Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Nggak Susah, Ini Menu Makanan Sehat Biar Dietmu Lebih Berenergi

supaya tetap aktif dan sehat

Popbela.com

Bela, aktivitas yang padat tanpa disadari bisa membuat energi kamu semakin berkurang. Makan secara rutin saja terkadang nggak cukup untuk membangkitkan semangatmu. Supaya tetap aktif, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat dalam porsi yang cukup. Nah, cara makan sehat di bawah ini sangat mudah untuk kamu praktikan supaya badan terasa lebih berenergi. Yuk simak menu makanan untuk diet sehat, selengkapnya di sini!

1. Makan sayuran dalam porsi setengah piring ketika sarapan

huffingtonpost.com

Mengonsumsi makanan berkarbohidrat di pagi hari akan membuat kondisi perutmu kembung. Untuk menghindari hal ini namun perut tetap terisi, kamu hanya perlu memakan sayuran dalam porsi setengah piring. Sayuran mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Selain itu, sayuran juga dipercaya mengandung serat tinggi dan rendah kalori yang akan membuat tubuh kamu lebih berenergi.

2. Makan camilan sehat

via instagram/@rejuveid

Meskipun kamu sedang malas makan, perut kamu harus terisi supaya tetap berenergi, Bela. Bawa selalu makanan ringan yang sehat di dalam tasmu, seperti Granola dari Re.Juve yang terdiri dari berbagai rasa sebagai pengganjal perut jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

3. Tambahkan pisang ke dalam adonan oatmeal

pinterest.com

Jangan tambahkan sirup mapel, gula, atau pun madu ketika kamu membuat oatmeal. Sebagai gantinya, kamu perlu masukkan potongan pisang. Selain sebagai pemanis alami, kandungan potassium di dalamnya dapat membuat perut kamu cepat kenyang.

4. Makan buah sebagai dessert

pinterest.com

Menu makanan diet sehat yang enak dan alami ini cocok jika kamu sedang berusaha untuk mengurangi asupan gula, memakan buah-buahan sebagai makanan pencuci mulutmu setelah makanan berat bisa membuatmu lebih berenergi.

5. Simpan makanan sehatmu di freezer

www.ba-bamail.com

Menyimpan makanan sehat di dalam freezer bisa membantumu saat kamu nggak punya waktu untuk menyiapkan makanan. Kamu hanya perlu memanaskannya kembali ketika sedang lapar.

6. Tambahkan bubuk protein ke dalam makanan yang dipanggang

greatist.com

Mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan protein akan mencegah kamu dari rasa lapar. Kamu hanya perlu menambahkan bubuk protein ke dalam adonan makanan yang akan kamu panggang, seperti pancake atau sandwich.

7. Buat ice cream dengan bahan buah

lafdatv.com

Kalau kamu ingin makan ice cream namun kalori, kolesterol, dan asupan gula tetap terjaga, kamu bisa membuatnya sendiri dengan berbahan dasar buah-buahan. Yummy tapi tetap sehat, kan?

8. Memakan makanan berbahan gandum

budiboga.blogspot.co.id

Gandum yang merupakan sumber karbohidrat ini bisa mencegahmu dari rasa lapar selama berjam-jam. 

9. Buat airmu sendiri

www.fitnessmusthaves.com

Kamu bisa buat kandungan air yang dicampur dengan potongan buah berries, lemon, ataupun kiwi supaya kalori dalam airmu hilang. Selain terhindar dari dehidrasi, minuman ini akan membantu mengisi perutmu, membuat pencernaan lancar, mencegah sembelit, membuat kulit bersinar, dan tentunya badanmu akan terasa lebih berenergi.

Itulah 9 menu makanan untuk diet sehat alami yang enak, Bela. Semoga bisa membantu hari-harimu tetap berenergi.

Ditulis oleh: Salsabil Nabila Afhani

IDN Media Channels

Latest from Health