Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Yuk, Ketahui Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit! 

Nggak boleh asal, lho.

Shavira Annisa Putri

Salah satu cara untuk menjaga dan menutirisi kulit adalah dengan membersihkan wajah dengan baik. Nggak peduli seberapa banyak dan bagus produk perawatan yang kamu pakai, jika kulit tak dibersihkan secara tepat, maka produk selanjutnya nggak akan bekerja secara optimal. Oleh sebab itu, sebagai step penting dalam skincare routine, sebaiknya kamu memilih produk pembersih wajah yang sesuai jenis kulit

1. Kulit kering

blog.curology.com

Kurangnya hidrasi, menyebabkan kulit terasa kering, mudah mengelupas, dan kusam. Bahkan, kulit kering bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Untuk itu, kamu membutuhkan pembersih wajah yang nggak hanya mengangkat kotoran, tetapi mampu memberikan kelembapan untuk kulit. 

Ketika mencari pembersih wajah, kamu bisa memilih produk yang mengandung bahan-bahan seperti: Hyaluronic acid, glycerin, vitamin E, jojoba oil, coconut oil, olive oil, dan petrolatum. Kandungan tersebut berfungsi untuk memberikan kelembapan dan menjaga hidrasi kulit. Nah, agar kulit tak semakin kering, kamu harus hindari alkohol, benzoyl perozide, salicylic acid, retinoid, hingga paraben. 

2. Kulit berminyak

skincare.com

Walau punya kulit berminyak kamu juga nggak boleh asal lho dalam memilih pembersih wajah. Karakterisik kulit berminyak adalah pori-pori yang besar, wajah sering terasa lengket, dan mudah berjerawat. Oleh karena itu, memilih pembersih wajah yang gentle dan aman untuk kulit merupakan sebuah keharusan. 

Disarankan kamu memilih pembersih yang memiliki kandungan seperti: Salicylic acid, glycolid acid, niacinamide, dan retinol. Umumnya, bahan-bahan tersebut bekerja untuk mengontrol dan menyerap sebum berlebih, serta mampu mengangkat kotoran hingga ke pori-pori.

Ada pula bahan-bahan yang harus kamu hindari, yaitu: alkohol, mineral oil, dan petrolatum. Karena tiga kandungan tersebut bersifat comedogenic, sehingga dapat memicu timbulnya jerawat dan menyumbat pori-pori. 

3. Kulit sensitif

100percentpure.com

Nah, kulit sensitif harus lebih hati-hati dalam memilih pembersih wajah. Salah pilih produk, kulit akan mengalami kemerahan, gatal, hingga iritasi. Nggak mau kan hal tersebut terjadi? Karena itu, sebaiknya kamu memilih pembersih wajah yang mengandung aloe vera, coconut oil, tea tree oil, allantion, shea butter, dan rosemary extract.

Selain itu, pastikan produk yang digunakan sudah hypoallergenic atau teruji klinis tak mengandung zat yang menyebabkan alergi, lalu bebas fragrance, alkohol, benzoil peroxide, detergen, dan paraben. 

Jika baru mencoba pembersih wajah yang baru, ada baiknya kamu uji terlebih dahulu dengan mengaplikasikan produk di belakang telinga. Jika tak ada reaksi negatif, kemungkinan besar pembersih wajah tersebut cocok untuk kulitmu. 

4. Kulit kombinasi

curology.com

Jika kulit terasa berminyak di bagian kening, hidung, dan dagu, tetapi area lainnya kering atau normal, berarti kamu memiliki jenis kulit kombinasi. Karena kulit wajah memiliki tipe yang beda, sebaiknya kamu menggunakan dua pembersih wajah yang berbeda pula. Yang perlu kamu pastikan, bahwa pembersih wajah yang digunakan bebas dari fragrance, SLS, dan alkohol. 

Jadi, itu dia cara memilih pembersih wajah sesuai jenis kulit. Semoga artikel ini membantu, ya. Stay glowing, Bela! 

IDN Media Channels

Latest from Skin