Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Khasiat Madu yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh 

Berbagai Manfaat Madu untuk Kesehatan

Angga Prayudhatama

Madu sejak lama sudah dikenal memberikan manfaat bagi kesehatan di kalangan masyarakat. Sehingga tak jarang orang-orang mengonsumsi madu untuk memperoleh berbagai khasiat yang diberikannya.

Selain kandungan gula yang dimiliki oleh madu, namun ternyata ada banyak senyawa aktif yang terkandung di dalam madu di antaranya yaitu vitamin E, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B komples, karotenoid, asam fenolik dan flavonoid. Sehingga khasiat madu ini diambil dari kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Manfaat madu untuk Kesehatan

Terdapat beberapa manfaat yang diberikan oleh madu untuk kesehatan tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan imunitas pada tubuh

Pexels.com/Natalie

Kandungan senyawa fitonutrien yang terdapat pada madu dipercaya mampu memperkuat sel imunitas di dalam tubuh. Sehingga, hal ini dapat memperkecil peluang tubuh terserang dan terinfeksi oleh penyakit. 

Selain itu diketahuo juga bahwa maduk memiliki khasiat sebagai antijamur dan antibakteri.

2. Menangkal radikal bebas

lusakastar.com

Selain meningkatkan imunitas tubuh, madu juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dengan senyawa fitonutrien dan vitamin yang terkandung pada madu. Sehingga senyawa tersebut berfungsi sebagai pencegah kerusakan jaringan dan sel pada tubuh yang dikarenakan aktivitas oksidasi

3. Meredakan batuk

Dok. internet

Khasiat madu sebagai pereda batuk ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian, yang menyatakan bahwa madu dapat menggantikan obat batuk medis sebagai obat batuk alami yang berdasarkan dengan resep dokter untuk yang berusia di atas 2 tahun.

Madu mampu melembapkan tenggorokan dengan adanya air liur yang dipicu oleh rasa manis madu sehingga meredakan rasa gatal pada tenggorokan dan keinginan untuk batuk. Selain itu madu juga mampu meredakan peradangan pada tenggorokan.

4. Mempercepat penyembuhan luka

namastekisan.com

Madu merupakan salah satu bahan alami yang mampu menyembuhkan dan memudarkan bekas luka. Penelitian mengenai hal ini sudah dibuktikan sejak lama bahwa madu sangat efektif dalam penyembuhan luka.

Madu dipercaya dapat membunuh bakteri dan menyingkirkan jaringan kulit mati serta merangsang untuk pembentukan kulit baru agar luka tertutup.

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

timesofindia.indiatimes.com

Khasiat lain yang diberikan madu yaitu sebagai prebiotik dari beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan, sehingga mampu mendukung adanya pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Sehingga, madu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dari sistem pencernaan di dalam tubuh.

6. Membuat tidur makin nyenyak

popsugar.com

Madu mampu melepaskan senyawa serotonin dalam tubuh yang kemudian akan diubah menjadi melatonin. Senyawa ini merupakan senyawa kimia yang mampu memberikan dan mengatur kualitas tidur menjadi lebih baik.

7. Menjaga kesehatan jantung

today.com

Kandungan pada madu berupa senyawa fitonutrien ini mampu meningkatkan kesehatan pada jantung dengan cara melancarkan aliran pada darah dan mencegah adanya pembentukan aterosklerosis. Sehingga madu baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung, dan lebih baik apabila dikonsumsi rutin untuk menghindari penyakit jantung dan yang lainnya.

Selain itu mampu dipercaya dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah pada jantung sehingga dapat menghindari penyakit stroke.

8. Menjaga berat badan

greatist.com

Penelitian yang telah dilakukan mendapatkan fakta bahwa mengkonsumsi madu dapat membakar lebih banyak lemak ketika madu dikonsumsi sebelum tidur. Selain itu ditemukan pula bahwa madu sangat dapat membantu seseorang untuk mengendalikan nafsu makannya, hal ini dikutip dari studi dalam Journal of American College of Nutrition pada 2010.

9. Menghilangkan ketombe

freepik/drobotdean

Sebuah studi yang dipublikaskan pada European Journal of Medical Research tahun 2001 menemukan madu bisa membantu menghilangkan ketombe. Cara ini dibuktikan dengan memberikan madu pada daerah yang bermasalah dengan campuran air hangat dan didiamkan selama 3 jam sebelum dibilas dengan bersih.

10. Menurunkan kadar trigliserida

yourmedicalstop.com

Lemak yang dapat ditemukan di dalam darah adalah lemak jenis trigliserida yang mampu menyebabkan adanya risiko penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi madu secara rutin, mampu menurunkan kadar trigliserida dalam darah menjadi rendah.

11. Menjaga kadar kolesterol

Sumber Gambar: sustainablepulse.com

Kolestrol jahat (LDL) yang terdapat di dalam tubuh dapat dikurangi dengan mengkonsumsi madu secara rutin, bahkan hal ini mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) secara signifikan. Hal ini didasarkan pada studi yang telah dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 55 pasien.

12. Mencegah reaksi alergi

Freepik.com

Madu memiliki kandungan antibakteri sehingga mampu mencegah infeksi pada eksim dengan melembapkan kulit dan mempercepat penyembuhan. Sehingga madu dapat mencegah reaksi alergi pada tubuh.

13. Mencegah diabetes

Diabetesaustralia.com

Madu yang memiliki rasa manis ini cukup aman dikonsumsi, bahkan bagi penderita diabetes. Madu bisa dijadikan sebagai pengganti gula sehingga dapat menurunkan kadar gula pada darah.

Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk menemukan khasiat madu, ternyata dengan kandungan yang dimiliki madu mampu memberikan banyak manfaat yang diberikan. Dengan mengkonsumsi madu secara rutin mampu mempertahankan kesetahan tubuh dan mencegah dari serangan berbagai penyakit.

IDN Media Channels

Latest from Health