Kini banyak sekali beredar beberapa jenis pembersih untuk wajah. Mulai dari milk cleanser, micellar water hingga exfoliator cleanser. Walaupun memiliki fungsi yang sama, namun beberapa pembersih ditujukan untuk jenis kulit tertentu lho. Agar nggak bingung, Popbela sudah merangkumnya untuk kamu. So, langsung intip aja yuk!

1. Micellar Water

Ini 9 Jenis Pembersih Wajah yang Cocok dengan Jenis Kulit Kamu cosmo.ph

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan pembersih satu ini. Micellar water memiliki komponen molekul-molekul mikro minyak pembersih, yang tersuspensi di dalam air lunak. Banyak yang memilih Micellar water karena sangat praktis dan efektif mengangkat kotoran di wajah. Produk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

2. Milk Cleanser

Ini 9 Jenis Pembersih Wajah yang Cocok dengan Jenis Kulit Kamu whenishop.com

Milk cleanser merupakan pembersih wajah yang mengandung susu. Selain membersihkan, produk ini juga mampu melembapkan dan membuat wajah lebih kenyal. Namun, daya bersihnya cukup kurang, sehingga hanya mampu melunturkan riasan yang ringan. Cocok banget untuk pemilik kulit kering!

3. Cleansing Oil

Ini 9 Jenis Pembersih Wajah yang Cocok dengan Jenis Kulit Kamu thestar.com

Cleansing oil merupakan pembersih wajah yang memiliki tekstur cair seperti minyak. Jenis produk ini umumnya dikemas dalam botol pump. Sehingga akan lebih simple dan memudahkan para penggunanya.

Cleansing oil memiliki berbagai macam tekstur, mulai dari yang ringan hingga yang kental. Saat dibilas, cleansing oil akan teremulsi oleh air dan berubah tekstur menjadi milky, sehingga dapat mengangkat riasan tanpa meninggalkan residu yang mengganggu. Produk ini paling pas digunakan untuk oily skin. 

4. Cleansing Balm

Ini 9 Jenis Pembersih Wajah yang Cocok dengan Jenis Kulit Kamu self.com

Cleansing balm merupakan produk pembersih wajah oil-based yang memiliki tekstur semi padat seperti balsam. Pada umumnya akan dikemas dalam bentuk tube atau jar yang sudah dilengkapi oleh spatula untuk mengambil produk. Sehingga, kebersihan produk tetap terjaga.  

Sama seperti cleansing oil, pembersih ini juga akan lumer ketika diaplikasikan ke wajah. Untuk membersihkannya, kamu hanya perlu membasuh dengan air. Namun, beberapa cleansing balm yang memiliki tekstur sangat thick, sehingga membutuhkan bantuan handuk hangat untuk melunturkannya. Pas untuk pemilik kulit kering. 

5. Clay Cleanser

Ini 9 Jenis Pembersih Wajah yang Cocok dengan Jenis Kulit Kamu lorealparisusa.com

Produk ini merupakan jenis pembersih wajah yang dikombinasikan dengan clay alias tanah liat. Bisa berbentuk facial foam, cleansing gel, atau cleansing bar. Clay dipercaya karena mampu menyerap sebum berlebih di wajah. Jadi, produk  ini paling cocok untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat. 

6. Cleansing Gel

Ini 9 Jenis Pembersih Wajah yang Cocok dengan Jenis Kulit Kamu pinterest.com

Cleansing gel memiliki tekstur yang ringan dan bening. Produk ini ada yang mengeluarkan busa, tetapi ada juga yang tidak memiliki busa. Cleansing gel ini dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat, mengangkat minyak berlebih, dan melawan bakteri penyebab jerawat. Sehingga cocok untuk kulit yang cenderung berminyak. 

7. Facial Foam

Ini 9 Jenis Pembersih Wajah yang Cocok dengan Jenis Kulit Kamu cosmo.ph

Pada umumnya, facial foam sudah berbentuk busa yang cocok untuk mengangkat kotoran di wajah dengan lembut. Setelah menggunakan produk ini, kulit akan terasa lebih lembap dan bersih sempurna. Pembersih wajah ini lebih cocok untuk mereka yang memiliki jenis kulit normal to dry. 

8. Exfoliating Cleanser

Ini 9 Jenis Pembersih Wajah yang Cocok dengan Jenis Kulit Kamu allure.com

Selain dapat membersihkan kotoran, Exfoliating cleanser juga dapat mengangkat sel kulit mati di wajah kamu. Walau terlihat menarik, tetapi produk ini tidak dapat digunakan setiap hari. Karena, dapat membuat kulit lebih sensitif dan kering, jadi gunakan produk ini hanya seminggu 2-3x ya, Bela! . 

9. Cleansing Wipes

Ini 9 Jenis Pembersih Wajah yang Cocok dengan Jenis Kulit Kamu coffeehousetv.org

Cleansing wipes ini hampir sama dengan tisu basah pada umumnya, tetapi, produk ini dilengkapi dengan formula yang dapat mengangkat makeup dan kotoran di wajah. Cleansing wipes cocok banget digunakan ketika perjalanan karena praktis dan mudah digunakan. 

Baca Juga: Ternyata, Ini Bedanya Cleansing Oil dan Cleansing Balm

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sabun Muka yang Nggak Bakal Bikin Kulit Kering

Baca Juga: Bikin Wajah Bersih Maksimal, Ini 7 Cleansing Oil Terbaik Versi Popbela