Zaman serba modern ini, banyak orang yang lebih memilih online shopping daripada membeli barang secara langsung. Nggak terkecuali membeli sepatu. Namun membeli sepatu secara online sebenarnya agak tricky, karena dapat berisiko salah ukuran.

Jangan khawatir, Popbela punya cara mengatasi sepatu yang kekecilan supaya lebih longgar dan nyaman dipakai. Tips selengkapnya simak di bawah ini.

1. Gunakan alat peregang sepatu

Lebih Longgar, Ini Cara Mudah Mengatasi Sepatu yang Kekecilanvivaveltoro.com

Cara cepat mengatasi sepatu yang kekecilan ialah dengan menggunakan alat peregang sepatu. Alat ini mudah ditemui dan banyak dijual di pasaran. Masukkan alat peregang sepatu ke bagian dalam sepatu dan ikuti petunjuk pemakaian tergantung jenis alat yang kamu beli dan dalam waktu yang singkat sepatu akan jadi lebih renggang dan tentunya lebih nyaman dipakai.

2. Coba masukkan sepatu ke dalam freezer

Lebih Longgar, Ini Cara Mudah Mengatasi Sepatu yang Kekecilanshoe-tease.com

Manfaatkan fitur freezer di dalam kulkas untuk mengatasi sepatu yang kekecilan. Caranya mudah kok. Siapkan dua kantung plastik yang sudah diisi dengan air dan masukkan ke bagian dalam sepatu. Kemudian simpan sepatu di dalam freezer dan diamkan semalaman. Cara ini baik digunakan untuk sepatu dengan bahan vinyl, suede, maupun plastik.

3. Andalkan hair dryer untuk melonggarkan sepatu

Lebih Longgar, Ini Cara Mudah Mengatasi Sepatu yang Kekecilanhelpshoe.com

Alat pengering rambut yang satu ini memang banyak manfaatnya, salah satunya untuk melonggarkan sepatu berbahan kulit yang terasa sempit. Caranya ialah dengan mengarahkan hair dryer dengan jarak 10 cm ke bagian sepatu yang terasa kekecilan. Kenakan kaus kaki terlebih dahulu dan pakai sepatu di kaki selama proses ini dilakukan. Gunakan tingkat suhu panas yang wajar agar tidak merusak sepatumu ya, Bela.

4. Pakai alkohol untuk mengatasi sepatu yang kekecilan

Lebih Longgar, Ini Cara Mudah Mengatasi Sepatu yang Kekecilanpinterest.com/byjillee

Atasi masalah sepatu yang kekecilan dengan menggunakan rubbing alcohol. Kamu bisa semprotkan atau gunakan kapas yang sudah diberi alkohol. Usapkan pada bagian yang terasa sempit, kemudian pakai sepatu dengan berjalan-jalan hingga alkohol terasa mengering. Sepatu yang kekecilan akan terasa lebih longgar.

5. Koran bekas juga bisa dimanfaatkan

Lebih Longgar, Ini Cara Mudah Mengatasi Sepatu yang Kekecilangirlstyle.com

Coba renggangkan sepatu yang kekecilan dengan menggunakan koran bekas. Cara ini bisa dicoba untuk sepatu berbahan kain. Siapkan koran bekas secukupnya dan basahi dengan air. Masukkan koran bekas yang sudah basah dan padati sisi di bagian dalam sepatu hingga sepatu terlihat sedikit melebar. Tinggal diamkan semalaman dan jemur di bawah sinar matahari setelahnya. Cukup mudah bukan?

Baca Juga: Tips Menentukan Ukuran Sepatu saat Belanja Online

Baca Juga: Cara Mudah Atasi Sol Sepatu atau Sandal yang Licin

Baca Juga: 7 Model Sepatu Hak Tinggi yang Cocok untuk Dipakai Wisuda