Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kenalan dengan CSM, Metode Penggunaan Skincare a la Perempuan Jepang

Metode penggunaan masker yang paling terkenal!

Arnintya Juninda

Saat ini CSM menjadi salah satu metode penggunaan skincare yang banyak digunakan para beauty enthusiast. Tapi sebenarnya tahukah kamu bahwa CSM ini berasal dari Jepang?

Memiliki kulit sehat, cerah dan awet muda menjadi dambaan kebanyakan perempuan. CSM ini dianggap sebagai salah satu metode yang cukup ampuh untuk membuat tampilan kulit menjadi lebih sehat, cerah dan awet muda. Tapi sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan CSM itu? Yuk, kita bahas lebih lanjut metode CSM dalam penggunaan skincare yang dilakukan oleh perempuan di negara Jepang!

Apa itu CSM?

allure.com

CSM ternyata adalah singkatan dari Chizu Saeki Method. Uniknya, Chizu Saeki adalah nama dari seorang skincare expert yang berasal dari negara Jepang. Ia mulai memperkenalkan metode penggunaan skincare ini sejak membuat buku The Japanesse Skincare Revolution.

Dalam bukunya tersebut, Chizu Saeki banyak membahas cara merawat kulit agar tetap sehat, cerah dan awet muda. Tidak hanya itu, ia sendiri melakukan metode-metode penggunaan skincare yang ia tulis di bukunya tersebut hingga kini di usianya yang sudah mencapai 70-an kulitnya tetap terlihat sehat dan ternutrisi.

CSM ternyata adalah metode yang mengajarkan cara penggunaan masker pada wajah dimana bisa menggunakan kapas tipis yang telah direndam di air hangat dan dibubuhkan hydrating toner kemudian ditempel di kulit selama beberapa waktu.

Manfaat Metode CSM dalam Penggunaan Skincare

18news.id

Ternyata metode CSM ini cukup mudah bukan? CSM bisa dilakukan saat kamu melakukan skincare routine-mu. Tapi, apa sih sebenarnya manfaat utama yang diberikan dari CSM apabila dilakukan secara rutin?

Menggunakan CSM dalam penggunaan skincare tentu memiliki banyak manfaat untuk kulit. Karena dengan menempelkan kapas pada wajah itu sudah memastikan kandungan aktif pada hydrating toner atau lotion yang digunakan menyerap pada kulit. Selain itu manfaat yang diberikan juga dapat memperkuat skin barrier pada kulit, melindungi dari radikal bebas serta dapat membantu agar sirkulasi peredaran darah yang ada pada kulit lebih lancar seperti pada bagian pipi, dagu dan juga dahi.

Cara Melakukan Metode CSM Saat Melakukan Skincare Routine

vogue.com

Setelah tahu apa itu CSM serta manfaatnya, tentu kamu sudah tidak sabar untuk mencobanya dong? Nah, pastikan kalau kamu ingin melakukan CSM dilakukan dengan cara yang benar dan juga rutin agar dapat merasakan manfaatnya.

Pertama, kamu perlu mempersiapkan berbagai bahan yang diperlukan antara lain adalah kapas tipis, baskom berisi air hangat dan juga hydrating toner yang biasa kamu gunakan. Kedua, kamu perlu mencelupkan kapas ke dalam baskom berisi air hangat kemudian diperas sampai kering. Ketiga, tuangkan hydrating toner ke kapas tersebut. Setelah semua bahan sudah meresap pada kapas, kamu tinggal menempelkan kapas tersebut pada wajah sekitar 5-10 menit kemudian angkat dan jangan dibilas.

Setelah melakukan CSM ini, lanjutkan penggunaan skincare dengan Langkah selanjutnya bisa dimulai dengan menggunakan serum atau langsung menggunakan pelembap. Baiknya CSM ini dilakukan di malam hari untuk menjaga kelembapan kulit selama tidur.

Rekomendasi Hydrating Toner untuk Metode CSM

yesstyle.com

Untuk melakukan CSM, kamu perlu memilih toner yang dikategorikan sebagai hydrating toner. Hydrating toner sendiri biasanya mengandung kandungan yang melembapkan kulit serta dapat mengunci kelembapan tersebut. Beberapa kandungan yang biasa ada di dalam hydrating toner antara lain adalah green tea, niacinamide, hyaluronic acid dan masih banyak lagi. Berikut ini rekomendasi hydrating toner yang bisa digunakan untuk melakukan CSM saat menggunakan masker.

COSRX Hydrium Water Toner: Hydrating toner ini sesuai namanya memiliki tekstur yang cair seperti air. Fungsi dari toner ini adalah melembapkan kulit dengan kandungan vitamin B5 dan hyaluronic acid di dalamnya.

Somethinc Supple Power Hyaluronic9 + Onsen Essence Toner: Hydrating toner ini diklaim juga memiliki formula essence sehingga dapat mengunci kelembapan secara ekstra. Kandungan dari hydrating toner lokal ini adalah hyaluronic acid dan 79% onsen Belgium Hot Spring Water yang dapat melembapkan kulit secara menyeluruh sehingga menjaga elastisitas kulit.

Hatomugi Skin Conditioner: Di Jepang, Hatomugi Skin Conditioner menjadi salah satu lotion atau toner yang cukup terkenal. Produk ini dapat melembapkan wajah sehingga cocok digunakan untuk melakukan CSM untuk penggunaan masker. Di dalamnya terdapat ekstrak tanaman barley yang dianggap sebagai tanaman yang memiliki banyak fungsi untuk kesehatan.

Nah, sudah tahu dong ternyata CSM untuk penggunaan masker sangat bermanfaat? Yuk coba untuk lakukan secara rutin untuk merasakan manfaat yang disebutkan! Selamat mencoba!

IDN Media Channels

Latest from Skin