Cinta dan komitmen merupakan dua hal yang berbeda. Cinta diartikan sebagai suatu perasaan yang intens dan penuh dengan afeksi, sedangkan komitmen merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang untuk membangun sebuah keterikatan.

Semua orang mampu untuk merasakan cinta, tapi nggak semua orang mampu untuk berkomitmen, termasuk berkomitmen dalam hubungan asmara.

Menurut Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI, diketahui ada empat kepribadian yang ternyata begitu mendambakan cinta dan juga komitmen.

Kalau kamu adalah seseorang yang siap untuk menjalin komitmen serius dalam hubungan asmaramu, kamu mungkin akan cocok dengan kepribadian di bawah ini!

1. ENFJ

4 Kepribadian MBTI Ini Mendambakan Cinta dan Komitmen Pexels.com/Olya Kobruseva

Dalam MBTI, ENFJ dikenal sebagai kepribadian yang paling nggak egois. Sifat selfless ini mereka jadikan misi untuk memastikan, bahwa semua orang di sekitar mereka merasakan yang terbaik. Selain itu, kalau kamu butuh bahu untuk bersandar atau telinga untuk mendengarkan, ENFJ juga akan siap sedia untukmu!

Pada hubungan romantis, si protagonis ini nggak pernah berpikir dua kali untuk memberikan segalanya untuk pasangan mereka. Tapi hal itu juga bisa berarti mereka lupa untuk menjaga diri mereka sendiri, dan sering kali, mereka jadi nggak punya support system yang benar-benar mereka butuhkan.

Maka dari itu, ENFJ sangat mendambakan pasangan yang akan mendukung mereka, apa pun yang terjadi. Dengan begitu, ENFJ mencari dukungan emosional untuk membuat mereka merasa dicintai dan dihargai lebih dari apa pun atau siapa pun di dunia.

2. INFP

4 Kepribadian MBTI Ini Mendambakan Cinta dan Komitmen Unsplash/ Carly Rae Hobbins

Untuk seorang INFP, keinginan mereka untuk cinta dan komitmen bermuara pada kebutuhan untuk merasa benar-benar dipahami oleh seseorang. Walau INFP terlihat sebagai sosok yang santai, dan mungkin membuat mereka terlihat seolah-olah mengikuti arus, sebenarnya INFP punya jiwa yang sangat emosional dan penuh gairah!

Tipe kepribadian ini mencari koneksi yang besar dan mendalam dalam sebuah hubungan. Mereka menginginkan belahan jiwa sejati yang bisa memahami dan menerima mereka sebagai orang unik, yang mana merupakan inti dari kepribadian INFP.  Begitu mereka menemukan orang itu, INFP akan lakukan segala hal untuk memastikan pasangan mereka merasa dicintai!

3. ENFP

4 Kepribadian MBTI Ini Mendambakan Cinta dan Komitmen Pexels.com/Anna Tarazevich

Kalau kamu melihat ENFP di pesta besar atau di ruangan yang ramai, mungkin kamu akan berpikir kalau mereka adalah orang yang paling percaya diri di planet ini! ENFP memang dikenal sebagai sosok yang punya jiwa antusiasme dan semangat yang tinggi, nggak heran kalau mereka dicap sebagai tipe kepribadian yang punya kepercayaan diri tinggi.

Melansir Truity, ENFP dikenal sebagai salah satu tipe kepribadian yang mendambakan sebuah koneksi erat secara emosional dengan pasangannya. Mereka juga dikenal sebagai  sosok yang ekspresif dan terbuka dengan pasangannya. ENFP mendambakan sosok pasangan yang juga bisa berbagi secara terbuka dengan mereka.

Dalam hubungan romantis, ENFP dikenal begitu mendambakan cinta dan sangat memahami pentingnya pengembangan diri. Sehingga mereka pun akan menerima pasangannya sebagai seorang individu yang utuh, dan nggak akan pernah mencoba memaksa pasangannya untuk menjadi, atau melakukan sesuatu yang mereka inginkan. 

Sebaliknya, ENFP akan membiarkan pasangannya untuk meraih mimpi yang  mereka miliki. Suportif banget!

4. ISFJ

4 Kepribadian MBTI Ini Mendambakan Cinta dan Komitmen Pexels.com/Igor Korzh

Kalau kamu mencari pasangan romantis yang setia tanpa henti, jangan biarkan ISFJ lolos dari radarmu, ya! Walaupun tipe kepribadian ini terlihat pendiam pada awalnya, mereka sebenarnya sosok yang penuh dengan cinta dan baik hati.

Mereka memang terlihat sangat pemalu, tapi jangan salah, ISFJ sangat pandai “membaca” orang! ISFJ juga dikenal sebagai salah satu tipe kepribadian MBTI yang sangat romantis.

Jauh di lubuk hati ISFJ, nggak ada yang lebih diinginkan mereka selain menemukan pasangan yang bisa melihat mereka apa adanya, dan tentu saja, terhubung dengan mereka pada tingkat yang intim.

ISFJ merupakan kepribadian yang siap untuk berkomitmen dalam sebuah hubungan. Ketika mereka sudah berkomitmen dalam sebuah hubungan, mereka akan benar-benar menjaganya dengan sepenuh hati, karena mereka memang berniat untuk mencari pasangan hidup.

Nah, jadi itulah 4 tipe kepribadian MBTI yang mendambakan cinta dan komitmen. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya, Bela! 

Baca Juga: Cara Tiap Kepribadian MBTI Menunjukkan Kasih Sayang

Baca Juga: 8 Pasangan Ideal untuk Jadi Pendamping Hidup Sesuai MBTI

Baca Juga: 5 Kepribadian MBTI yang Paling Tulus Menyayangimu