Rasanya yang manis dan enak membuat teh madu seringkali dikonsumsikan oleh banyak orang. Madu sendiri merupakan sumber karbohidrat yang baik dan madu juga memiliki manfaat baik untuk tubuh, lho! Salah satunya adalah dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh sehingga ampuh meredakan rasa sakit dan kram perut saat mengalami menstruasi.

Tidak hanya itu, ternyata masih ada banyak lagi manfaat teh madu alami ini. Hmm, kira-kira apa saja ya? Yuk, langsung saja kita simak di bawah ini!

1. Mengatasi gejala batuk

Baik Bagi Tubuh, Ini 7 Manfaat Teh Madu untuk Kesehatanmydr.com.au

Madu mampu menjadi pereda batuk yang cukup efektif. Minumlah secangkir teh madu panas sambil menghirup uap hangat dari gelas. Uap panas ini dapat melegakan hidung yang tersumbat serta membantu melarutkan dahak pada tenggorokan. Selain itu, madu juga menutupi bagian dalam tenggorokan untuk mencegah iritasi akibat batuk. Nikmati teh madu sebanyak yang kamu perlukan untuk meredakan gejala batuk. Jika kamu meminumnya sebelum tidur, teh madu ini ampuh mengurangi batuk-batuk di malam hari.

2. Meredakan nyeri haid

Baik Bagi Tubuh, Ini 7 Manfaat Teh Madu untuk Kesehatancosmo.ph

Madu dapat menghasilkan efek yang sama seperti asam mefenamat, yaitu meredakan rasa kram perut saat mengalami menstruasi. Namun, asam mefenamat sendiri dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan pencernaan, pusing, dan mengantuk. Sedangkan, madu umumnya tidak akan menimbulkan efek samping yang serius sehingga aman untuk dikonsumsikan. Jika kamu mulai mengalami kram selama menstruasi, konsumsilah teh madu. Teh madu sendiri dapat meningkatkan aliran darah di tubuh sehingga mampu meredakan kram datang bulan.

3. Menguatkan tulang

Baik Bagi Tubuh, Ini 7 Manfaat Teh Madu untuk Kesehatanpcosdiva.com

Kamu tahu tidak jika kebiasaan mengonsumsi teh madu dapat membantu menguatkan tulang, lho! Kandungan antioksidan dan anti inflamasi pada teh alami ini merupakan faktor utama yang membuat teh madu begitu baik untuk kesehatan tulang. 

4. Membantu menjaga tekanan darah

Baik Bagi Tubuh, Ini 7 Manfaat Teh Madu untuk Kesehatanonlinefirstaid.com

Tekanan darah tinggi mampu menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga tekanan darahmu dalam kisaran normal setiap saat. Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan adalah mengganti gula dalam teh dengan madu. Hal ini karena madu kaya akan antioksidan seperti asam fenolik dan flavonoid. 

Kandungan ini dapat membantu menjaga atau bahkan menurunkan tekanan darahmu. Antioksidan pada kandungannya bekerja untuk mengurangi kemungkinan pembentukan gumpalan darah dalam pembuluh darah serta membantu melebarkan arteri dan vena yang nantinya akan melancarkan aliran darah.

5. Mencegah diare

Baik Bagi Tubuh, Ini 7 Manfaat Teh Madu untuk Kesehataneverydayhealth.com

Madu dipercaya dapat mencegah penyakit diare. Madu juga dikenal untuk meningkatkan asupan kalium dan air yang sangat membantu saat mengalami diare. Selain itu, madu juga mampu memblokir aktivitas patogen yang biasanya menyebabkan diare, seperti Salmonella dan Clostridium Difficile. Maka itu, kandungan dalam teh madu sangat efektif untuk mencegah diare.

6. Dapat melangsingkan tubuh

Baik Bagi Tubuh, Ini 7 Manfaat Teh Madu untuk Kesehataninnovativehomecare.com

Minum teh madu ternyata bisa meningkatkan metabolisme pada tubuh, lho! Kalori dan lemak dapat terbakar lebih cepat sehingga cadangan lemak pada tubuh semakin terkikis. Tentu saja tanpa lemak yang menumpuk, berat badanmu juga bisa berkurang menjadi lebih ideal. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk mengonsumsi teh madu karena dapat membantu kalian yang sedang menjalani program diet. Kamu dapat meminumnya secara rutin selama waktu tea time.

7. Meningkatkan konsentrasi

Baik Bagi Tubuh, Ini 7 Manfaat Teh Madu untuk Kesehatanflickr.com

Minum teh madu juga dapat membantu tubuh terasa lebih bugar serta menyehatkan otak. Kondisi ini sangat efektif untuk meningkatkan konsentrasi. Oleh karena itu, mengonsumsi teh madu sambil belajar atau membaca merupakan ide yang sangat baik karena teh tersebut mampu membantu penyerapan informasi dengan lebih baik.

Nah, itu dia tujuh manfaat teh madu untuk kesehatan yang patut diketahui. Maka itu, mulailah mengonsumsi teh madu secara rutin biar tubuh serta pikiranmu selalu sehat!

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Hitam untuk Diet, Selamat Tinggal Lemak Membandel!

Baca Juga: 7 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan, Pencernaan Jadi Lancar

Baca Juga: 7 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan yang Perlu Kamu Tahu