Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Vintage Outfit yang Kembali Menjadi Tren, Mana Favoritmu?

Klasik dengan sentuhan kekinian

Nafi' Khoiriyah

Fashion memang terus berkembang. Seiring berjalannya waktu, gaya berpakaian lawas kini kembali diminati. Salah satu gaya berpakaian lawas yang diminati yakni gaya vintage. 

Dalam dunia fashion, vintage merupakan istilah yang merujuk pada era 1920 hingga 1960-an. Berbeda dengan retro yang warna-warni, gaya vintage memiliki nuansa yang lebih teduh. Selain itu, vintage outfit lebih menekankan pada kualitas pakaian yang tinggi dan tahan lama. 

Dengan gaya vintage yang klasik, kini banyak orang yang kemudian memakai gaya ini dengan sentuhan kekinian. Seperti apa padu padannya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Sweater dan Midi Skirt Kotak-Kotak

pinterest.com

Vintage outfit yang pertama adalah sweater warna oranye dan midi skirt motif kotak-kotak. Motif ini menjadi ciri khas gaya vintage yang digemari orang-orang sampai saat ini. Perpaduan yang pas untuk skirt kotak-kotak ini adalah atasan sweater polos warna oranye. 

Sebagai pelengkap gaya busanamu, kenakan topi baret, tas kulit, dan boots warna senada. Semua fashion item bernuansa vintage itu akan membuatmu tampak anggun dan berkelas. 

2. Turtle Neck dan Celana Kotak-Kotak

pinterest.com

Masih dengan nuansa kotak-kotak, kali ini kamu bisa memakai turtle neck warna hitam dan celana motif kotak-kotak. Perpaduan keduanya cocok untuk penampilan simpel dengan gaya yang vintage. 

Supaya semakin khas dengan gaya berpakaian ini, kamu bisa melengkapi outfit dengan aksesori sling bag dan flatshoes. Selain itu, buat model rambut yang unik a la perempuan di tahun 1920-an. 

3. Sweater dan Celana Kulot

pinterest.com

Selanjutnya, vintage outfit bisa kamu buat lebih kekinian dengan sweater dan celana kulot. Hal yang perlu kamu perhatikan untuk menunjukkan fashion vintage adalah pemilihan warnanya. 

Warna-warna vintage biasanya cenderung teduh, seperti warna hitam dan mustard. Lalu, kenakan aksesori yang klasik seperti sepatu docmart hitam dan kaca mata.

4. Kemeja dan Slip Dress

pinterest.com

Kalau ingin menunjukkan kesan feminin dengan outfit nuansa vintage, maka perpaduan kemeja dan slip dress ini adalah solusinya. Perpaduan kedua item tersebut akan membuatmu anggun dan stylish. 

Namun, jangan lupa lengkapi penampilan dengan open heels warna senada supaya semakin indah. Terakhir, beri sentuhan pada rambutmu supaya semakin feminin. 

5. Jumpsuit Motif Garis-Garis

pinterest.com

Jumpsuit merupakan pakaian terusan yang menjadi salah satu vintage outfit yang kembali diminati. Sebab, pakaian ini terkesan praktis dan simpel untuk berbagai aktivitas. 

Supaya semakin stylish dengan gaya vintage, kamu bisa memilih jumpsuit motif garis-garis berwarna merah. Lalu, lengkapi dengan aksen belt di pinggang supaya semakin modis. Terakhir, padukan outfit ini dengan sneakers putih yang nyaman dikenakan. 

6. Leather Jacket dan Celana Kotak-Kotak

pinterest.com

Leather jacket menjadi fashion item vintage selanjutnya. Jaket ini memang dikenal kokoh dan kuat seperti ciri khas fashion vintage. Sebagai perpaduannya, kamu bisa mengenakan inner warna oranye dan kulot kotak-kotak. 

Keseluruhan penampilanmu tersebut akan sangat keren jika ditambahkan dengan kaca mata tinted dan shoulder bag klasik yang unik. Apalagi dengan alas kaki ankle strap shoes warna silver.

7. Polo Shirt dan Vest Cokelat

pinterest.com

Akhir-akhir ini, vest sedang menjadi outfit andalan para remaja. Sebab, bentuk vest tergolong unik dan bisa dipadukan dengan berbagai item. Ternyata, vest merupakan salah satu pakaian gaya vintage yang kini kembali menjadi tren. 

Untuk padu padannya, kamu bisa memakai kaus polo sebagai inner-nya. Lalu, kenakan kaca mata dan loafers sebagai pelengkap. Penampilan ini akan membuatmu tampak unik dan fashionable. 

8. Kemeja Motif dan Kulot Polkadot

pinterest.com

Selain kotak-kotak, motif yang menjadi ciri khas gaya vintage adalah polkadot. Motif ini tergolong simpel dengan bulatan-bulatan di keseluruhan bagian. Nah, kali ini, kamu bisa memakai kulot polkadot dan kemeja motif untuk memberikan kesan vintage. 

Sebagai perpaduannya, kenakan loafers dan handbag berbahan beludru dan kaca mata tinted yang unik. Kalau sudah, keseluruhan penampilanmu akan tampak ceria dan menyenangkan. 

9. Blazer Kotak-Kotak dan Cutbray Jeans

pinterest.com

Blazer mungkin sering kamu lihat sebagai salah satu fashion item a la Korea. Namun ternyata, blazer menjadi gaya fashion vintage yang populer. Apalagi dipadukan dengan motif kotak-kotak seperti di atas. 

Sebagai inner-nya, kamu bisa memakai turtle neck warna putih yang netral. Lalu, kenakan bawahan cutbray jeans yang juga menjadi ciri khas gaya ini. Terakhir, kenakan sepatu boots dan belt di pinggang sebagai aksesorinya. 

10. Kaus Polos dan Overall Motif Kotak-Kotak

pinterest.com

Masih dengan motif kotak-kotak, sekarang kamu bisa membuatnya lebih simpel dengan overall warna navy. Overall ini bisa kamu kenakan dengan kaus polos warna abu-abu sebagai inner-nya. 

Lalu, tambahkan aksesori boots warna putih dan topi baret berbahan kulit supaya semakin klasik. OOTD ini cocok kamu pakai untuk suasana kasual dan santai. 

11. Granny Floral Peasant Dress

pinterest.com

Vintage outfit yang terakhir adalah granny floral peasant dress. Dress ini mencirikan gaya vintage karena motif bunga-bunganya. Namun, berbeda dengan gaya floral retro, gaya floral vintage ini lebih memakai warna-warna yang teduh seperti hitam putih. 

Sementara itu, model dress yang cocok dengan motif ini adalah peasant dress yang berbentuk kotak di leher. Jangan lewatkan detail belahan di samping supaya ada aksen kekinian di dalamnya. 

Nah, dress ini akan cocok kamu padukan dengan leather bag dan boots panjang supaya lebih berkelas. 

Itulah 11 vintage outfit yang bisa kamu pilih untuk tampil lebih teduh dan simpel. Kira-kira, gaya mana yang paling cocok untukmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends