Jatuh cinta setulus hati dengan pasangan bukanlah jaminan bahwa kamu akan selalu setia kepadanya. Faktanya, kebanyakan orang yang sedang jatuh cinta sering kali terjebak dalam godaan yang sifatnya hanyalah kesenangan sesaat. Percayalah, perselingkuhan akan mengakibatkan kerusakan pada hubungan kamu!

Untuk itu, lakukan beberapa rekomendasi Popbela ini agar dapat menahan godaan yang akan mengancam hubungan kamu dan pasangan, ya. Selamat mencoba, Bela.

1. Mengakui kerentanan kamu dengan godaan.

8 Cara Jitu Menahan Godaan Selingkuh yang Mengancam Hubunganmu https://www.pexels.com/@cottonbro

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk manahan godaan berselingkuh adalah dengan mengakui kerentanan yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu jadi lebih waspada terhadap perilaku, keputusan, dan pemikiranmu, deh.

2. Ceritakan kekurangan yang kamu miliki pada pasangan.

8 Cara Jitu Menahan Godaan Selingkuh yang Mengancam Hubunganmu https://www.pexels.com/@jonathanborba

Percayalah, pasangan yang baik akan selalu menghargai keterbukaanmu. Untuk itu, jangan ragu menunjukkan kelemahan kamu kepada si dia, ya. Dengan begitu, pasangan kamu jadi lebih mudah untuk mengerti dan memahami kamu. Hal ini akan membantumu pula untuk mengatasi godaan berselingkuh.

3. Cari bantuan profesional.

8 Cara Jitu Menahan Godaan Selingkuh yang Mengancam Hubunganmu https://www.pexels.com/@yankrukov

Apabila kamu mengalami kesulitan yang serius dalam hal ini, mencari bantuan profesional bisa menjadi pilihan yang bagus, lho. Lakukan konsultasi dengan psikolog atau mentor spiritual, ya. Siapa tahu berdiskusi dengan seseorang di pihak netral dapat membantumu menemukan jalan keluar dari godaan berselingkuh.

4. Pikirkan dampak perselingkuhan terhadap hubungan kamu.

8 Cara Jitu Menahan Godaan Selingkuh yang Mengancam Hubunganmu freepik.com/ gorynvd

Bagaimana jika kamu menyerah? Pernahkah kamu berpikir tentang apa yang akan terjadi saat pasangan kamu tahu bahwa kamu selingkuh? Apa kamu bersedia mempertaruhkan hubunganmu untuk kesenangan sesaat?

Bahkan, apabila si dia memaafkan kamu, akan sangat sulit untuk mengembalikan kepercayaan yang telah ia beri, lho. Untuk itu, pikirkan kembali ketika kamu hendak bertindak, ya. It's not worth it, Bela.

5. Tanyakan pada diri sendiri apakah pasangan kamu pantas untuk diselingkuhi.

8 Cara Jitu Menahan Godaan Selingkuh yang Mengancam Hubunganmu https://www.pexels.com/@cottonbro

Ada kemungkinan pula pasangan kamu tak akan pernah mengetahui perselingkuhan kamu. Namun, apakah menurutmu ia pantas untuk diselingkuhi? Tanyakan pada diri sendiri, ya. Pasangan kamu mungkin tak sempurna. Tetapi, lihat apa yang telah ia beri untukmu. Si dia selalu berusaha menjadi yang terbaik untukmu, Bela.

6. Hindari teman yang mendukungmu untuk berselingkuh.

8 Cara Jitu Menahan Godaan Selingkuh yang Mengancam Hubunganmu https://www.pexels.com/@gabby-k

Jika kamu memiliki teman yang menganggap bahwa berselingkuh itu keren, menjauhlah dari mereka, ya. Teman yang sejati akan selalu membantumu untuk berada di jalan yang benar, kok. Mereka nggak akan senang merusak hubungan atau pernikahan kamu. 

7. Batasi interaksi dengan seseorang yang kamu sukai.

8 Cara Jitu Menahan Godaan Selingkuh yang Mengancam Hubunganmu https://www.pexels.com/@shvetsa

Mungkin kamu berpikir bahwa kamu belum melangkah lebih jauh dengan bertindak buruk. Namun, berfantasi tentang orang lain sudah berarti berselingkuh, lho. Apalagi, jika kamu tertarik dengan seseorang dan dengan sengaja mencari cara untuk tetap berhubungan dan bersama. Jelas, kamu berada dalam masalah besar!

Untuk menghindarinya, menjauhlah dari sumber godaan. Batasi komunikasi dan lingkungan kamu agar nggak terlalu dekat dengannya. Bila perlu, putuskan sepihak hubungan terlarang itu, ya.

8. Temukan seseorang yang bisa diandalkan.

8 Cara Jitu Menahan Godaan Selingkuh yang Mengancam Hubunganmu https://www.pexels.com/@zen-chung

Selain pasangan, kamu sangat dianjurkan untuk punya seseorang yang bisa diandalkan, lho. Seharusnya, mereka adalah seseorang yang berjenis kelamin sama sepertimu, dewasa, dan dapat dipercaya. Peran mereka adalah untuk mendukungmu, sebagai tempat berbagi cerita, dan menegurmu saat diperlukan. 

Itu dia beberapa cara jitu menahan godaan selingkuh yang bisa mengancam hubungamu dengan si dia. Selalu berpikir matang sebelum bertindak, ya, Bela. Hargai juga pasangan dan hubungan yang kamu jalin dengannya.

Baca Juga: Waspada! 6 Perilaku ini Lebih Berbahaya Daripada Selingkuh

Baca Juga: 10 Ilustrasi Ini Gambaran Pasangan yang Selingkuh Secara Emosional

Baca Juga: 7 Arti di Balik Mimpi Berselingkuh dari Pasanganmu