Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Bahaya Tubuh Kekurangan Sinar Matahari, Jangan Disepelekan!

Berjemur Yuk!

Natasya Cinthya

Sinar matahari sangat penting untuk tubuh, kandungan vitamin D yang alami dipercaya memiliki segudang khasiat, terutama jika kita berjemur di pagi hari. Jika tubuh kita kekurangan sinar matahari, tentu saja memiliki dampak negatif.

Sayangnya, masih banyak orang yang menghindar dari sinar matahari dengan alasan terlalu panas dan takut kulitnya gosong. Memang terkena banyak sinar matahari tidak baik, akan tetapi kekurangan cahaya matahari bisa merugikan kesehatan tubuh.

Lalu, apa bahaya yang mengancam tubuh jika kekurangan sinar matahari? Simak artikel ini yuk!

1. Osteoporosis

lifepack.id

Peran vitamin D dari matahari dapat menyehatkan tulang kita, apabila kekurangan paparan sinar matahari dapat menyebabkan osteoporosis atau pengeroposan tulang. Sehingga tulang menjadi lemah, terasa nyeri, bahkan rapuh. Dengan kita berjemur di bawah matahari, sinar matahari akan merangsang penyerapan kalsium dan fosfor guna memperkokoh kepadatan tulang.

2. Depresi

instahelp.me

Kekurangan sinar matahari pagi dapat menyebabkan depresi, pasalnya sinar matahari dapat melepaskan hormon serotin yang bisa meningkatkan suasana hati tenang dan fokus. Oleh karena itu disarankan untuk berjemur di pagi hari ya.

3. Serangan Jantung

Manfaat cahaya matahari bagi manusia dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Vitamin D yang terkandung dalam sinar matahari membantu memeliharan sel - sel jantung dan pembuluh darah. Ketika kulit terpapar oleh sinar matahari, kulit akan melepaskan nitrogen oksida sehingga arteri mengalami pelebaran dan menurunkan tekanan darah.

4. Kanker

Paparan sinar matahari yang berlebihan memang bisa menyebabkan kanker kulit, akan tetapi dalam kadar yang tepat, manfaat dari sinar matahari pagi dapat mengurang resiko terkena kanker lho seperti kanker payudara, kanker usus dan masih banyak lainnya. Yuk berjemur!

5. Lemah Otot

completeneurologicalcare.com

Kelemahan otot  biasanya dialami oleh lansia yang dapat menggangu berbagai aktivitas. Akan tetapi kelemahan otot juga bisa dirasakan oleh orang - orang yang kekurangan vitamin D dari cahaya matahari alias jarang berjemur, pada akhirnya mengalami kelemahan otot.

6. Insomnia

Freepik.com

Terlalu sering menghabiskan waktu diruangan bisa menyebabkan tubuh kekurangan sinar matahari yang berdampak buruk, karena cahaya matahari memiliki peran penting dalam menjaga siklus tidur. Jam internal tubuh yang kacau dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak alias insomnia.

7. Nyeri Sendi

healthshots.com

Jarang berjemur di pagi hari? bersiaplah kamu akan mengalami nyeri sendi di sekujur tubuh karena kekurangan vitamin D dan kalsium. Padahal sinar matahari membantu menghangatkan dan mengurangi nyeri pada sendi atau otot. Maka dari itu kamu bisa mencegahnya dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi selama beberapa menit. 

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Health