Salah satu cara paling mudha untuk membuat penampilan semakin menarik adalah dengan mewarnai rambut. Seiring berkembangnya zaman, pilihan warna cat rambut pun terlihat semakin banyak dan menarik untuk dicoba. Namun, tahu nggak sih bahwa produk cat rambut juga memiliki efek samping yang membahayakan kesehatanmu?

Ini karena produk cat rambut seperti paraphenylenediamine, amonia,  hidrogen peroksida, resorsinol, lead acetate, coal tar, dan masih lagi bahan kimia lainnya yang bisa memberi dampak buruk pada tubuh. Buat kamu yang belum tahu, sebaiknya simak terus artikelnya sampai habis ya Bela!

7 Bahaya Cat Rambut yang Wajib Kamu Tahu

Bagi sebagian orang, ada yang tak bisa bersentuhan sama sekali dengan produk cat rambut dan biasanya cat rambut hanya akan menimbulkan reaksi gatal pada kulit disertai ruam yang dapat meradang. Hal tersebut tentunya terjadi dikarenakan bahan kimia yang terkandung di dalam cat rambut cukup membahayakan pemilik kulit sensitif.

7 Bahaya Cat Rambut yang Wajib Kamu Tahu

Tak hanya bagi pemilik kulit sensitif, hal yang satu ini dapat terjadi pada hampir seluruh orang. Lagi-lagi hal ini disebabkan oleh kandungan bahan kimia pada cat rambut yang memicu adanya iritasi kulit sehingga menciptakan reaksi gatal dan panas secara bersamaan usai melakukan pewarnaan rambut.

7 Bahaya Cat Rambut yang Wajib Kamu Tahu

Selain iritasi pada kulit kepala, cat rambut juga dapat berpengaruh pada sensitivitas mata. Zat-nya yang cukup tajam dan menyengat ini dapat membuat mata menjadi memerah dan berair.

7 Bahaya Cat Rambut yang Wajib Kamu Tahu

Hal yang satu ini bisa terjadi bukan hanya karena efek cat rambut yang menempel pada kulit kepala dan menimbulkan iritasi saraf, tetapi juga dapat terjadi karena aroma cat rambut yang cukup menyengat dan dapat menimbulkan rasa pusing yang luar biasa hingga kemudian berpengaruh pada rasa pusing tersebut.

7 Bahaya Cat Rambut yang Wajib Kamu Tahu

Sifat karsinogen beserta seluruh kandungan bahan kimia pada cat rambut dapat menyebabkan penyakit kanker dan tentunya dapat menimbulkan kematian, apalagi jika kamu rutin menggonta-ganti warna rambut.

Mewarnai rambut sih memang bikin penampilan makin kece, tetapi sebaiknya kamu juga harus berhati-hati ya, Bela. Sebagai alternatif cara yang aman, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan produk cat rambut yang mengandung bahan alami sehingga aman untuk kulit kepalamu.

Baca Juga: Mewarnai Rambut Demi Film, Ini yang Terjadi Pada Iko Uwais