Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

30 Ucapan Ulang Tahun untuk Mantan yang Berkesan

Bikin ucapan yang tak terlupakan

Puspita Ramadhani

Setelah hubunganmu dengan pacar kandas, tentu ada beberapa hal yang berubah. Jika sebelumnya kalian merayakan hari-hari spesial bersama, kini tak lagi demikian. 

Kenyataan bahwa kalian sudah tidak bersama, pasti membuatmu bingung apakah kamu masih perlu merayakan hari penting atau tidak. Termasuk memberikan ucapan ulang tahun untuk sang mantan.

Memberikan ucapan ulang tahun untuk mantan tentu bukan hal mudah untuk dilakukan. Perang batin dan pikiran seakan nggak bisa dihindari. Satu sisi kamu ingin memberikan ucapan, tapi sisi lainnya mengatakan kamu sudah nggak perlu melakukan hal itu.

Untuk kamu yang sedang mencari ide ucapan ulang tahun untuk mantan, di bawah ini Popbela akan memberikan beberapa ungkapan yang bisa kamu sampaikan. Mulai dari romantis hingga mengundang emosi.

1. Ucapan ulang tahun untuk mantan yang menjadi sahabat

Unsplash.com/Adi Goldstein

Meskipun sulit dilakukan, namun bersahabat dengan mantan bukan hal yang mustahil. Kalau kamu dan mantan sudah menjadi sahabat baik, kamu bisa berikan ucapan ulang tahun untuk mantanmu dengan beberapa kata-kata ini. Lakuin ini kalu kamu sudah berdamai dengan perasaan kamu, ya!

1. “Meskipun cerita kita sebagai sepasang kekasih sudah berakhir, namun aku masih bersyukur sekaligus berterima kasih bahwa kamu masih ada di sampingku sebagai sahabat sejati yang siap mendengar keluh kesahku. Selamat ulang tahun, mantan sekaligus sahabatku!"

2. "Selamat ulang tahun untuk kamu mantan yang sangat berbeda dengan mantan pada umumnya. Kamu tidak berubah menjadi sombong dan masih mengingatku. Semoga di hari spesial ini, kamu diberikan banyak kebahagiaan yang pantas untuk kamu dapatkan."

3. "Tidak ada penyesalan yang aku rasakan meski kita sudah tidak bersama. Aku masih bisa menjangkaumu. Bahkan lebih baik, kita telah menjadi sahabat. Terima kasih atas semua kebaikanmu padaku. Selamat ulang tahun sahabat terbaikku. Semoga impian dan rencana yang pernah kau ceritakan padaku akan segera terwujud!"

2. Ucapan ulang tahun untuk mantan yang sebelumnya adalah sahabatmu

Pixabay.com/Wokandapix

Ketika putus, kamu baru menyadari bahwa sebenarnya kamu dan dia lebih cocok dan lebih baik apabila hanya menjadi teman. Beberapa contoh ucapan ulang tahun untuk kamu yang sedang merasakan hal tersebut. Sedih, namun life must go on, ya, Bela.

1. "Seharusnya aku tahu bahwa hubungan kita akan tetap terjaga jika waktu itu kita tidak memutuskan untuk berpacaran. Kamu teman yang baik, dan aku tidak ingin kehilanganmu karena status kita yang sudah menjadi mantan saat ini. Selamat ulang tahun, semoga kamu dan aku bisa kembali menjadi sahabat baik."

2. "Selamat ulang tahun mantan terbaik. Aku tidak sabar mendengar kabar baik karena semua mimpimu mulai terwujud. Apakah aku bisa kembali menjadi temanmu dan mendengar semua kabar tersebut? " 

3. "Andai waktu itu kita tidak saling menyatakan perasaan, menurutmu apa yang sedang terjadi di antara kita saat ini? Aku masih mengharapkan bahwa kita bisa kembali menjadi teman. Aku ingin bisa merayakan ulang tahunmu, tanpa rasa canggung seperti ini. Selamat ulang tahun, ya."

3. Ucapan ulang tahun untuk mantan yang baru saja putus

Pexels.com/Rawpixel

Tanpa basa-basi, kamu bisa langsung memberikan ucapan ulang tahun untuk mantan yang baru saja putus denganmu. Bela, hati-hati gagal move on, ya.

