Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Merawat Kulit Saat Musim Hujan, Bikin Bebas Jerawat

Gunakan sunscreen tetap penting, lho

Shavira Annisa Putri

Sudah di penghujung akhir tahun berarti saatnya menikmati musim hujan. Selain harus menjaga kesehatan, ternyata di musim ini kulit juga membutuhkan perawatan ekstra, lho. Pasalnya udara lembap yang terjadi ketika musim hujan dapat membuat wajah tampak lebih kusam dan memicu timbulnya jerawat.

Nah, untuk mencegah terjadinya masalah-masalah kulit, lewat artikel ini Popbela akan membagikan lima cara merawat kulit saat musim hujan. Penasaran apa aja? Yuk, langsung scrolling aja!

1. Rutin membersihkan kulit

Cara Merawat Kulit saat Musim Hujan, m.myglamm.com

Apa pun musimnya, rutin membersihkan kulit merupakan kewajiban yang nggak boleh kamu lewatkan, terlebih di musim hujan. Karena udara cenderung lebih lembap, maka membuat kulit relatif lebih berminyak, dan menjadi penyebab munculnya jerawat. Jangan lupa untuk lakukan double cleansing setelah beraktivitas, ya.

2. Eksfoliasi nggak boleh terlewatkan, nih

Cara Merawat Kulit saat Musim Hujan, womenshealthmag.com

Produksi minyak berlebih dan pori-pori tersumbat merupakan dua masalah kulit yang kerap terjadi di musim hujan. Untuk itu, kamu harus rutin melakukan eksfoliasi agar sel-sel kulit mati terangkat dan kulit tetap halus. Jika kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan exfoliator yang gentle dan minim iritasi. Sedangkan untuk yang sudah rutin lakukan eksfoliasi, bisa gunakan produk favorit kamu.

3. Gunakan moisturizer sesuai jenis kulit

Cara Merawat Kulit saat Musim Hujan, stylecheer.com

Pelembap menjadi kunci penting yang membuat kulit selalu kenyal dan sehat, termasuk ketika musim hujan datang. Kulit akan menjadi lebih kering di cuaca yang dingin, oleh karena itu menggunakan pelembap menjadi sebuah keharusan. Kamu bisa gunakan produk yang mengandung ceramide, hyaluronic acid, atau honey. Pilh produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu. 

4. Jangan lupa aplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas

Cara Merawat Kulit saat Musim Hujan, verywellhealth.com

Meski cuaca cenderung mendung, menggunakan sunscreen itu wajib dilakukan. Karena sunscreen tak hanya berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari saja, lho. Kandungan di dalam sunscreen juga dapat mencegah terjadinya penuaan kulit dari bahaya sinar ultra violet yang dihasilkan oleh gadget

5. Jangan mandi air hangat terlalu lama

Cara Merawat Kulit saat Musim Hujan, 24life.com

Dinginnya udara pasti membuat kamu tak sabar untuk menikmati air hangat ketika mandi. Namun, jika dilakukan terlalu lama, air hangat dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan rentan terhadap kerusakan. Bukannya nggak boleh, sebaiknya mandi air hangat dilakukan kurang dari 10 menit saja, agar kelembapan kulit tidak menghilang.
 
Nah, itu dia lima cara merawat kulit saat musim hujan yang nggak boleh kamu abaikan. Selamat mencoba dan stay glowing, Bela!

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Skin