Seringkali banyak dari kita yang hanya berasumsi tentang penyebab munculnya jerawat. Hal ini nggak jarang mengakibatkan salah penanganan sehingga membuat jerawat makin parah. Nah, 7 fakta tentang jerawat yang kerap dianggap mitos di bawah ini bisa jadi salah satu penyebabnya. Simak yuk!

1. Nggak perlu cuci muka sesering mungkin

7 Fakta Mengenai Jerawat yang Kerap Dianggap MitosGroundreport.com
 

Kulit yang bersih memang dapat mencegah munculnya jerawat. Namun, bila kamu terus mencuci muka dengan berbagai produk, kulit justru akan kering dan mengalami breakout. Bukannya mengobati jerawat yang muncul kamu justru akan membuatnya iritasi. Sebenarnya mencuci muka cukup dilakukan 2 kali sehari, sebelum tidur dan saat bangun pagi.

2. Makanan mempengaruhi munculnya jerawat

7 Fakta Mengenai Jerawat yang Kerap Dianggap MitosWeekendnotes.com
 

Apa hubungannya makanan sama kulit wajah? Bila kamu berpikir seperti itu, nyatanya setiap makanan yang kamu konsumsi akan memengaruhi kondisi kulit. Bukan hanya kacang-kacangan, makanan dengan kandungan gula, lemak, dan susu juga dapat memicu tumbuhnya jerawat.

3. Jangan melewatkan pelembap wajah

7 Fakta Mengenai Jerawat yang Kerap Dianggap MitosCoveteur.com
 

Meskipun memiliki jenis kulit berminyak, bukan berarti boleh melewatkan pelembap wajah. Kamu mungkin berpikir bahwa pelembap bisa membuat wajah semakin berminyak dan memicu munculnya jerawat. Padahal minyak pada area wajah muncul secara alami saat kulitmu kering.

4. Jangan pernah memencet jerawat

7 Fakta Mengenai Jerawat yang Kerap Dianggap MitosShape.com
 

Karena banyak orang yang melakukannya, kamu sering menyentuh dan memencet jerawat saat matang. Nggak hanya memberi kepuasan tersendiri, kebiasaan ini juga dianggap dapat menyelesaikan masalah jerawat. Hati-hati Bela, jerawat justru akan mengalami iritasi dan meninggalkan luka dan noda kehitaman pada wajah.

5. Produk yang mahal belum tentu baik

7 Fakta Mengenai Jerawat yang Kerap Dianggap MitosPinterest.com
 

Saat mencari produk perawatan kulit, kamu mencari produk yang mahal dengan beberapa kandungan unik yang bahkan belum pernah kamu dengar sebelumnya. Selama diiming-imingi penelitian dengan teknologi yang canggih kamu percaya bahwa produk tersebut akan berhasil. Nyatanya, kandungan yang dimasukan kedalamnya belum tentu cocok dan bermanfaat untuk kulitmu. Lagipula, penggunaan bahan kimia yang terlalu banyak juga justru dapat berbahaya bagi kulitmu.

6. Stres bisa memicu munculnya jerawat

7 Fakta Mengenai Jerawat yang Kerap Dianggap MitosCreemmag.com
 
Meskipun nggak banyak yang percaya, nyatanya jerawat memang bisa muncul saat kamu merasa stres. Jerawat muncul bukan hanya karena lemak dan kotoran menempel namun juga hormon yang sedang kamu alami. Hal ini juga yang menyebabkan banyak perempuan yang sedang datang bulan menjadi berjerawat.

7. Jerawat hanya bisa hilang dengan bantuan obat

7 Fakta Mengenai Jerawat yang Kerap Dianggap MitosOprah.com
 

Beberapa dari kamu mungkin membiarkan jerawat hilang dengan sendirinya. Padahal jerawat yang nggak diobati, bisa semakin matang dan meninggalkan bekas. Meski nggak boleh dipakai berlebihan, jerawat dapat reda setelah diolesi obat khusus. Bila masih nggak mempan, biasanya dokter akan menyarankan untuk minum obat jerawat agar dapat mengontrol pertumbuhannya. 

BACA JUGA: Dari Jerawat hingga Ketombe, Ini 7 Manfaat Baik Salicylic Acid