Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Manfaat Mandi Subuh untuk Kesehatan, Jarang Diketahui!

Banyak dampak positifnya

Nafi' Khoiriyah

Sebelum beraktivitas di pagi hari, setiap orang umumnya menyisihkan waktunya untuk mandi. Namun, sering kali waktu mandi tersebut tertunda karena rasa malas dan kantuk yang tidak bisa dibendung. 

Padahal, di antara semua waktu untuk mandi, ada banyak manfaat mandi saat subuh. Manfaat itu bisa kamu rasakan mulai dari stres yang berkurang, kulit yang lebih sehat, dan lain sebagainya. 

Supaya kamu lebih semangat untuk mandi di awal pagi, manfaat mandi subuh berikut ini perlu kamu cermati. 

1. Mengurangi stres

pexels.com/Nathan Cowley

Beberapa orang mungkin merasakan saat bangun tidur dengan jantung yang berdebar cepat dan tidak nyaman. Hal itu disebabkan karena stres dan pikiran yang menumpuk. Jika kamu sedang merasakannya, maka mandi pagi adalah salah satu cara untuk meredakannya.

Manfaat mandi subuh terutama dengan air dingin bisa membuat tubuh tersuplai dengan oksigen. Oksigen yang cukup tersebut bisa mengurangi stres yang kamu alami. Selain mandi, kamu juga bisa menghirup aromaterapi yang menenangkan pula. 

2. Meningkatkan sirkulasi darah

pexels.com/Karolina Grabowska

Mandi di antara pukul 4-6 pagi memang sudah terbukti menjadi waktu yang paling ideal. Salah satunya karena bisa meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh. Air yang mengalir bisa mengalirkan darah ke permukaan kulit dengan baik, sehingga berdampak positif bagi kesehatan

Sirkulasi darah tersebut juga mentransfer nutrisi ke bagian-bagian tubuh sehingga bisa berfungsi optimal. Jika sirkulasi memburuk, beberapa kondisi kesehatan seperti hipertensi dan varises bisa muncul. 

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

pexels.com/Lucas Pezeta

Manfaat mandi subuh lainnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh dan merangsang sel darah putih yang membantu melawan penyakit. Sebab, jam biologis tubuh hanya berlangsung secara signifikan pada saat mandi pagi. 

Jika sel darah putih meningkat, maka daya tahan terhadap virus pun juga meningkat. Banyak orang juga memilih mandi di waktu ini karena menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan energi saat akan memulai hari. 

4. Meningkatkan kesuburan

pexels.com/Andrea Piacquadio

Tak banyak yang tahu bahwa mandi pagi di waktu-waktu subuh bisa meningkatkan kesuburan bagi para laki-laki. Hal ini bisa berefek positif bagi pasangan yang berencana untuk memiliki keturunan. 

Sebab, mandi pagi dengan air dingin bisa memicu testosteron dan juga peningkatan sperma laki-laki secara signifikan. Namun, kamu perlu melakukan rutinitas mandi pagi ini secara rutin kurang lebih selama satu minggu untuk menunjukkan efeknya. 

5. Meredakan batuk

pexels.com/cottonbro studio

Saat sedang flu atau batuk, saat setelah bangun tidur tentu terasa tidak nyaman. Sebab, semua lendir terkumpul dan menyebabkan sakit tenggorokan. Nah, untuk meredakan dahak tersebut, mandi pagi adalah cara yang tepat. 

Manfaat mandi subuh dengan air hangat bisa mengecerkan dahak dari uapnya. Sehingga, tenggorokanmu akan terasa lebih nyaman dalam waktu yang singkat. Kamu juga bisa mandi dengan aromaterapi atau minyak kayu putih supaya lebih rileks.

6. Memperbaiki kondisi Kulit

pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Mandi memang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Namun, mandi pagi dianggap lebih banyak manfaatnya. Sebab, mandi pagi bisa menyeimbangkan minyak alami kulit dan membantu mencegah munculnya jerawat. 

Mandi pagi juga baik untuk mereka yang memiliki masalah kulit berminyak. Hal itu karena mandi pagi bisa membersihkan minyak yang menumpuk semalaman dan membersihkan pori-pori. 

7. Memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala

pexels.com/Element5 Digital

Rambut dan kulit kepala setelah bangun tidur biasanya terasa begitu berminyak. Mandi di malam hari pun terkadang tidak bisa menanggulangi masalah ini. Maka dari itu, mandi subuh bisa menjadi solusi yang tepat. 

Sebab, manfaat mandi subuh bisa mengurangi kerontokan dan membersihkan rambut dari kotoran yang menempel di kulit kepala. Racun yang dikeluarkan tubuh melalui keringat pun akan luruh sehingga rambut menjadi lebih sehat. 

8. Merelaksasi otot

pexels.com/samer daboul

Nyeri otot sering kali dirasakan di pagi hari sehingga tubuh terasa tidak nyaman saat akan memulai hari. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan mandi subuh karena bisa membantu otot lebih rileks dan tidak terlalu tegang. 

Gunakanlah air dingin saat mandi supaya mengurangi efek nyeri akibat olahraga atau semacamnya. Dengan begitu, tubuh terasa lebih nyaman dan rileks untuk menjalani berbagai aktivitas lainnya. 

9. Menghilangkan racun tubuh

pexels.com/Karolina Grabowska

Saat tidur, banyak racun yang dibuang melalui keringat yang kita keluarkan. Tubuh pun terasa lengket dan tidak nyaman sebelum mandi.

Nah, mandi subuh berperan untuk membersihkan tubuh dari racun. Dengan bersihnya tubuh dari racun, maka tubuh akan terasa lebih ringan untuk beraktivitas seharian. 

10. Meningkatkan energi

pexels.com/Anastasia Kolchina

Manfaat mandi subuh yang terakhir adalah bisa meningkatkan energi. Mandi di waktu tersebut bisa sangat menyegarkan untuk memulai hari. Suasana hati sepanjang hari pun akan lebih positif karena waktu mandi yang tepat. 

Meskipun tubuh terasa malas di pagi hari, tetapi pada dasarnya manusia lebih aktif di pagi hari. Maka, dengan mandi dan menenangkan diri, pikiran akan lebih tertata dan energi untuk memulai hari pun makin meluap. 

Demikian 10 manfaat mandi subuh yang bisa membuat harimu menjadi lebih semangat dan berenergi. Jadi, jangan ada lagi alasan untuk bermalas-malasan di pagi hari ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health