Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Model Baju Batik Kombinasi Kain Polos untuk Perempuan Terbaru

Bisa dipakai untuk model seragam

Nafi' Khoiriyah

Batik menjadi salah satu jenis kain yang sering dipakai untuk seragam kantor. Motif batik kini juga semakin beragam sehingga bisa dibuat berbagai model pakaian. 

Salah satu jenis pakaian dari batik yang wajib dimiliki adalah baju atasan batik. Namun, baju dengan full kain batik saja mungkin akan terkesan membosankan. 

Oleh karena itu, kamu bisa membuat model baju batik kombinasi kain polos untuk perempuan terbaru seperti di bawah ini. Yuk, lihat detail modelnya!

1. Baju Batik Kombinasi Polos Model Kimono

pinterest.com

Model baju batik kombinasi kain polos untuk perempuan terbaru yang pertama ini memakai model kimono. Kamu membutuhkan kain batik dan kain polos warna senada untuk membuat baju ini. 

Untuk detailnya, bagian kanan baju dibuat dengan kain batik, sementara bagian kirinya menggunakan kain polos. Seperti model kimono pada umumnya, kedua sisi baju dikaitkan dengan tali di samping pinggang. Kalau sudah, aksen v-neck akan terlihat saat dipakai. 

2. Baju Batik Kombinasi Polos dengan Kancing

pinterest.com

Kombinasi batik dan polos selanjutnya tidak begitu berbeda karena masih menggunakan perpaduan antara sisi kanan batik dan sisi kiri kain polos. Namun, model baju ini dibuat dengan potongan yang lebih slim menyesuaikan bentuk tubuh. 

Kemudian, ujung baju ini dibuat asimetris dengan kain batik yang lebih panjang dari kain yang polos. Detail yang unik pada baju ini terletak pada jenis kancingnya. Kamu bisa memilih macam-macam kancing yang unik supaya terlihat on point. 

3. Baju Batik Kombinasi Polos Asimetris

pinterest.com

Motif batik tradisional bisa kamu buat menjadi lebih trendi dengan model baju batik kombinasi kain polos untuk perempuan terbaru. Jika kain batik milikmu memiliki warna cokelat atau hitam, maka perpaduan kain polos yang cocok adalah warna putih. 

Akhir-akhir ini, model yang cukup populer di kalangan para perempuan adalah model asimetris. Model ini memiliki ciri potongan yang tidak lurus atau miring. Seperti di atas, kain batik yang digunakan sebagai lapisan atas baju dijahit menyamping dari bahu ke tengah. 

Kemudian, kain putih polos sebagai lapisan bawahnya tetap dibuat lurus sehingga memberi kesan yang unik. Model baju ini akan semakin lengkap jika ditambah dengan kerah rebah memakai kain putih polos. 

4. Baju Batik Kombinasi Polos Aksen Belt

pinterest.com

Hampir sama dengan sebelumnya yang memakai model asimetris, baju batik kombinasi kali ini memadukan antara kain batik berwarna putih abu-abu dengan kain polos warna senada. 

Di sisi kanan, baju ini menggunakan kain polos warna abu-abu. Sementara itu, sisi kirinya menggunakan kain batik yang dibuat meruncing ujungnya. Supaya terlihat makin stylish, jangan lupa tambahkan aksen belt di tengah baju dari kain polos warna abu-abu yang tersisa. 

5. Baju Batik Kombinasi Polos Model Wrap

pinterest.com

Kalau kamu senang dengan model yang simpel dan elegan, maka model baju batik kombinasi kain polos untuk perempuan terbaru yang satu ini patut dipilih. Kombinasi baju ini memakai lebih banyak kain batik daripada kain polosnya. 

Kain batik dipakai hampir di seluruh baju, selain bagian kiri depan yang memakai kain hitam polos. Kedua lengannya pun dibuat dengan kain batik seluruhnya. Kombinasi antara kedua kain tersebut dikaitkan dengan kancing dari atas sampai bawah. 

6. Baju Batik Kombinasi Polos Model Apron

pinterest.com

Model apron bisa menjadi pilihan kalau ingin tampilan yang unik dan kekinian. Berbeda dari sebelumnya, baju ini dibuat dengan ber-layer. Layer pertama baju ini memakai kain polos dengan lengan ruffle di ujungnya. 

