Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Dia Rumus dan Cara Mengetahui Berat Badan Ideal Wanita

Bagaimana dengan berat badanmu?

Jennifer Alexis

Memiliki berat badan yang ideal adalah impian semua orang, terutama perempuan. Berbagai cara pun dilakukan demi mendapatkan angka yang diinginkan tersebut, mulai dari mengatur pola makan hingga olahraga. Tapi, seperti apa sih berat badan yang ideal itu sebenarnya? berikut adalah rumus dan cara menghitung berat badan ideal wanita.

Cara menghitung berat badan ideal

greatlist.com

Berat badan ideal adalah berat badan yang proporsional. Jadi, berat badan yang ideal untukmu belum tentu ideal bagi orang lain. Untuk mengetahui berat badan ideal, kamu bisa menghitungnya dengan rumus BMI atau Body Mass Index, dimana kamu menghitung berdasarkan tinggi badan kamu. Rumusnya sebagai berikut:

Rumus BMI atau Body Mas Index

scalar.usc.edu

Jadi, sebagai contoh jika berat badanmu 60kg dan tinggi badanmu 150 cm, maka perhitungannya adalah sebagai berikut: 60:(1,5x1,5)= 60:2,25= 26,6. Nah, berdasarkan tabel BMI, berarti berat badanmu termasuk dalam kategori overweight.

Contoh perhitungan lain, jika berat badanmu 50kg dan tinggi badanmu 160 cm, maka perhitungannya adalah 50:2,56=19,5. Maka, berat badanmu termasuk dalam kategori ideal. Cukup mudah kan menghitungnya?

Tabel Body Mass Index (BMI)

scalar.usc.edu

Itu tadi rumus dan cara menghitung berat badan ideal wanita yang mudah dan akurat. Bagaimana, berat badanmu sudah ideal belum? Berapapun berat badanmu, ingat, yang paling penting adalah tubuh kamu harus tetap sehat yah!

IDN Media Channels

Latest from Health