Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara Menghilangkan Cemburu Saat Pacar Hangout dengan Teman-temannya

Sebenarnya ini bukan hal yang patut dicemburui, lho!

Elga Windasari

Saat pacar dekat dengan perempuan lain, wajar jika kamu merasa cemburu. Namun, bagaimana jika kamu juga cemburu saat pacar sedang hangout dengan teman-temannya? Apakah itu termasuk hal yang wajar juga?

Menurut Bolde, kamu nggak seharusnya merasa seperti itu. Coba tanya pada diri sendiri mengapa kamu bisa merasa cemburu. Apakah karena pacar lebih sering bermain bersama gengnya, sedangkan kamu nggak? Atau karena kamu nggak tahu apa yang harus dilakukan saat pacar memiliki waktunya sendiri?

Kedua alasan itu sama sekali nggak membenarkan kamu untuk merasa cemburu. Bahkan bisa dibilang apa yang kamu rasakan itu nggak sehat lho, Bela. Nah, supaya kamu stop merasa cemburu saat pacar sedang hangout dengan teman-temannya, coba lakukan beberapa tips dari Bolde di bawah ini.

1. Ubah pola pikirmu

Pexels.com/JESSICA TICOZZELLI

First of all, cemburu yang kamu rasakan itu bersumber dari dirimu sendiri. Jadi, yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan mengubah pola pikir yang selama ini kamu miliki.

Pacar kamu bermain dengan teman-teman karena dia suka melakukannya dan itu seharusnya nggak jadi masalah. Itu hal yang sangat normal. Dia melakukannya bukan karena dia nggak sayang sama kamu.

Lagi pula, bukan tanggung jawab pacar untuk selalu berada di sisimu 24/7 dan mengharapkan hal tersebut sama sekali nggak masuk akal. Plus, itu bukanlah pemikiran yang sehat. Pahami dan sadari kalau setiap kali kamu merasa cemburu saat pacar bersama teman-temannya, itu sama sekali nggak baik.

2. Lakukan sesuatu dengan teman-temanmu sendiri

Pexels.com/Kampus Production

Saat pacar sedang asik bersama teman-temannya, ini adalah kesempatan sempurna bagimu untuk menikmati waktu sosial dengan teman-temanmu sendiri. Janjian ke restoran baru yang sudah lama ingin kalian datangi, nonton film di bioskop, atau hanya kumpul di salah satu rumah teman dan maraton serial favorit kalian.

Ingat ya, Bela. Hubungan dengan teman dan sahabat juga sama pentingnya seperti hubunganmu dengan pacar. Jadi, mereka juga patut kamu jadikan prioritas.

3. Lebih fokus untuk merawat diri

dalejamessalonperth.com

Kapan terakhir kali kamu pergi ke salon atau spa? Kapan terakhir kali mani-pedi? Ikut salah satu kelas olahraga yang sudah lama ingin dilakukan? Atau sekadar berjalan-jalan sendirian mencari udara segar?

Ada begitu banyak hal yang sangat berguna untuk diri sendiri yang jarang kamu lakukan karena terlalu “sibuk” dengan pacar. Nah, saat dia keluar dengan teman-temannya, ini adalah kesempatan yang tepat untuk kamu melakukannya.

4. Lihat sisi baiknya

Pexels/ Andrea Piacquadio

Jujur saja, mungkin kamu melihat situasi pacar hangout bersama teman-temannya dari sudut pandang yang salah. Daripada terus merasa cemburu, lebih baik kamu melihat sisi baiknya, yaitu ini waktunya kamu bisa merasa seperti seorang jomblo.

Lakukan apa yang ingin kamu lakukan, yang biasanya agak sungkan dilakukan saat ada pacar. Mau itu bermalas-malasan di rumah saja atau pergi ke tempat yang tidak terlalu disukai pasangan, lakukan apa yang ingin kamu lakukan.

Jadi, saat pacar bersama teman-temannya, kamu juga jadi punya me time yang mungkin selama ini sulit dilakukan.

5. Berusaha merasa nyaman dengan diri sendiri tanpa pacar

pexels.com/andrea-piacquadio

Jika kamu selalu merasa cemburu saat pacar hangout dengan teman-temannya, inti masalahnya kemungkinan adalah kamu nggak merasa nyaman dengan diri sendiri. Selama ini kamu merasa lebih nyaman saat bersama pacar (yang memang seharusnya kamu rasakan).

Padahal, jika kamu merasa nyaman saat sendirian dan menghabiskan waktu dengan diri sendiri, kamu nggak akan merasa cemburu saat pacar bersama teman-temannya. Bahkan, kamu mungkin merasa agak senang karena kamu juga perlu menghabiskan waktu dengan diri sendiri.

6. Cari tahu dan atasi alasan yang bikin kamu cemburu

pexels.com/juan-pablo-serrano

Kamu nggak bisa mengatasi masalah jika kamu nggak atas alasannya. Apa yang membuatmu kesal saat pacar pergi tanpamu? Apa kamu khawatir dia akan selingkuh? Apakah kamu FOMO? Apa kamu mudah bisa saat sendirian?

Cari tahu apa dorongan di balik perasaan cemburu yang kamu rasakan sehingga kamu bisa mulai mengubahnya. Jika perlu, jangan malu untuk bertanya pada orang yang bisa kamu percaya atau bahkan mencari bantuan profesional.

Apa pun bentuknya, rasa cemburu yang berlebihan nggak baik untuk diri sendiri dan hubungan. Jadi, jika kamu merasa cemburu saat pacar hangout bersama teman-temannya, segera atasi sebelum membuat hubunganmu makin nggak sehat ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating