuah akibat yang akan sangat jelas diterima oleh seseorang yang telah berselingkuh. Rasa percaya yang sebelumnya dibangun untuk pasangannya akan benar-benar bisa hancur. Walaupun hanya karena sebuah kesalahan. Namun perelingkuhan adalah sebuah pengkhianatan. Ketika seseorang berkhianat kamu pun akan sulit memberikan kepercayaan sepenuhnya seperti saat pasangan kamu belum berselingkuh

2. Insecure

Unsplash.com/Eric Ward

Selain rasa percaya yang menjadi sangat berkurang, seseorang yang diselingkuhi akan selalu merasa nggak aman. Dia akan termakan oleh pikiran-pikiran negatifnya dan membuahkan perasaan sangat-sangat nggak membuat nggak tenang. Seseorang akan merasa selalu khawatir ketika dia nggak bersama pasangannya.

3. Sensitif

Pexels.com/Kat Jayne

Saat seseorang telah mengalami perselingkuhan, dia akan menjadi sangat sensitif dengan apa pun yang berhubungan dengan kejadian perselingkuhan yang dialaminya. Tanpa dia sadari kadang memori-memori yang terekam dalam ingatannya akan membuatnya lebih sensitif.

Misalnya ada seorang pasangan yang kekasihnya berselingkuh dengan seseorang yang lebih muda, dia akan sangat khawatir ketika pasangannya berinteraksi dengan seseorang yang lebih muda. Atau mungkin seseorang memergoki pasangannya berselingkuh di suatu tempat, ketika dia mengingat tempat itu tiba-tiba dia merasa marah. Semua akan menjadi terasa sensitif apabila berhubungan dengan kenangan yang buruk.

4. Trauma

Unsplash.com/Cristian Newman

Luka yang membekas pada seseorang yang dikhianati oleh orang yang dicintai akan sangat membekas di ingatan seseorang. Ketika dia sudah sensitif dengan apa yang berhubungan dengan perselingkuhan yang dialaminya, dia akan merasa berdebar bahkan gemetar. Cukup banyak orang mengalami hal yang seperti ini. Trauma seperti ini akan bisa hilang namun memerlukan proses juga yang nggak mudah.

5. Posesif

Pexels.com/Vera Arsic

Dari semua kemungkinan yang bisa terjadi, sikap posesif juga akan sangat bisa terjadi oleh orang yang mengalami perselingkuhan. Karena sudah mengalami sesuatu yang buruk, kadang sikap posesif seperti sebuah antisipasi pada pasangan agar dia nggak punya kesempatan lagi untuk berselingkuh di kemudian hari. Saat posesif ini muncul kadang sikap ini malah akan menjadi sangat di luar batas seseorang. Tapi buruknya karena sudah hilangnya rasa percaya ini, sikap posesif akan sangat mengekang seseorang.

Bangkit dari masalah perselingkuhan dan memilih untuk tetap mempertahankan hubungan adalah hal yang sangat berisiko dan penuh pengorbanan. Ketika memilih bertahan, mereka harus sama-sama berjuang. Kadang hal buruk terjadi karena akan ada kebaikan yang lebih besar datang. Jadi pikirkan dengan matang ketika kamu memilih untuk memaafkan dan menjalankan hubunganmu.

IDN Media Channels

Latest from Dating