Lotion Calamine: Kegunaan, Manfaat, dan Efek Samping

Obat untuk mengatasi gatal

Lotion Calamine: Kegunaan, Manfaat, dan Efek Samping

Gatal dan nyeri akibat iritasi kulit tentu sangat mengganggu siapa saja yang merasakannya. Salah satu obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi gatal dan rasa tidak nyaman pada kulit adalah lotion calamine. 

Lotion ini bisa membantu meredakan rasa gatal, perih, dan luka bakar ringan pada kulit. Bukan hanya itu saja, lotion calamine juga bisa mengobati sengatan serangga hingga jerawat, lho. 

Sebenarnya, apa itu lotion calamine dan bagaimana aturan pakai serta efek sampingnya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Apa itu lotion calamine?

Lotion Calamine: Kegunaan, Manfaat, dan Efek Samping

Melansir Healthline, lotion calamine merupakan obat bebas yang digunakan untuk mengobati gatal dan membantu meredakan iritasi ringan pada kulit. Di dalamnya, calamine mengandung oksida zinc dan oksida besi yang bisa memberikan khasiat pada kulit. 

Luka lecet yang lembap pun bisa kering dengan menggunakan lotion calamine ini. Kandungan air di dalamnya juga dapat memberikan sensasi dingin saat dioleskan.

Cara kerja obat oles ini adalah meredakan rasa gatal dan tidak nyaman serta membuat efek samping yang minimal. Lotion calamine juga bisa membantu meringankan kondisi kulit seperti berikut.

  • Reaksi terhadap tanaman beracun
  • Gigitan serangga
  • Cacar air 
  • Herpes zoster 
  • Kudis
  • Luka bakar ringan 
  • Gigitan tungau. 

2. Kegunaan lotion calamine

Ada berbagai masalah kulit yang bisa diredakan dengan menggunakan lotion calamine, di antaranya sebagai berikut.

1. Terbakar sinar matahari 

Sinar ultraviolet yang menembus kulit bisa mengakibatkan kerusakan seperti mengelupas, gatal, ataupun perih. Maka dari itu, lotion calamine bisa digunakan untuk meredakan gatal dan pengelupasan yang terjadi akibat sengatan matahari tersebut sehingga lebih mereda. 

2. Jerawat

Bukan hanya karena sinar matahari saja, masalah jerawat yang terbentuk akibat pori-pori tersumbat oleh sebum atau sel kulit pun bisa diatasi. Lotion ini bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran jerawat karena sifatnya yang astringent atau mengecilkan jaringan tubuh. Namun, jangan lupa tetap menghidrasi kulit karena lotion ini bisa membuat kulit menjadi kering. 

3. Gigitan serangga

Jika kamu terkena gigitan serangga, maka lotion calamine bisa menjadi obat yang kamu andalkan. Sebab, rasa gatal hingga pembengkakan akibat gigitan serangga tersebut bisa diredakan dengan kandungan lotion calamine. Namun, gigitan serangga yang parah atau berbisa tidak bisa diatasi dengan lotion ini. 

4. Cacar air 

Penyakit yang terjadi akibat virus varicella-zoster ini bisa membuat kulit melepuh dan gatal hingga ke seluruh tubuh. Untuk mengobati rasa gatal yang dialami, lotion calamine bisa menjadi jawabannya. 

5. Herpes zoster 

Sementara itu, lotion calamine bisa menjadi alat untuk mengatasi rasa sakit dan gatal pada orang yang terkena herpes zoster. Namun obat antivirus lainnya pun perlu dikonsumsi supaya tidak makin parah. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here