1. "Ini terasa canggung, tapi aku tetap ingin mengucapkan selamat ulang tahun untukmu. Semoga kamu selalu diberikan kebahagiaan meski sudah tidak bersama denganku."

2. "Selamat ulang tahun, yang baru saja menjadi mantanku. Biasanya, kita akan melakukan perjalanan ke tempat baru yang kamu sukai di hari ulang tahunmu. Namun kali ini berbeda, kita bahkan tidak saling memberikan pandangan."

3. "Kamu tahu? Hingga saat ini aku masih menangisimu dan nasib kita yang harus putus. Bagaimana bisa aku melupakan semua memori jika hari ulang tahunmu adalah salah satu hari terbaik kita. Selamat ulang tahun untuk mantan yang masih aku sayangi."

4. Ucapan ulang tahun untuk mantan yang pernah melakukan salah kepadamu

Stocksnap.io/ Robin C Samuel

Bertengkar dan putus dengan cara yang tidak baik akan sangat menyesakkan. Kamu jadi sulit untuk melupakan kesalahan yang pernah dia buat. Di hari ulang tahunnya, mungkin kamu ingin memberikan ucapan sekaligus memberi tahu bahwa kamu sudah bisa melupakan perasaan sakit yang ditimbulkannya dulu. Perasaanmu, semuanya sudah usai.

1. "Dulu, aku memberikan semua hatiku dengan tulus. Tapi, lihatlah yang kamu lakukan malah membuatnya hancur. Di hari ulang tahunmu, aku ingin mengucapkan selamat ulang tahun dengan tulus, sekaligus memberi tahu bahwa saat ini aku sudah baik-baik saja. Pesanku, belajarlah menjadi lebih baik di hari istimewa ini. Sekali lagi, selamat ulang tahun."

2. "Aku sempat kehilangan harapan dan mimpi ketika kamu memutuskan menjauh dan menghilang dari hidupku. Tapi, cinta tidak selamanya saling menggenggam, cinta juga soal melepaskan. Selamat ulang tahun, kejarlah semua mimpi hebat itu. Biarkan waktu menunjukkan apakah kita bisa bersama kembali atau tidak."

3. "Tidak sehari pun aku bisa melupakan semua kenangan buruk yang kamu lakukan padaku. Namun sekarang aku sadar bahwa aku harus melangkah maju, begitu pula denganmu. Di hari yang spesial ini, semoga aku dan kamu dipertemukan dengan pengganti yang lebih baik. Selamat ulang tahun, mantan."

4. "Selamat ulang tahun, maafkan semua salahku padamu dahulu. Begitu pula denganku, aku sudah memaafkan kesalahan-kesalahanmu. Bahagialah dengan kehidupan barumu."

5. Ucapan ulang tahun untuk mantan dengan tulus mendoakan

Unsplash.com/Ian Schneider

Tidak ada yang kamu harapkan selain hanya memberikan ucapan yang tulus dengan doa terbaik. Kamu bisa mengucapkan ulang tahun kepada sang mantan dengan kata-kata ini.

1. "Aku sangat mengenalmu. Kamu adalah sosok ambisius dan memiliki semangat juang tinggi. Selamat ulang tahun, aku doakan semua kebaikan terjadi padamu, dan juga keinginan serta cita-cita yang kamu dambakan akan segera terwujud."

2. "Kamu masih menjadi orang spesial bagiku, dulu maupun sekarang. Di hari ulang tahunmu ini, aku mendoakan agar kamu selalu diberi kesehatan, kesuksesan, dan kedamaian di setiap langkahmu menuju pendewasaan. Teruslah menjadi orang baik yang menebar banyak kebaikan untuk sekitarmu. Selamat ulang tahun."

3. "Selamat ulang tahun, mantan. Meskipun hubungan kita sudah berakhir, namun doa yang aku panjatkan untuk kebaikanmu tidaklah berakhir. Semoga kamu bahagia mendengar kabar ini, haha."

4. "Kamu orang baik yang selalu dikelilingi oleh orang baik. Satu tangga menuju kedewasaan sudah kamu lewati di hari ulang tahunmu. Semoga kamu tetap menjadi orang baik meskipun banyak rintangan yang harus dilalui nantinya. Selamat ulang tahun, mantan terhebat."

