Musim hujan sedang berlangsung saat ini. Hampir setiap hari, hujan selalu turun di beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan sampai menyebabkan banjir. Jika tidak diantisipasi dengan baik, musim hujan dapat membahayakan kesehatan, termasuk memicu munculnya penyakit seperti demam berdarah.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat selama musim hujan. Berikut di antaranya.

1. Menjaga pola makan

Jaga Kesehatan di Musim Hujan dengan 9 Cara Inischoolsweek.co.uk

Memerhatikan pola makan selama musim hujan sangat penting jika kamu ingin tetap sehat. Konsumsi sayuran dan buah-buahan lebih banyak dari biasanya. Jangan lupa mencucinya terlebih dulu sebelum dimakan. Cara ini dapat mencegah tersebarnya virus penyakit.

Sejalan dengan hal tersebut, hindari makanan pinggir jalan yang kurang sehat. Sebaiknya, kamu masak sendiri karena lebih terjamin kebersihannya. Kamu juga bisa memilih resep seperti sup atau soto yang dapat menghangatkan tubuh selama musim hujan.

2. Pastikan lingkungan sekitar bersih

Jaga Kesehatan di Musim Hujan dengan 9 Cara IniNeue Focus/Douglas Elliman

Baik di rumah maupun kantor, pastikan lingkungan sekitar kamu selalu bersih. Terutama dari genangan air yang dapat menjadi tempat tinggal nyamuk atau serangga berbahaya lainnya. Selain itu, kamu juga perlu merapikan barang-barang agar tidak menjadi sarang nyamuk. Sampah pun perlu dibersihkan setiap hari agar tidak mengundang tikus.

3. Minum air bersih dan matang

Jaga Kesehatan di Musim Hujan dengan 9 Cara IniShutterstock/sebra

Penyakit seperti kolera dan diare kerap menyerang saat musim hujan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk minum air yang bersih. Pastikan air yang kamu konsumsi sudah disaring atau dimasak. Hindari minum air yang tidak diketahui asal usulnya. Kamu bisa membawa botol minum sendiri saat bepergian.

4. Rajin cuci tangan

Jaga Kesehatan di Musim Hujan dengan 9 Cara IniPexels.com/Edward Jenner

Bakteri dan virus menjadi lebih aktif selama musim hujan. Kamu dapat melakukan kontak dengan mereka saat memegang permukaan yang terinfeksi. Cuci tangan Anda sesering mungkin dengan sabun dan air hangat. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, cuci tangan menjadi kegiatan yang wajib dilakukan.

5. Hindari kehujanan

Jaga Kesehatan di Musim Hujan dengan 9 Cara Inifreepik.com/torwaiphoto

Agar tidak kehujanan, selalu bawa payung dan jaket ke mana pun kamu pergi. Melindungi dari hujan dapat mengurangi risiko terkena penyakit seperti batuk, pilek dan demam.

6. Bersihkan diri setelah kehujanan

Jaga Kesehatan di Musim Hujan dengan 9 Cara IniFreepik

Jika kamu tidak bisa menghindari hujan, saat sampai di rumah sebaiknya langsung basuh tubuh dan rambut kamu. Rambut dan pakaian yang basah dapat memicu flu. Akan lebih baik jika kamu mandi dengan air hangat untuk mencegah flu.

7. Perkuat sistem kekebalan tubuh

Jaga Kesehatan di Musim Hujan dengan 9 Cara IniFreepik.com

Jika memiliki sistem imun yang lemah, kamu jadi gampang sakit. Oleh sebab itu, perkuat kekebalan tubuh dengan mengonsumsi vitamin C. Selain itu, tambahkan bawang putih, sayur-sayuran dan buah-buahan dalam menu makanan kamu setiap harinya agar semakin sehat. Minum teh hijau juga diketahui dapat memperkuat sistem kekebalan kamu.

8. Olahraga secara teratur

Jaga Kesehatan di Musim Hujan dengan 9 Cara Inifreepik.com/freepik

Meskipun di luar hujan, tapi itu tidak menjadi alasan untuk berhenti olahraga. Kamu bisa melakukan latihan fisik ringan di rumah, seperti stretching atau yoga. Melatih sendi dan otot secara teratur dapat menjaganya tetap kuat. Selain itu, olahraga membantu meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat membantu melawan penyakit.

9. Tidur nyenyak

Jaga Kesehatan di Musim Hujan dengan 9 Cara IniFreepik.com

Kurang tidur membuat badan kamu lemas dan lemah. Itu meningkatkan risiko terkena flu. Pastikan kamu mendapat tidur yang cukup di malam hari. Dengan begitu, kamu akan bangun dalam keadaan segar sehingga siap berkegiatan lagi.

Selama musim hujan, jaga kesehatan kamu ya, Bela. Kamu bisa mengikuti tips-tips di atas agar tetap sehat!