Skincare bisa sangat membingungkan. Semua produk, bahan, istilah ilmiah, dan klaim dapat dengan mudah membuat kita kewalahan dan ingin memiliki semuanya. Bahkan, setelah kita membeli sejumlah produk, menentukan mana yang benar-benar berfungsi dan sepadan dengan harganya serta yang tidak efektif, seringkali sulit dilakukan.

Memang, kadang beberapa produk bisa memberikan hasil positif segera setelah kita menggunakan produk tersebut. Namun, tetap saja, konsistensi adalah kunci dalam hal perawatan kulit. Kebanyakan orang akan melihat perbaikan setelah menggunakan serangkaian perawatan kulit yang baik dalam tiga bulan, terutama jika mereka memiliki masalah kulit yang ingin diperbaiki, seperti jerawat, bekas jerawat, atau meratakan warna kulit.

Untuk membantu kamu memastikan apakah produk skincare yang kamu gunakan selama ini bekerja dengan baik, simak uraian tanda umum produk perawatan kulit berhasil di bawah ini yang dirangkum dari laman Mamamia dan Insider.

1. Kamu melihat adanya perkembangan pada masalah kulit

5 Hal Ini Jadi Tanda Kalau Skincare-mu Bekerja SempurnaPexels.com/Shiny Diamond

Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah produk perawatan kulit yang kamu pakai berhasil adalah jika kulit tampak bersih. Jika kulit memiliki beberapa kondisi perlu diperbaiki, mudah untuk mengetahui bahwa perawatan kulit bekerja karena kamu akan melihat pengurangan masalah kulit.

Misalnya, jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, pori-pori tersumbat, atau jerawat, maka kamu akan melihat pengurangan jerawat, produksi minyak, dan peradangan. Selain itu, jika kulit terlihat lebih mulus dan warnanya lebih rata, seperti kemerahan berkurang, noda hitam berkurang dan perubahan warna. Ini berarti kulit seimbang, terhidrasi, dan mampu mengatur dirinya sendiri.

2. Langsung bisa melihat perubahan setelah penggunaan masker

5 Hal Ini Jadi Tanda Kalau Skincare-mu Bekerja Sempurna

Masker adalah salah satu produk perawatan kulit yang bisa memberikan hasil yang nampak secara instan. Tanda-tanda bahwa masker bekerja dengan baik adalah kamu pasti akan melihat perubahan begitu selesai memakai masker, seperti kulit berkilau, kenyal, halus, tergantung jenis maskernya. Sedangkan untuk clay mask mungkin perubahan bisa nampak setelah beberapa hari, misalnya berkurangnya jerawat atau flek hitam.

Jika kulit sama sekali tidak mengalami perubahan setelah memakai masker, itu tandanya mungkin masker tidak benar-benar cocok untuk kamu. Kamu bisa mendapatkan hasil ini segera, dalam semalam, atau dalam beberapa hari. Namun, untuk masker hasilnya biasanya tidak bertahan lama, jadi esens, serum, dan pelembap jauh lebih penting dalam rutinitas perawatan kulit.

3. Kulit terasa halus dan kenyal

5 Hal Ini Jadi Tanda Kalau Skincare-mu Bekerja Sempurnastockys.com

Pada produk anti penuaan, mungkin sedikit lebih sulit untuk menilai apakah produk berhasil mencegah, melindungi, atau mengurangi tanda-tanda penuaan. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam jangka pendek yang akan memberi kamu gambaran yang cukup jelas apakah suatu produk bekerja secara efektif. Produk anti penuaan yang efektif akan menunjukkan perubahan umum, seperti tekstur kulit menjadi lebih halus, garis-garis halus berkurang, pori-pori tampak lebih kecil dan pigmentasi berkurang.

Umumnya, keuntungan preventif terlihat dalam jangka panjang, di mana kamu akan melihat proses penuaan yang melambat jika dibandingkan dengan orang lain yang sebaya denganmu. Jadi, meskipun kamu tidak melihat sesuatu yang dramatis dalam jangka pendek, jika kamu terus menggunakan produk anti penuaan dan tabir surya berkualitas baik, maka kamu akan mendapatkan manfaat besar pada jangka panjang.

4. Kulit tidak mengalami gatal atau iritasi

5 Hal Ini Jadi Tanda Kalau Skincare-mu Bekerja Sempurnacoveteur.com

Kulit merupakan organ imunologi yang mendeteksi alergen luar dan biasanya muncul sebagai gatal dan lecet serta menunjukkan tanda-tanda reaksi alergi di dalam, seperti gatal-gatal yang berhubungan dengan makanan atau obat. Jika kulit terbebas dari rasa sakit dan iritasi, itu berarti kemungkinan besar kamu tidak mengalami alergi terhadap produk.

Begitu pula dengan produk perawatan kulit, jika kulit langsung mengalami rasa gatal atau sakit, mungkin kamu tidak cocok dengan produk tersebut. Tapi, terkadang, produk seperti retinol dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan untuk bulan pertama saat kulit menyesuaikan dan tanda-tanda ini akan hilang di bulan berikutnya.

Jika kamu merasa rasa sakit atau iritasi semakin meningkat setelah dua hingga tiga minggu menggunakan produk tersebut, kamu harus berhenti dan berbicara dengan dokter kulit.

5. Kulit terhidrasi, namun tidak berminyak

5 Hal Ini Jadi Tanda Kalau Skincare-mu Bekerja Sempurnapinterest.com

Jika sebelumnya kamu memiliki masalah dengan kulit kering, mengelupas, atau kusam, kamu akan melihat tekstur kulit menjadi lebih baik, berkurangnya kerutan halus, dan kulit yang lebih berkilau jika kulitmu cocok dengan produk perawatan yang sedang kamu gunakan. Perawatan kulit yang baik akan membuat kulit jadi lembap dan terhidrasi tetapi tidak berminyak. Secara keseluruhan, kamu akan merasa kulit makin glowing.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Tanda Skincare yang Kamu Gunakan Bekerja dengan Baik, Sudah Tahu?"

Baca Juga: Manfaat Bubuk Mutiara Pada Skincare, Bikin Kulit Cerah dan Anti-Aging

Baca Juga: Jangan Asal, Ketahui Tips Layering Skincare yang Benar dan Efektif

Baca Juga: Urutan Skincare Berdasarkan Cara Pakai, Efektif dan Praktis!