Kemudian, layer selanjutnya memakai kain batik yang dibuat seperti apron yang tumpul di ujungnya. Di bagian tengah, kamu bisa menambahkan kancing berjajar tiga di atas sebagai hiasan. 

7. Baju Batik Kombinasi Polos dengan Saku

pinterest.com

Aksen saku bisa mempercantik model baju batik kombinasi kain polos untuk perempuan terbaru.

Pertama, kamu bisa menjahit kain polos terlebih dahulu menyesuaikan bentuk tubuh. Kemudian, tambahkan aksen kain batik di ujung lengan dan layer batik di depan baju. 

Layer batik tersebut dibuat menyamping asimetris dari sisi bahu kiri ke kanan. Kemudian, sisa kain batik lainnya bisa dimanfaatkan menjadi saku di sebelah kiri baju. Selain terlihat unik, baju dengan saku ini juga sangat fungsional. 

8. Baju Batik Kombinasi Polos Model Ruffle

pinterest.com

Baju batik kombinasi polos berikutnya ini cukup unik karena dibentuk menjadi model ruffle dan lengan puff. Berbeda dengan kebanyakan model sebelumnya yang memakai banyak kain batik, kali ini kamu justru membutuhkan lebih banyak kain polos. 

Seperti yang kamu lihat, baju di atas memiliki detail tanpa kerah, dengan lengan puff, dan ujung ruffle. Sementara itu, kombinasi kain batik terletak pada sisi tengah baju dari bahu ke bawah. Dengan perpaduan tersebut, penampilanmu akan terlihat lebih muda. 

9. Baju Batik Kombinasi Polos Kimono Pendek

pinterest.com

Selanjutnya, model baju batik kombinasi kain polos untuk perempuan terbaru ini juga memakai model kimono. Tapi, gaya ini memakai lebih banyak kain polos daripada kain batiknya. 

Kain batik sebagai kombinasinya dipakai sebagai detail perpotongan antara sisi kanan dan kiri baju. Namun, berbeda dengan model kimono biasanya, kali ini kamu bisa menjahitnya langsung sehingga tidak perlu memakai tali. 

10. Baju Batik Kombinasi Polos Model A-line

pinterest.com

Kalau biasanya model A-line dipakai untuk membuat gamis, kamu bisa menerapkannya untuk atasan batik juga. Atasan tersebut mengombinasikan antara batik nuansa merah dengan kain polos warna hitam. 

Kain polos dipakai untuk melapisi sebagian lengan dan dada, sementara kain batik dipakai untuk bagian bawah dada membentuk huruf A. Supaya makin manis, terapkan kerah tegak menggunakan kain batik yang memiliki potongan V-neck. 

11. Baju Batik Kombinasi Polos Model Kerut

pinterest.com

Model baju batik kombinasi kain polos untuk perempuan terbaru selanjutnya menggunakan batik nuansa biru dengan kain polos warna navy. Kain polos itu dipakai untuk bagian lengan dan kiri baju, sementara bagian kanannya menggunakan kain batik. 

Tidak seperti potongan yang biasa, kain batik tersebut akan makin bagus jika dipotong asimetris. Lalu, tambahkan detail kerutan di pinggang supaya bisa membuatmu terlihat lebih langsing saat memakainya.

12. Baju Batik Kombinasi Polos Model Layer

pinterest.com

Memadukan antara kain batik dan polos juga bisa dengan gaya layer seperti di atas. Layer tersebut memakai kain batik nuansa merah dengan kain polos warna hitam yang kontras. Batik tersebut nantinya akan dipakai untuk bagian atas baju dan lengan. 

Sedangkan kain berwarna hitam polos menyambung bagian bawah baju dengan tambahan detail button yang manis. Jangan lupa tambahkan pula detail pita dan ruffle supaya makin bagus, ya!

13. Baju Batik Kombinasi Polos Fit and Flare

pinterest.com

Terakhir, model baju batik kombinasi kain polos untuk perempuan terbaru ini menggunakan gaya fit and flare. Gaya tersebut tampak ramping di bagian atasnya, sementara bagian bawahnya lebih lebar. 

Ada pula detail belt di pinggang yang makin membuat baju ini tampak ramping. Untuk lengannya, pilih lengan pendek model puff yang sedikit menggembung supaya cocok dengan kesan bajunya. 

Itulah 13 model baju batik kombinasi kain polos untuk perempuan terbaru. Kamu bisa memakainya sebagai model seragam untuk pergi ke kantor.

Semoga bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends