Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Setelah Berolahraga

Biar nggak sia-sia!

Shavira Annisa Putri

Kalori yang terbakar ketika berolahraga pasti membuat perut terasa lapar dan cenderung ingin mengonsumsi berbagai jenis makanan. Nah, kalau salah memilih makanan setelah olahraga, maka tubuh akan sulit mengembalikan energi yang sudah tebuang ketika berolahraga. 

Untuk itu, penting banget mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya dihindari setelah berolahraga, agar kerja keras yang baru kamu lakukan tidak sia-sia!

1. Makanan pedas

sandiegorestaurantweek.com

Makanan pedas merupakan salah satu jenis makanan yang sulit dicerna untuk tubuh, oleh karena itu sebaiknya jangan dikonsumsi setelah berolaharaga. Daripada memilih makanan pedas, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, sedikit protein, dan sedikit gula untuk mengembalikan energi dan kadar gula.

2. Makanan yang kaya akan lemak

arabiaday.com

Lemak dapat memperlambat proses pencernaan dalam usus dan menghambat nutrisi yang dibutuhkan oleh otot. Oleh karena itu, setelah berolahraga sebaiknya hindari makanan yang kaya akan lemak seperti junk food, kulit ayam, dan makanan apapun yang digoreng. 

3. Karbohidrat sederhana

bestrecipes.com.au

Setelah berolahraga, hindari mengonsumsi makanan yang memiliki sumber karbohidrat sederhana, seperti roti putih atau kue kering. Karena dua makanan tersebut mengandung gula yang cukup tinggi yang dapat menghambat penurunan berat badan dan memperlambat metabolisme. Ada baiknya pilih makanan yang memiliki sumber karbohidrat kompleks seperti ubi jalar, nasi merah, dan jagung. 

4. Sayuran mentah

healthyeating.sfgate.com

Walaupun sayuran mentah memiliki nutrisi dan vitamin yang tinggi, tetapi sayuran mentah tidak cukup untuk mengambalikan energi yang terpakai setelah berolahraga. Makanan yang mengandung protein dan karbohidrat merupakan jenis asupan yang paling tepat dikonsumsi setelah beraktivitas fisik yang berat. 

5. Makanan cepat saji

freepik.com

Mudah di temukan, praktis, dan lezat menjadi alasan mengapa makanan cepat saji menjadi idola. Namun, tingginya kadar garam dalam makanan cepat saji tidak dapat mengembalikan energi di dalam tubuhmu. Selain itu, makanan cepat saji tinggi akan lemak jahat yang membuat olahragamu menjadi sia-sia.

So, itu dia lima makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi setelah olahraga. Semoga membantu ya, Bela! 

IDN Media Channels

Latest from Health