Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Idealnya, 12 Hal Ini Harus Ada dalam Sebuah Hubungan Asmara

Kamu dan dia sudah punya belum?

Anisya Fitrianti

Ketika menjalin sebuah hubungan dengan seseorang, apa yang menjadi pertimbanganmu, Bela? Kenyamanan, kepercayaan, atau batasan diri? Ternyata ada cukup banyak hal, lho, yang seharusnya ada dalam sebuah hubungan

Cinta saja ternyata nggak cukup untuk membangun hubungan asmara yang sehat dan ideal. Kalau kamu dan pasangan sudah berkomitmen menjalani hubungan yang serius, 12 hal di bawah ini harus ada dalam hubungan kalian. Yuk, cari tahu apa aja!

1. Kenyamanan akan penampilan fisik.

freepik.com/lookstudio

Nggak bisa dipungkiri kepercayaan diri pada penampilan fisik punya pengaruh besar, lho, dalam hubungan. Kamu dan pasangan harus bisa merasakan kepercayaan diri akan penampilan masing-masing. Dengan begitu, kalian akan saling merasakan dicintai apa adanya. 

2. Kepercayaan satu sama lain.

freepik.com/look-studio

Jangan salah, kalau kamu dan pasangan nggak saling percaya, hubungan antara kalian bisa sia-sia lho. Hubungan yang dibangun tanpa rasa percaya bisa membuat kamu dan pasangan tidak merasa bahagia, stres hingga insecure yang akhirnya berdampak lebih buruk. Untuk itu, sejak awal menjalin hubungan cobalah membangun komitmen akan rasa percaya. 

3. Mendapatkan kasih sayang.

rawpixel.com/

Dalam hubungan yang ideal, pasangan bisa memberikan sandaran hangat dalam keadaan sedih maupun senang. Bahkan di saat kalian bertengkar, kalian tetap bisa memberikan perhatian dan kasih sayang. 

4. Punya ruang sendiri.

https://www.pexels.com/@vlada-karpovich

Meski sudah punya pasangan, bukan berarti kamu nggak punya waktu untuk diri sendiri, lho. Begitu juga dengan pasanganmu. Dalam menjalani hubungan yang ideal, kamu dan pasangan boleh kok menentukan batasan dan memiliki ruang khusus untuk diri sendiri. 

5. Keintiman.

freepik.com/ boggy

Keintiman pasangan nggak melulu dibangun dari hubungan seks. Lebih jauh dari itu, keintiman yang dibangun lewat emosi biasanya dapat meningkatkan rasa nyaman akan pasangan. Di samping itu, membangun keintiman dengan pasangan juga akan membuat kamu dan si dia memahami diri lebih dalam. 

6. Semangat menjalani tantangan.

https://www.pexels.com/

Setiap pasangan pasti punya tantangan, tapi apakah setiap pasangan berani melewatinya? Kalau kamu dan dia dapat saling mendukung dan menularkan semangat untuk membangun diri yang lebih baik, selamat, Bela! Ini berarti kamu dan pasanganmu sudah punya salah satu hal yang penting dalam sebuah hubungan. 

7. Selalu menjaga komunikasi.

freepik.com/ cookie_studio

Komunikasi tentu jadi hal utama dari sebuah hubungan. Dalam kondisi apa pun, kamu dan pasangan idealnya dapat tetap menjaga komunikasi. Jangan sampai, salah satu di antara kalian hobinya menghilang dan membuat khawatir. Bahaya, lho, buat keberlangsungan hubungan! 

8. Selera humor.

freepik.com/taras.nagirnyak

Well, kehidupan pasti nggak selalu berjalan sesuai keinginan. Begitu juga dalam hubunganmu. Tetapi saat pasangan punya selera humor yang setara, mereka akan lebih mudah menghadapi dunia. Karena hal sekecil apa pun bisa jadi bahan canda dan tawa bersama. 

9. Bisa bekerja sama.

freepik.com/drobotdean

Hubungan yang ideal juga bisa terjalin ketika kamu dan pasangan nggak saling berkompetisi. Tetapi justru saling dukung atau bahkan menjadi rekan kerja sama. Pasangan yang baik adalah yang punya keinginan untuk berhasil bersama dan nggak membuat persaingan dalam hubungan. 

10. Perasaan bangga.

hackspirit.com

Rasa bangga juga idealnya ada dalam sebuah hubungan. Bukan hanya soal prestasi atau pencapaian, lho. Tetapi bangga akan keberadaan pasangan juga penting. Misalnya dengan mengenalkan sosok pasangan ke keluarga atau teman dekat. Perasaan bangga karena saling memiliki dapat memberikan dampak positif akan kepecayaan diri masing-masing. 

11. Rasa perhatian dan pujian.

Pexels.com/Anthony Shkraba

Sudah sewajarnya sepasang kekasih saling memberi perhatian satu sama lain. Bukan hanya perhatian pada hal-hal besar, lho, justru terkadang perhatian pada hal kecil bisa membuat hati lebih senang. Kamu dan pasangan juga sudah sepantasnya saling memuji. Dengan begitu hubungan akan terasa lebih berwarna. 

12. Tidak merasa dihakimi.

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Hal yang nggak kalah penting dan wajib ada dalam sebuah hubungan  adalah peraasan aman dan tidak mendapat penghakiman. Artinya, kamu dan pasangan bisa bercerita satu sama lain tetang banyak hal tanpa rasa takut. 

Nah, itu tadi 12 hal yang seharusnya dimiliki sepasang kekasih dalam menjalin hubungan. Bagaimana dengan hubunganmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating