Seiring pemakaian, bagian sol bawah sepatu lama kelamaan akan menjadi semakin terkikis dan rata. Padahal bentuk sol sepatu yang bergerigi berguna untuk menjaga supaya tidak mudah terpeleset di tempat dengan permukaan yang licin. Beberapa tipe sepatu lain juga memiliki tipe sol yang licin ketika baru dibeli, seperti flat shoes

Sol sepatu yang sudah tipis dan licin memang mengganggu kenyamanan karena dapat membahayakan diri sendiri. Maka dari itu, kamu harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Gesekkan sol sepatu pada permukaan yang kasar

Cara Mudah Atasi Sol Sepatu atau Sandal yang Licinverywellfit.com

Cara efektif untuk mengatasi sol sepatu atau sandal yang licin ialah dengan mengikisnya. Coba gesekkan sepatumu pada permukaan yang kasar, seperti aspal atau jalanan yang berkerikil. Namun kamu perlu hati-hati ketika mencoba cara ini, jangan sampai terlalu berlebihan dan merusak sol sepatumu sendiri.

2. Gunakan amplas untuk membuat sol sepatu menjadi lebih kasar

Cara Mudah Atasi Sol Sepatu atau Sandal yang Licinonecrazyhouse.com

Selain itu, kamu juga bisa mengikis sol sepatu yang licin dengan menggunakan amplas. Gosokkan amplas pada bagian sol sepatu yang paling banyak bersentuhan dengan lantai. Lakukan sampai permukaan sol sepatu terasa lebih kasar.

3. Bisa juga pakai pengikir kuku

Cara Mudah Atasi Sol Sepatu atau Sandal yang Licinmore.com

Nggak cuma untuk mempercantik kuku, ternyata pengikir kuku juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sol sepatu yang licin. Sama seperti amplas, cukup gosokkan pengikir kuku ke bagian sol sepatu yang licin. Sebaiknya gunakan pengikir kuku yang terbuat dari besi karena hasilnya akan lebih efektif.

4. Tempelkan grip pad pada sol sepatu

Cara Mudah Atasi Sol Sepatu atau Sandal yang Licindyeableshoestore.com

Kalau kamu nggak mau ribet, kamu bisa beli karet grip pad untuk mengatasi sol sepatu yang licin. Cukup tempelkan di bagian atas dan bawah sol sepatu. Permukaan grip pad akan menambah daya cengkeram sepatu sehingga bagian bawah sol sepatu tidak akan terasa licin.

5. Plester untuk luka juga bisa diandalkan

Cara Mudah Atasi Sol Sepatu atau Sandal yang Licinwisegeek.com

Butuh yang cepat, pakai plester juga nggak jadi masalah. Sama seperti grip pad, cukup tempelkan 1-2 plester pada permukaan sol sepatu yang banyak bersentuhan dengan lantai. Plester dapat membuat permukaan sepatu lebih kasar dan tentunya mengurangi resiko terpeleset. Sebaiknya pilih warna plester yang senada dengan warna sepatumu supaya tidak terlalu kelihatan.

6. Semprotkan hair spray pada permukaan sol sepatu

Cara Mudah Atasi Sol Sepatu atau Sandal yang Licinhips.hearstapps.com

Ternyata hair spray juga bisa dimanfaatkan untuk atasi sol sepatu yang licin, lho. Hair spray terbukti efektif untuk menahan permukaan yang licin. Semprotkan hair spray sebanyak mungkin pada permukaan sol sepatu. Sol sepatu yang licin akan menjadi lebih lengket.

7. Segera ganti sol sepatu yang sudah terlalu tipis ke tempat reparasi sepatu

Cara Mudah Atasi Sol Sepatu atau Sandal yang Licinteenvogue.com

Jangan ambil risiko jika sol sepatu dan sandalmu sudah terlampau tipis dan licin. Sebaiknya segera ganti sol sepatu di tempat reparasi sepatu. Pilih sol sepatu baru dengan permukaan yang bergerigi, sehingga nggak perlu khawatir terpeleset. Sepatu kamu pastinya akan lebih nyaman dipakai.

Baca Juga: Tips Menentukan Ukuran Sepatu saat Belanja Online

Baca Juga: Cara Mengeringkan Sepatu Basah dengan Mudah dan Cepat

Baca Juga: Tips Mix & Match Kekinian Pakai Sepatu Converse