Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Nggak Perlu Konsumsi Obat, Ini 5 Cara Mudah Atasi Sembelit

Efektif lho, Bela!

Shavira Annisa Putri

Ketika #dirumahaja, pola makan kamu menjadi tidak teratur. Kamu tidak lagi memperhatikan makanan apa saja kamu konsumsi dalam sehari. Hal ini berakibatkan perut kamu merasakan sembelit. 

Sembelit atau bahasa medisnya konstipasi adalah buang air besar yang hanya keluar sedikit, tidak teratur atau tidak sama sekali. Nah, ternyata mengantisipasi sembelit ini tdak perlu konsumsi obat lho. Kamu cukup ikuti lima cara di bawah ini!

1. Minum sparkling water

Penuhi kebutuhan cairan kamu dengan rutin mengonsumi air dapat melancarkan pencernaan yang sedang bermasalah. Kamu juga bisa konsumsi sparkling water. Dalam sebuah penelitian, air berkarbonasi ampuh meredakan perut yang sedang sembelit. Tetapi, sebaiknya pilih minuman berkarbonasi yang tanpa gula. Karena gula berlebih dapat memperburuk kondisi sembelit kamu. 

2. Konsumsi makanan kaya akan prebiotik

seriouseats.com

Salah satu makanan yang kaya akan prebiotik adalah yogurt. Di dalam yogurt terdapat bakteri yang baik untuk pencernaan dan menstimulan tubuh kamu untuk mengeluarkan kotoran. Sehingga, jika sembelit melanda, jangan lupa untuk konsumsi yogurt. Walau begitu, tetap hindari produk berbahan susu lainnya ya.

3. Pilihlah makanan yang mengandung kunyit

nutraingredients-asia.com

Manfaat baik kunyit memang banyak sekali. Salah satunya dapat meredakan sembelit. Mengandung antioksidan yang mampu menjaga dan melindungi dinding usus, sehingga dapat mendorong sisa makanan dan keluar dari usus. Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya mampu meredakan rasa sakit akibat sembelit.

4. Minum teh madu dan lemon

freepik.com

Madu merupakan bahan alami yang dipercaya dapat menjadi pencahar. Selain itum lemon akan berfungsi sebagai stimulant alami yang baik untuk sistem pencernaan dan mendetoks tubuh kamu. Sehingga, teh madu dan lemon efektif untuk meredakan sembelit.

5. Lakukan olahraga ringan

freepik.com

Walaupun perut terasa terganggu oleh sembelit, kamu bisa melakukan olahraga untuk melancarkan pergerakan usus. Dengan begitu, pencernaan kamu akan menjadi lancar. Nggak perlu yang berat kok, cukup jalan santai selama 30 menit. Dengan begitu, pencernaan kamu akan menjadi lancar. 

Itu dia lima tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah sembelit tanpa mengonsumsi obat. Semoga artikel ini membantu ya, Bela! 

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Health