Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kepribadian INFP Cocok dengan Siapa? Ini 6 Pasangannya

Menginginkan sosok yang membuat dirinya berharga

Anatasia Anjani

Bela, apakah MBTI-mu adalah INFP? Kira-kira kepribadian INFP cocok dengan siapa, ya?

Sifat INFP yang sensitif dan penuh empati membuat mereka cocok menjalin hubungan dengan semua tipe kepribadian. Namun, hal itu kembali dari apa yang paling menarik baginya. Saat memilih pasangan terbaiknya, INFP melihat dari ekspresi dan identitas lawannya.

Pasangan terbaiknya adalah individu yang memiliki sudut pandang yang sama tentang dunia, nilai moral, dan minat. Mereka juga mencari individu yang mampu menghargai emosi dan memprioritaskan INFP.

INFP juga membutuhkan pasangan yang mampu memberikannya afirmasi bahwa segala sesuatunya menuju ke arah yang benar. Oleh karena itu, pasangan yang memahami kebutuhan ini akan membuat INFP percaya diri dan semakin berkomitmen.

Selain itu, INFP akan cocok dengan pasangan yang berinisitiatif dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Hal itu dikarenakan INFP bukan kepribadian yang terorganisir dan rapi, jadi memiliki pasangan seperti itu akan menjadi sesuatu yang berkah.

Nah, penasaran kepribadian INFP cocok dengan siapa? Yuk, cek jawabannya di sini.

1. INFJ

Pexels/ Bethany Ferr

Kedalaman berpikir dan imajinasi yang liar sangat cocok untuk hubungan INFJ dan INFP. Mereka juga memiliki banyak nilai yang sama. Keduanya dapat berkembang dalam suasana yang tenang dan menikmati imajinasinya.

INFP dapat membantu INFJ untuk menyelami perasaan mereka dan mencari tahu apa yang benar-benar penting. INFJ dapat membantu INFP untuk mengarahkan energi kreatifnya.

Namun masalahnya, INFJ dapat melihat INFP terlalu terjebak dalam perasaan mereka sendiri atau terlalu sulit untuk dibaca. Sedangkan INFP merasa INFJ tidak autentik atau terlalu menyenangkan orang.

2. ESFJ

Pexels/ Maria Ovchinnikova

Hubungan mereka akan dipenuhi dengan gairah, kehangatan, dan perasaan yang sama. Saat bersama ESFJ, INFP menemukan sosok yang membumi, gemar menolong, dan teliti. Dalam INFP, ESFJ menemukan pasangan yang intens, imajinatif, dan penyayang.

ESFJ akan merasa nyaman dengan kegiatan yang dibuat oleh INFP. Sedangkan, INFP senang bisa berbagi ide, humor unik, dan teori dengan ESFJ. Tetapi saat menyelesaikan konflik, keduanya memiliki cara yang agak bersinggungan.

ESFJ lebih mempertimbangkan kebutuhan kelompok, sedangkan INFP lebih individualistis dan peduli dengan nilai mereka. Untuk mengatasinya INFP harus belajar mempedulikan orang lain sedangkan ESFJ memahami pikiran INFP.

3. ENFJ

Pexels/ Blue Bird

Gairah dan visi adalah inti dari hubungan ini. Dalam INFP, ENFJ menemukan seseorang yang menantang mereka untuk melihat ke dalam dan menemukan apa yang sangat penting. Di ENFJ, INFP menemukan seseorang yang menantang mereka untuk mengejar impian mereka, mengekspresikan diri, dan mengeksplor lingkungan.

Kedua tipe ini secara emosional hangat, mendukung, dan berempati. Keduanya akan berusaha sekeras mungkin untuk memberi ruang bagi yang lain untuk mengekspresikan hati mereka dan menjadi otentik.

Hal yang harus diperhatikan adalah keduanya Keduanya perlu berhati-hati untuk tidak merasa benar sendiri.

4. ISTP

Pexels/ Thirdman

Kedua pasangan ini akan tertarik satu sama lain karena perbedaan mereka. Di ISTP, INFP melihat seseorang yang pendiriannya kuat. ISTP sangat realistis, mandiri, dan terampil.

Dalam INFP, ISTP melihat seseorang yang membuka pikiran mereka terhadap semua kemungkinan. Mereka merasakan bahwa dunia akan tampak lebih besar dan megah dengan INFP.

Kedua tipe ini akan menghormati batasan satu sama lain akan ruang. Keduanya memiliki pendekatan hidup yang santai dan fleksibel. Namun, ada beberapa perbedaan dalam hubungan ini yang dapat menyebabkan ketegangan dari waktu ke waktu.

Semuanya dapat diatasi dengan kompromi, kesabaran, dan pengertian agar menjaga hubungan tetap kuat.

5. ISFJ

Pexels/ Pavel Danilyuk

Romantis dan menghibur, ini adalah salah satu pasangan hubungan paling sukses. ISFJ membantu INFP untuk menjaga diri mereka sendiri dan menemukan keamanan di dunia. Mereka saling memberikan rasa aman, dukungan emosional, dan keramahan.

INFP membantu ISFJ untuk mengeksplorasi intuisi mereka dan melihat gambaran besarnya. Bersama-sama, mereka bisa menjadi pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Namun permasalahannya, keduanya sulit berkompromi dalam membuat keputusan.

Mereka harus belajar memahami untuk menyelesaik konflik. Ketika keduanya menemui jalan buntu, mereka harus memperlambat dan melihat pro dan kontra dari perspektif masing-masing.

6. ESFP

Pexels/ Monstera

Suasana menyenangkan adalah ciri dari hubungan asmara ini. ESFP membantu INFP agar bisa keluar dari zona nyaman dan berhubungan dengan sekitar. Ia menunjukkan INFP hal-hal baru yang menggairahkan dan imajinatif.

INFP membantu ESFP untuk melihat ke dalam dan mengeksplorasi nilai, perasaan, dan hasrat mereka yang lebih dalam. Mereka membantu menghidupkan imajinasi ESFP dan menunjukkannya segala kemungkinan di masa depan.

Kedua tipe ini menikmati pendekatan hidup yang fleksibel dan santai. Mereka juga saling berkonsultasi dengan perasaan dan nilai mereka ketika membuat keputusan.

Konflik yang mungkin terjadi adalah perbedaan prinsip keduanya. Oleh karena itu, penting bagi kedua belah pihak untuk memahami diri masing-masing serta menghormati pilihan masing-masing.  

Jadi, menurutmu kepribadian INFP cocok dengan siapa, ya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating