Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Penyebab Benjolan di Kelopak Mata, Ternyata Bukan Jerawat

Jangan panik

Nafi' Khoiriyah

Banyak yang mengira kalau benjolan di kelopak mata sama dengan jerawat. Benjolan yang ada di kelopak mata memang sama-sama mengganggu aktivitas seseorang, tetapi ternyata berbeda dengan jerawat yang biasa muncul di wajah. 

Penyebab benjolan di kelopak mata itu ada beberapa macam. Sebab, benjolan yang muncul juga berbeda-beda karakteristiknya. Ada yang berwarna putih, merah, sampai kuning. 

Meski kebanyakan benjolan yang ada di kelopak mata tidak serius, tetapi ketahui dulu apa macam-macam benjolan yang biasanya timbul. 

1. Bintitan

verywellhealth.com

Melansir Healthline, bintitan merupakan jenis benjolan di kelopak mata yang paling umum. Penyebab munculnya bintitan ini adalah karena bakteri yang masuk ke kelenjar minyak di bagian kelopak mata. 

Benjolan yang muncul di kelopak mata itu berupa benjolan merah berbentuk bulat yang berada di dekat bulu mata. Biasanya, bintitan menyebabkan kelopak mata terasa perih. 

Kadang kala benjolan gara-gara bintitan juga menyebabkan mata lebih sensitif terhadap cahaya dan membuatnya berair atau gatal. 

2. Xanthelasma

freepik.com/stockking

Sementara penyebab benjolan di kelopak mata selanjutnya adalah benjolan berwarna kuning yang tidak berbahaya. Penyebab dari Xanthelasma adalah adanya lemak yang menumpuk di bawah kulit. 

Kebanyakan orang yang mengalami Xanthelasma adalah mereka yang sudah berusia 35 - 55 tahun. Beberapa di antara kasus Xanthelasma juga menandakan kadar kolesterol yang tinggi.

3. Kalazion

allaboutvision.com

Munculnya benjolan di mata yang tak kalah sering ditemui adalah karena kalazion. Kalazion ini adalah inflamasi yang terjadi saat kelenjar penghasil minyak atau kelenjar air mata di kelopak mata tersumbat. 

Biasanya, kalazion muncul jauh di kelopak mata, berbeda dengan bintitan yang biasa muncul di dekat bulu mata. Kebanyakan kasus kalazion memang tidak menimbulkan rasa sakit.

Sering kali, kalazion juga hilang dengan pengobatan rumahan atau obat bebas. Benjolan ini juga bisa mengganggu penglihatan jika ukurannya besar dan berada di dekat mata. 

4. Milia

freepik.com/freepik

Penyebab benjolan di kelopak mata yang terakhir dan paling sering muncul adalah milia. Benjolan ini bisa diidentifikasi dari warnanya yang putih dan muncul di kelopak mata. 

Selain di kelopak mata, milia juga bisa muncul di dahi, pipi, bahkan hingga alat kelamin. Penyebab munculnya benjolan ini adalah saat protein yang disebut keratin terperangkap di bawah permukaan kulit. Penyebab dari milia bisa bermacam-macam, di antaranya adalah cedera atau kondisi medis lainnya.

Sebenarnya, milia tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika mengganggu penglihatan, maka bisa dilakukan pengangkatan milia dengan pembedahan. 

Demikian macam-macam penyebab benjolan di kelopak mata yang biasa muncul. Jika kamu mengalami salah satunya, maka atasi dengan cara yang tepat, ya!

IDN Media Channels

Latest from Health