Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Memilih Ciput Sesuai Bentuk Wajah

Trik agar dahi tidak lebar

Rara Peni Asih

Ciput atau inner hijab adalah aksesori yang wajib banget dimiliki perempuan berhijab. Selain fungsinya memudahkan saat styling hijab dan rambut tidak keluar, ciput juga bisa membentuk wajah. 

Bahkan banyak banget kan bentuk dan bahan ciput yang dijual di pasaran? Indikator membeli ciput tak hanya karena kenyamanan saja lho. Kamu juga harus tepat memilih ciput sesuai bentuk wajah. 

1. Ciput untuk Wajah Bulat

hijup.com

Wajah bulat cocok menggunakan ciput antem alias anti tembem. Dengan menggunakan ciput antem, wajah akan terlihat lebih tirus. Bentuk ciput antem ini mirip dengan ciput ninja biasa. Bedanya, ciput biasa menjorok ke dalam, sedangkan ciput anti tembem menutupi beberapa bagian pipi kamu.

2. Ciput untuk Wajah Oval

hijup.com

Ciput topi atau inner pet cepol cocok digunakan oleh pemilik wajah oval. Sebetulnya sih kamu yang berwajah oval nggak perlu khawatir, karena bentuk wajah oval cocok menggunakan jenis ciput apa pun. Tinggal sesuaikan saja posisinya ketika dipakai untuk memberi efek tirus.

3. Ciput untuk Wajah Persegi

hijup.com

Wajah persegi atau kotak bisa memilih jenis ciput turban menyilang. Desain ciput dengan model silang ini untuk menghilangkan kesan dahi dan rahang yang lebar. 

4. Ciput untuk Wajah Lonjong

hijup.com

Ingat dengan ciput poni Risty Tagor? Nah jenis ciput poni memang cocok untuk bentuk wajah lonjong Potongan pada bagian dahi yang miring mengimbangi area dahi dan dagu. Bahkan wajah lonjong juga cocok menggunakan ciput turban yang sama-sama memberi ilusi dahi lebih kecil.

5. Ciput untuk Wajah Segitiga

hijup.com

Bentuk wajah segitiga atau hati dengan ciri khas runcing alias dahi lebar dan tirus pada bagian dagu cocok mengenakan ciput bandana. Bahannya pun bebas pilih, ada yang rajut atau spandek elastis. 

Ukurannya juga berbeda-beda, ada yang sedang atau bahkan lebarnya hingga ubun-ubun kepala.

Nah menggunakan ciput bandana memang paling nyaman karena nggak bikin gerah dan pusing. Ciput topi juga cocok dipakai untuk bentuk wajah segitiga agar memberi ilusi pada bagian dahi terlihat lebih ramping alias nggak lebar.

Semoga tips memilih ciput sesuai bentuk wajah di atas membantu ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends