Dalam dunia kerja pasti sudah nggak asing dengan yang namanya kerja lembur. Berbagai alasan seseorang menjalani lembur seperti menumpuknya beban kerja bahkan alasan finansial. Tuntutan tersebut membuat orang mengabaikan kesehatan tubuh, bahkan efek begadang dapat mengancam keselamatan kita.

Bagi kalian yang sering lembur sebaiknya mengetahui akibat terlalu sering begadang ya. Popbela sudah merangkum daftar bahaya begadang, nih. Yuk simak!

1. Serangan Jantung

Waspada, 7 Bahaya Lembur Bagi Kesehatan Tubuhmedicalnewstoday.com

Efek begadang bagi kesehatan adalah lebih mudah terkena serangan jantung, karena organ jantung bekerja lebih kerja keras. bahaya begadang membuat tubuh kelelahan, sehingga tekanan darah tinggi, stres, dan pola makan tidak sehat yang merupakan faktor penyebab penyakit jantung. Ada baiknya demi jantung sehat batasi waktu kerja, jangan sampai lebih dari 10 jam setiap harinya.

2. Stres

Waspada, 7 Bahaya Lembur Bagi Kesehatan Tubuhstudyfinds.org

Seseorang yang bekerja secara berlebihan lebih mudah terkena stres, karena mengalami kelelahan secara mental karena mengurangi waktu untuk bersantai akibat tekanan pekerjaan dan memicu otak bekerja terlalu keras. Saat bekerja lembur, usahakan untuk lebih memperhatikan pola hidup dengan melakukan olahraga ya.

3. Diabetes

Waspada, 7 Bahaya Lembur Bagi Kesehatan TubuhFreepik.com

Penyebab diabetes bisa berasal dari bekerja secara berlebihan atau lembur, hal itu terjadi karena pola makan yang tidak sehat. Orang yang sering lembur cenderung lebih suka mengonsumsi camilan atau makanan berat tertentu. Maka nggak heran terjadi peningkatan berat badan yang wajib diwaspadai karena menimbulkan penyakit diabetes.

4. Kerusakan Mata

Waspada, 7 Bahaya Lembur Bagi Kesehatan TubuhFreepik.com

Efek samping begadang dapat mengganggu kesehatan mata karena terlalu lama bekerja di depan komputer, sehingga membuat mata berair dan mudah lelah. Fungsi mata bisa berkurang karena mata yang terus dipaksa menghadap gadget atau komputer tanpa istirahat, bahkan semakin lama penglihatan akan memburuk.

5. Sakit Punggung

Waspada, 7 Bahaya Lembur Bagi Kesehatan Tubuhfreepik.com

Efek sering begadang dapat menyebabkan nyeri pada punggung. Sakit punggung cukup sering dialami oleh pekerja kantoran yang sering melakukan lembur karena sebagian besar waktunya untuk duduk di depan komputer. Nyeri punggung disebabkan karena posisi duduk dalam waktu lama dan otot tidak memiliki waktu istirahat, sehingga membuat munculnya nyeri otot punggung.

6. Penyakit Demensia

Penyakit akibat begadang adalah demensia, yaitu kondisi dimana kemampuan otak mengalami kemunduran. Tanda - tanda orang terkena demensia adalah sering lupa, keliru, sulit untuk berkonsentrasi. Demensia biasanya diderita oleh usia lanjut, akan tetapi demensia juga bisa menyerang di usia muda, lho karena gemar bekerja hingga larut malam. 

7. Insomnia

Waspada, 7 Bahaya Lembur Bagi Kesehatan Tubuhlifestyleasia.com

Dampak buruk begadang adalah Insomnia, karena kita memaksakan tubuh untuk tetap terjaga hingga larut malam. Mereka yang mengabaikan pentingnya tidur dengan kualitas yang cukup, dengan begitu risiko insomnia mereka pun meningkat. Efek insomnia dapat menyebakan seseorang menjadi lemas, mengantuk dan kurang fokus, sehingga aktivitas akan terganggu.

Baca Juga: 8 Obat Alami Insomnia Ini Jarang Dicoba Orang, Padahal Ampuh Banget!

Baca Juga: Bisa Picu Serangan Jantung, Ini 6 Aktivitas yang Harus Kamu Batasi

Baca Juga: Jangan Sering Begadang, Ini 7 Efek Buruknya Bagi Kecantikan