Semakin kamu mencari tahu dan mencoba banyak skincare, maka semakin teliti juga kamu dalam memilih produk pembersih wajah. Memang ada banyak pembersih wajah yang bisa kamu andalkan. Salah satunya ada milk cleanser dan oil cleanser yang biasa kamu pakai untuk membersihkan makeup. Nah, untuk kamu yang masih bingung membedakan kedua pembersih wajah ini, berikut perbedaannya yang perlu kamu ketahui!

Milk Cleanser

Milk Cleanser vs Oil Cleanser, Manakah yang Lebih Baik?intothegloss.com

Milk cleanser terbuat dari perpaduan emulsi dan minyak sehingga cocok sebagai pembersih wajah yang mampu mengangkat sisa makeup dan residu lainnya dari kulit. Milk cleanser memiliki tekstur lembut, lembap, dan tidak berbusa. Pembersih ini cocok untuk pemilik kulit normal-kombinasi. Selain itu, pembersih ini akan terasa nyaman saat dipakai dan mudah digunakan untuk memastikan wajah bersih. Namun yang perlu diingat, kamu harus memakai tisu atau kapas saat membersihkan milk cleanser, agar kulit tidak terasa kasar dan iritasi saat memakainya. Sayangnya, milk cleanser ini hanya bisa untuk mengangkat makeup yang non-waterproof. Jadi kamu harus memakai eye makeup remover maupun lips makeup remover untuk membersihkan maskara waterproof dan lipstik matte.

Milk Cleanser vs Oil Cleanser, Manakah yang Lebih Baik?skinnyms.com

Oil cleanser

Sedangkan oil cleanser bagus untuk kulit kering-sensitif karena mengandung minyak kelapa sebagai anti inflamasi yang bagus untuk membersihkan makeup dan kotoran pada wajah. Oil cleanser membuat kulit kamu bisa menjadi bersih, tetap kenyal dan terjaga kelembapannya. Namun, oil cleanser sangat sulit untuk dibersihkan saat terkena air sehingga bisa saja sisa minyak ini menjadi penghambat saat kamu memakai skincare. Oleh karena itu penting untuk lakukan double cleansing dengan menggunakan gel atau milk cleanser lalu dibilas dengan facial foam agar sisa makeup bisa terangkat sempurna.

Untuk kamu yang ingin menghindari kulit yang iritasi dan kemerahan saat membersihkan makeup, Dr. Debra Jaliman, seorang dermatologist menyarankan untuk memakai oil cleanser karena formulanya yang lembut. Namun, selalu pastikan untuk lakukan double cleansing dengan memakai facial foam dan toner untuk memastikan kulit bersih dan tidak ada sisa makeup yang tersisa.

Baca Juga: 6 Efek Berbahaya Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah