Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 7 Dampak Buruk Minuman Bersoda untuk Kesehatan

Jangan terlalu sering ya!

Natasya Cinthya

Minuman bersoda memang menjadi incaran untuk melepas dahaga di tengah cuaca panas. Namun, jika dikonsumsi setiap hari akan berbahaya bagi kesehatan, karena minuman yang bersoda biasanya mengandung pewarna, pengawet, kafein, sodium, serta zat tambahan lainnya. Nah, Berikut ini 7 dampak buruk jika kamu terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda. Yuk simak!

1. Obesitas

Tingginya gula di dalam minuman bersoda tersebut diketahui dapat mengakibatkan penumpukan lemak hingga menyebabkan obesitas. Minuman bersoda memiliki kandungan gula empat kali lebih tinggi dari minuman manis biasa.

2. Diabetes

Diabetesaustralia.com

Kita bisa menghindari penyakit diabetes dengan menerapkan pola hidup sehat, karena diabetes adalah kondisi yang disebabkan oleh meningkatnya gula darah di dalam tubuh. Ketika gula darah melonjak, insulin dilepaskan ke dalam aliran darah untuk membawa gula itu ke dalam sel untuk energi atau penyimpanan.

3. Osteoporosis

Mengonsumsi minuman soda terlalu sering bisa berdampak buruk terhadap tulang. Osteoporosis ditandai dengan masa tulang yang rendah dan penurunan kualitas
tulang. Kandungan asam fosfor dalam minuman soda ternyata dapat mengerogoti tulang. Jika minuman soda terus menerus dikonsumsi, maka semakin lama tulang akan makin rapuh.

4. Penyakit Jantung

Soft drink atau minuman bersoda bisa memicu serangan jantung. Minuman berkarbonasi atau bersoda dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik dan penyakit kardiovaskular. Hal tersebut dipicu oleh kandungan asam dalam minuman bersoda.

5. Kanker

cancercenter.com

Minuman bersoda mengandung bahan kimia berbahaya benzena yang dapat menyebabkan kanker. Soda dikaitkan dengan risiko kanker pankreas dan kanker usus, selain itu, wanita pascamenopause yang minum banyak soda bergula juga berisiko lebih besar terkena kanker endometrium.

6. Kerusakan Ginjal

Freepik.com

Soda biasanya mengandung banyak asam fosfat, yang dapat mempengaruhi pembentukan batu ginjal di saluran kemih. Kandungan gula yang terkandung di dalam minuman bersoda dapat meningkatkan kadar garam dalam darah yang dapat memicu potensi negatif dari ginjal.

7. Pengeroposan Gigi

Minuman soda dapat membahayakan kesehatan gigi, gula yang terkandung dalam soda dapat berinteraksi di mulut untuk membentuk asam yang dapat menyerang gigi. Asam dan gula dalam minuman bersoda memiliki potensi asidogenik sehingga dapat menyebabkan erosi pada email gigi.

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Health