Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Panduan Praktis Menggunakan Parfume Laundry

ikuti step ini agar parfume tahan lama!

Azmi Muharrika

Ada berbagai metode untuk memberikan aroma pada pakaian dan tubuh. Mulai dari menyemprotkan parfum atau body mist hingga menggunakan pewangi pakaian atau parfum laundry.

Penggunaan parfum laundry bisa menjadi alternatif yang menarik karena memberikan aroma yang tahan lama dengan biaya yang relatif terjangkau. Supaya aroma wangi parfum laundry tahan lama, Anda bisa mengikuti cara menggunakan parfum laundy berikut ini: 

1. Gunakan Air yang Tidak Berbau

Karakteristik air yang bersih biasanya tidak memiliki rasa, warna, atau aroma yang mencolok. Ketika mencuci pakaian, sangat disarankan untuk menggunakan air yang tidak memiliki tambahan aroma. 

Kehadiran aroma pada air saat mencuci bisa menghambat penyerapan parfum laundry oleh pakaian. Selain itu, pastikan air yang digunakan dalam setiap proses pencucian, pembilasan, dan perendaman benar-benar bersih. Sebelum merendam pakaian dengan parfum laundry, pastikan pakaian kamu bebas dari busa dan kotoran. Hal ini bertujuan agar parfum laundry dapat meresap dengan baik ke dalam serat pakaian. 

2. Gunakan Parfum Bersertifikasi IFRA

Pastikan parfum yang dimiliki bersertifikasi dari IFRA (International Fragrance Association) agar tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Penggunaan parfum sebagai pewangi pakaian memerlukan perhatian khusus. Prinsipnya, semakin banyak pakaian yang direndam, semakin banyak pula cairan yang diperlukan.

3. Campurkan Cairan Parfum dengan Air

Tidak ada metode yang benar atau salah, namun mencampur air dengan cairan pewangi terlebih dahulu memiliki keunggulan karena membuat pewangi terdistribusi merata. Jika sobat bela memilih untuk menuangkan cairan pewangi langsung ke dalam ember yang berisi pakaian, pastikan pewangi laundry tercampur merata.

4. Perhatikan Durasi Perendaman

Proses merendam tidak kalah penting dibandingkan dengan proses mencuci pakaian. Perhatikan seberapa lama merendam pakaian dalam air yang telah dicampur dengan parfum laundry. Jangan merendam pakaian terlalu singkat, karena hal ini dapat mengakibatkan aroma parfum laundry kurang meresap pada serat pakaian. Sebaliknya, jika merendam terlalu lama, dapat mengakibatkan dampak yang tidak baik.

5. Jemur Pakaian dengan Segera

Agar pakaian tetap harum dan kesegarannya terjaga, hindari menjemur langsung di bawah sinar matahari yang terik. Lebih baik jemur pakaian di tempat yang teduh namun terdapat angin yang dapat mengeringkannya. 

6. Perhatikan Jarak Penyemprotan

Saat proses penyetrikaan, sobat bela bisa menyemprotkan parfum laundry dengan jarak penyemprotan, tidak terlalu dekat namun juga tidak terlalu jauh. Pastikan melakukan semprotan yang baik dengan daya penyebaran optimal. 

Sehingga, parfum dapat merata dan menyeluruh ke seluruh pakaian setelah menjalani proses di laundry. Penggunaan semprotan yang kurang efektif dapat menyulitkan partikel harum dalam parfum laundry untuk tersebar dengan baik. 

7. Langsung Simpan di Lemari Pakaian

Menyimpan pakaian yang telah selesai disetrika dengan parfum laundry adalah keputusan yang tepat. Dengan melakukan ini, Anda dapat memastikan keharuman dari parfum laundry tetap tahan lama dan awet pada pakaian. 

Itulah beberapa cara menggunakan parfume laundry, agar wanginya tahan lama dan menjadikannya pilihan yang baik untuk memberikan kesan kesegaran pada pakaian yang disimpan.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends