Selama lebih dari satu bulan menjalani work from home dan self quarantine, sudah mulai banyak keluhan kenaikan berat badan di media sosial, ya, Bela. Padahal, dengan #DiRumahAja sebenarnya bisa melatih kedisiplinan diri dalam menjalani gaya hidup sehat. Apalagi, kita jadi bisa mengurangi jajan sembarangan dan mengalihkan budget tersebut untuk makanan yang lebih bernutrisi di rumah. 

Tapi, realitanya bekerja dari rumah malah membuat kamu bisa makan kapanpun kamu suka, bahkan di tengah call conference. Jangan sampai kecolongan, ini cara menerapkan makan sehat ketika WFH.

1. Mengatur asupan nutrisi

Tubuh Melar Selama WFH? Ini Cara Makan Sehat yang Wajib Kamu Jalanifreepik.com/ freepik

Salah satu keuntungan dari self-quarantine ini adalah kamu bisa memakan apa yang bisa dimasak di rumah dengan kandungan nutrisi seimbang. Memiliki cukup karbohidrat, protein, vitamin juga mineral. Makanan yang bergizi berdampak pada tingkat energi dan produktivitas tubuhmu.

Jika kamu nggak ingin repot, kamu bisa memotong, membersihkan dan membuat bumbunya di malam hari. Ini akan menghemat waktu ketika esok hari akan memasaknya.

2. Perhatikan porsinya

Tubuh Melar Selama WFH? Ini Cara Makan Sehat yang Wajib Kamu Jalanifreepik.com/ timolina

Pahami berbagai porsi yang baik dibutuhkan oleh tubuh. Ketika aktivitas fisik menurun, makan berlebihan akan menaikkan berat badan secara drastis. Cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi asupan daging dan produk olahan turunan hewani (seperti susu, keju dan mentega) menjadi satu atau dua kali dalam seminggu.

3. Perbanyak minum air putih

Tubuh Melar Selama WFH? Ini Cara Makan Sehat yang Wajib Kamu Jalanifreepik.com/ kremen

Hal penting yang sering dilupakan adalah minum air putih antara 1,5 liter hingga 2 liter per hari. Kamu mungkin melupakannya karena terlalu sibuk saat WFH dan yang kamu pilih malah minuman manis dengan es. Padahal, kekurangan air putih akan membuatmu gampang lelah dan sulit fokus.

Selain memperlancar metabolisme dalam tubuh, air putih juga dapat meringankan kerja ginjalmu.

4. Perbaiki waktu makan

Tubuh Melar Selama WFH? Ini Cara Makan Sehat yang Wajib Kamu Jalanifreepik.com/ freepik

Walaupun kamu bekerja dari rumah, bukan berarti kamu bisa makan kapan saja. Pertahankan pengaturan waktu makan seperti hari kerja yaitu, sarapan, makan siang dan malam. Kamu juga bisa memakan camilan seperti buah-buahan, kacang-kacangan, ataupun camilan rebus lainnya saat istirahat.

5. Jangan terlalu banyak kafein

Tubuh Melar Selama WFH? Ini Cara Makan Sehat yang Wajib Kamu Jalanifreepik.com/ stockking

Nah, buat pecinta kopi, asupan kafein yang berlebihan dapat merusak kesehatan. Dengan dua gelas sehari sudah cukup untukmu, misalnya saat pagi dan sore. Kamu juga bisa mengganti kopi sore dengan teh atau air sereh lemon yang segar untuk membuatmu lebih bersemangat.

6. Olah raga setiap hari

Tubuh Melar Selama WFH? Ini Cara Makan Sehat yang Wajib Kamu Jalanifreepik.com/ freepik

Walaupun hanya di rumah, kamu bisa menggunakan waktumu untuk melakukan olah raga saat pagi hari atau setelah WFH. Jika bingung harus olah raga apa, kamu bisa melihat tutorial 20-30 menit di YouTube. Nggak hanya membuat tubuhmu sehat, olah raga juga akan menyegarkan wajah dan membuat fokus di pagi hari, sekaligus relaksasi pikiran di sore hari selepas bekerja menatap layar laptop. 

Baca Juga: Hal Sederhana Ini Bisa Jadi Moodbooster Kamu Saat WFH Lho, Coba Yuk!

Baca Juga: Ini Resep Plant-Based Diet Termudah untuk Jaga Imunitas dari Virus

Baca Juga: 6 Alasan Makanan Kukus Lebih Sehat untuk Makanan Sahur dan Berbuka