Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Dia Fakta Tentang Rambut yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Menarik banget!

Vidya Nathania

Rambut merupakan mahkota yang wajib untuk dirawat. Banyak hal menarik yang dibahas mengenai rambut seperti cara perawatan rambut, berbagai cara mengatasi masalah rambut, juga memilih model rambut yang cocok buat masing-masing orang. 

Tak hanya itu, tentunya ada juga beberapa fakta tentang rambut juga yang menarik untuk diketahui. Pastinya, masih banyak lho yang belum tahu tentang fakta tentang rambut. Buat kamu yang ingin tahu, langsung simak artikel yang satu ini sampai habis ya Bela!

1. Rambut memiliki umur lho!

bridgetsophiestudio.com

Fakta tentang rambut yang satu ini cukup membingungkan banyak orang. Tapi hal tersebut ternyata memang benar. Faktanya, rambut memiliki umur sampai dengan 5 tahun lho! Karena 90% rambut tumbuh pada waktu tertentu dan 10% lainnya rambut pun beristirahat.

2. Rambut rontok itu normal

hindustantimes.com

Jika kamu sering menemukan rambut rontok setiap harinya seperti saat sedang keramas atau menyisir rambut, ketahuilah bahwa hal tersebut merupakan fakta tentang rambut yang normal dialami semua orang. Karena tiap harinya, rambut rontok antara 40 sampai 150 helai.

3. Rutin memotong rambut tidak mempercepat pertumbuhan rambut

newbeauty.com

Salah satu fakta tentang rambut lainnya ialah bahwa rutin memotong rambut tidak berpengaruh rambut bertumbuh menjadi lebih cepat. Hanya saja, rutin memotong rambut dapat membuat tampilan rambutmu menjadi lebih sehat.

4. Warna rambut setiap orang berbeda-beda

revlon.com

Cukup menarik, fakta tentang rambut yang satu ini pastinya sudah sangat familiar bukan? Yup, setiap orang memang memiliki warna rambut yang berbeda-beda, ada yang hitam, cokelat, merah, dan blonde. Hal tersebut dipengaruhi oleh jumlah melanin atau pigmen pada rambut. Semakin banyak jumlah melanin, semakin gelap warna rambut seseorang.

5. Semua orang pernah mengalami masalah rambut lepek

self.com

Tahu nggak sih kalau setiap orang pernah mengalami masalah rambut lepek? Tentulah salah satu fakta tentang rambut yang satu ini juga normal dapat terjadi pada siapapun. Hal tersebut disebabkan karena setiap harinya rambut manusia bertumbuh dan pada saat bertumbuh, rambut melewati kelenjar minyak yang membuat rambut menjadi lepek. Untuk itu, perlu sekali menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala untuk terhindar dari masalah rambut lainnya.

6. Tekstur rambut sangat elastis

lionessebeautybar.org

Percaya nggak sih kalau salah satu fakta tentang rambut yang jarang kamu ketahui ialah bahwa helaian rambut memiliki tekstur yang sangat elastis lho! Karena rambut dapat berkembang 30% dari panjang aslinya saat sedang dalam keadaan basah.

7. Satu helai rambut lebih kuat daripada tembaga

masterstouchhairsalon.com

Selain elastis, fakta tentang rambut lainnya yang cukup mengejutkan ialah tingkat kekuatan rambut yang ternyata lebih kuat daripada kekuatan tembaga dengan diameter yang sama. Untuk itu, rawatlah terus rambutmu agar menjaga kekuatan rambut.

Jadi, itu dia fakta tentang rambut yang unik dan menarik untuk diketahui. Mengetahui bagian lain tentang rambut tentunya selain dapat menambah pengetahuanmu tentang rambut, kamu pun juga dapat lebih merawat kesehatan rambutmu. Semoga artikelnya bermanfaat ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Make Up