Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Membersihkan Sol Sepatu Putih yang Kotor dan Menguning

Sepatu putih yang kembali bersih

Dayang Puspita Ranupani

Sepatu dengan sol putih memang terlihat keren saat dipakai. Warna putih yang netral sangat mudah dipadu-padankan dengan warna yang lain. Sayangnya, warna sol sepatu yang putih membuatnya jadi lebih gampang kotor. 

Cipratan dan noda lebih gampang kelihatan di warna putih. Terlebih lagi, sol berwarna putih akan mengalami perubahan warna jadi menguning seiring dengan pemakaian. Tapi jangan khawatir, Popbela punya cara membersihkan sol sepatu putih dengan mudah dan cepat. Dicoba, ya!

1. Siapkan sikat besar dan sikat gigi bekas

laundrapp.com

Alat yang dibutuhkan untuk mengatasi sol sepatu putih yang kotor dan menguning ialah sikat besar dan sikat gigi bekas. Sikat gigi bekas berguna untuk membersihkan noda pada bagian atas sepatu, sedangkan sikat yang lebih besar lebih efektif membersihkan noda pada bagian bawah sol sepatu.

2. Gunakan detergen untuk menghilangkan kotoran

tenniswearguide.com

Selain untuk pakaian, detergen juga bisa digunakan sebagai cara membersihkan sol sepatu putih yang kotor. Cukup rendam sepatu di dalam air larutan detergen selama beberapa menit, kemudian sikat sol sepatu secara perlahan hingga bersih dari kotoran.

3. Selain detergen, pasta gigi juga bisa jadi alternatif

Pixabay.com/Bruno Glätsch

Selain detergen, pasta gigi yang putih juga bisa menghilangkan kotoran di semua jenis sepatu, lho. Cara membersihkan sol sepatu putih dengan pasta gigi pun mudah, cukup menggosok seluruh permukaan sepatu dengan sikat dan pasta gigi, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, gunakan lap basah untuk membersihkannya.

4. Lemon juga bisa hilangkan noda membandel

thelist.com

Jika terdapat noda membandel pada sol sepatu yang susah dihilangkan, andalkan buah lemon untuk mengatasinya. Gosokkan cairan perasan jeruk lemon pada noda membandel menggunakan sikat gigi bekas. Ulangi langkah tersebut sampai noda mulai memudar dan menghilang. 

5. Manfaatkan bahan dapur untuk kembalikan warna putih pada sol sepatu yang menguning

highsnobiety.com

Sol sepatu sudah terlanjur menguning? Nggak perlu khawatir! Coba manfaatkan baking soda dan cuka untuk mengembalikan warna aslinya. Cara membersihkan sol sepatu putih dengan baking soda adalah campurkan baking soda, cuka, dan air panas ke dalam wadah, kemudian gosok bagian sol sepatu yang menguning menggunakan campuran tersebut. Gunakan sikat gigi bekas untuk menggosoknya, dan diamkan selama 15-30 menit. Bilas sepatu dengan air sampai bersih.

6. Sabun cuci piring bisa memutihkan sepatu kanvas

Pexels.com/Burst

Kalau kamu ingin membersihkan sepatu kanvas atau kulit, cobalah mencampurkan air hangat dan sabun cuci piring. Campuran itu bisa menghasilkan larutan yang dapat membersihkan sepatu kulit atau kanvas. Untuk menggosokkannya, gunakan kain basah atau kain microfiber, lalu oleskan larutan pada area yang kotor sebelum dibilas. 

7. Makeup remover juga bisa membersihkan noda secara praktis

freepik.com/lookstudio

Tak banyak yang tahu kalau makeup remover bisa digunakan untuk membersihkan sol sepatu putih. Kamu bisa menerapkan cara ini kalau sedang di perjalanan atau keadaan mendesak.

Caranya, gunakan tisu basah atau kain, lalu tuangkan makeup remover dan gosokkan pada sol sepatu yang kotor. Mudah, kan? 

8. Jemur sepatu di tempat yang teduh

laundrapp.com

Jika sepatu sudah bersih dan kembali putih, segera jemur sepatu hingga kering. Sebaiknya jemur di tempat yang teduh dan hindari paparan sinar matahari secara langsung. Ini karena terik dari matahari dapat menyebabkan perubahan warna pada sol sepatu sehingga cepat menguning.

Semoga cara membersihkan sol sepatu putih di atas bisa membantu ya, Bela. Selamat mencoba!

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends