Para cewek pastinya ingin rambut sehat berkilau. Apalagi banyak bilang rambut adalah salah satu bagian diri terpenting bagi para cewek. Nggak heran, banyak cewek rela melakukan perawatan yang cukup menguras kantong.

Hal itu semata-mata demi membuat rambut terlihat indah dan sehat. Padahal jika ingin memiliki rambut sehat berkilau nggak perlu ribet. Karena Bela hanya perlu melakukan lima hal ini. Apa aja? Check this out!

1. Hindari perawatan yang berat

Bikin Rambut Berkilau Nggak Perlu Repot, Cek Dulu 5 Hal Ini Shutterstock/MTS_Photo

Memiliki rambut berkilau memang menjadi dambaan banyak cewek, termasuk Bela mungkin? Ada banyak perawatan rambut yang menawarkan hasil rambut berkilau, padahal rambut berkilau bisa didapat dengan cara simpel seperti mengurangi perawatan rambut yang terlalu berat.

Seperti apa? Misalnya, ketika kamu sering untuk mengganti warna rambut. Mengecat rambut dengan berbagai kandungan kimia bisa merusak rambut dan memudarkan kilau alaminya lho Bela. Selain itu menggunakan peralatan seperti catokan, steam rambut dan sejenisnya juga mempengaruhi kesehatan rambutmu. 

Jadi, harus pakai produk perlindungan yang tepat ya!

2. Hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer terlalu panas

Bikin Rambut Berkilau Nggak Perlu Repot, Cek Dulu 5 Hal Ini Shutterstock/PBXStudio

Sama nih kasusnya dengan poin di atas. Mengeringkan dengan hair dryer dengan panas yang terlalu tinggi sebaiknya dihindari jika ingin rambut sehat berkilau. Panas dari hair dryer memang membuat rambut cepat kering, tapi bisa membuat rambut Bela jadi lebih rapuh. 

Nggak hanya mudah patah, panas dari hair dryer juga bikin rambut jadi kusam dan kehilangan kilau alaminya. Jadi, kalau mau mengeringkan rambut dengan hair dryer tutup dengan menggunakan pilihan angin sejuk, Bela. 

3. Keramas teratur, jangan lebih dari sekali setiap hari

Bikin Rambut Berkilau Nggak Perlu Repot, Cek Dulu 5 Hal Ini Shutterstock/TORWAISTUDIO

Keramas memang bikin rambut jadi bersih ya, Bela. Namun kalau keramas terlalu sering, justru kurang baik juga lho. Terlalu sering keramas justru dapat mengikis kadar sebum alami yang ada pada rambut. 

Sebum atau minyak alami pada rambut memiliki fungsi menjaga dan melindungi rambut. Jika keramas setiap hari, sebum di rambut terkikis bisa membuat rambut mudah patah dan terlihat kusam. Kalau mau keramas, sebaiknya dengan frekuensi tiga kali seminggu saja ya Bela. 

4. Gunakan produk perawatan rambut yang tepat

Bikin Rambut Berkilau Nggak Perlu Repot, Cek Dulu 5 Hal Ini Shutterstock/TORWAISTUDIO

Kalau sudah ngomongin soal keramas, nggak lengkap kalau belum menyebut tentang pemilihan produk perawatan rambut yang tepat. Pastikan produk yang Bela gunakan memberikan nutrisi yang baik untuk rambut. 

Agar rambut sehat berkilau, sebaiknya Bela menggunakan produk yang mampu menjaga produksi minyak alami pada kulit kepala. Dikutip dari laman Alodokter, beberapa ahli menyarankan untuk memilih produk perawatan rambut yang mampu menjaga produksi minyak alami pada kulit kepala dan sebisa mungkin hindari produk dengan kandungan sulfat, alkohol, maupun pewangi berlebihan.

Buat Bela yang bingung, memang ada produk rambut yang memenuhi syarat di atas, ada dong. Perkenalkan Elixir Ultime Serum dari Kérastase. Elixir Ultime Serum ini jadi salah satu produk paling populer dari brand Kérastase.

Bikin Rambut Berkilau Nggak Perlu Repot, Cek Dulu 5 Hal Ini Dok. Kérastase

Serum rambut ini diklaim mampu memberi kilau yang indah pada rambut kusam. Nggak hanya itu, Elixir Ultime Serum juga membantu melindungi dari panas alat styling hingga 230°C, serta memberi keharuman yang tahan lama. Sehingga rambut terlihat lebih sehat dan tetap bervolume.

Kandungannya yang berasal dari berbagai macam minyak seperti marula oil, camellia oil, argan oil dan maize oil, pastinya bikin rambut sehat ternutrisi. Pemakaiannya juga gampang, tinggal hangatkan 1-2 pump di telapak tangan lalu ratakan dari tengah hingga ujung rambut hingga meresap, dan nggak perlu dibilas kok.

Produk ini dapat digunakan sebelum dan sesudah blowdry/styling. Kérastase Elixir Ultime Serum 100ml bisa Bela dapatkan dengan harga Rp520.000,-. Jadi, sebelum pakai pengering rambut, wajib pakai Elixir Ultime Serum untuk melindungi rambut tetap sehat berkilau. Langsung klik di sini untuk info produknya ya, Bela! Atau bisa langsung beli produknya di Shopee dan Tokopedia

5. Minimalkan penggunaan aksesoris rambut

Bikin Rambut Berkilau Nggak Perlu Repot, Cek Dulu 5 Hal Ini Shutterstock/metamorworks

Meminimalkan penggunaan aksesoris rambut? Itu yang seperti apa sih? Akan jauh lebih baik kalau Bela mengurangi mengikat atau mengepang rambut terlalu kencang maupun terlalu lama. Karena hal ini membuat rambut mudah rontok dan kusam. 

Jadi, mudah banget ‘kan untuk dapetin rambut berkilau? Langsung dicoba yuk, Bela! (WEB)