6. Ucapan ulang tahun untuk mantan yang putus karena orang ketiga

pexels.com/Marina Utrabo

Tidak ada toleransi untuk seseorang yang melakukan perselingkuhan. Begitu pula untukmu yang lebih memilih untuk putus dan meninggalkan mantan bersama dengan pasangan barunya. Kira-kira bagaimana reaksi si dia ketika kamu memberikan ucapan ulang tahun untuk mantan seperti ini, ya Bela?

1. "Selamat ulang tahun mantanku yang tidak pernah sadar bahwa dahulu kamu mempunyai pacar sehebat diriku."

2. "Aku tahu suatu saat kamu akan merindukanku. Ucapan ulang tahun ini adalah tahap awal aku menghantui pikiranmu. Selamat ulang tahun mantanku yang memilih batu dibandingkan berlian."

3. "Selamat ulang tahun. Kamu tahu? Aku sedang menyesal beberapa hari ini. Menyesal mengapa dahulu kita tidak putus lebih awal, sebab aku malu mengingat sebarapa lamu aku menghabiskan beberapa tahunku bersamamu."

4. "Apa yang selama ini aku lakukan? Aku jatuh cinta pada seseorang yang bahkan tidak layak menjadi pacarku. Selamat ulang tahun, semoga kamu menjadi lebih pintar di kemudian hari."

5. "Kamu dan pacar barumu itu sempat menghancurkan hatiku. Namun sekarang, itu salah satu yang harus aku syukuri karena aku bisa terbebas dari kalian berdua. Selamat ulang tahun, hiduplah bahagia bersamanya sampai tua."

7. Ucapan ulang tahun untuk mantan dalam bahasa Inggris

Pixabay.com/Leo_65

1. "I don’t regret anything we did, but the only thing I do regret is that I couldn’t make you stay longer. Have a hearty birthday dear." (Aku tidak menyesali apa pun, kecuali ketidakmampuanku membuatmu bertahan lebih lama. Selamat ulang tahun.)

2. "Every relationship, experience, and person in our lives is meant to teach us something. May you receive all the wisdom that life has to offer you. Happy birthday!" (Setiap hubungan, pengalaman, dan orang yang datang akan memberikan suatu pembelajaran. Semoga kamu akan menerima semua kebaikan yang ditawarkan semesta untukmu. Selamat ulang tahun!)

3. "Sometimes I think I have moved on, sometimes I think that I still love you. The emptiness in my heart and the confused state of my mind, I wish you knew. Happy birthday." (Kadang aku merasa bahwa aku sudah melupakanmu, tapi terkadang aku juga masih mencintaimu. Kamu membuat rasa kosong di hati dan bingung di pikiranku, aku harap kamu mengetahuinya. Selamat ulang tahun.)

4. "Falling in love with you was the wonderful stroke of luck but breaking up with you was my choice because of your toxicity. Still, I wish you happy birthday and pray for your success!" (Jatuh cinta padamu adalah pilihan kebetulan terindah, namun putus denganmu adalah pilihan terbaik karena sifatmu saat itu. Meski begitu, aku tetap mendoakanmu agar kamu selalu bahagia dan sukses.)

5. "Happy birthday to my ex. We will never know why we had heartbreak written in our fates, but I will always remember the beautiful memories of our amazing dates." (Selamat ulang tahun untuk mantanku. Kita tidak pernah tahu mengapa perasaan patah hati ini ditakdirkan untuk kita. Namun, aku akan selalu mengingat kenangan baik yang kita lakukan bersama.)

6. "You are a kind, handsome, and amazing person. I hope you accept my birthday wishes and these lies on your birthday today!" (Kamu baik, tampan, dan sosok yang menakjubkan. Aku harap kamu menerima doa dan ucapan kebohonganku di hari ulang tahunmu ini."

7. "You couldn’t love and live with me for long because you didn’t know the essence of sacrifice. Happy birthday ex-boyfriend. I’m glad I could live without you." (Kamu tidak bisa hidup an mencintaiku dalam waktu yang lama karena kamu tidak tahu apa itu pengorbanan. Selamat ulang tahun mantan, aku bersyukur bahwa sekarang aku hidup tanpamu.)

8. "Happiest birthday to the ex-boyfriend turned best friend. I just want you to be in my life, no matter how." (Selamat ulang tahun untuk mantan yang sudah berubah menjadi sahabatku. Aku ingin kamu tetap ada di hidupku.)

Itulah 30 ide ucapan ulang tahun untuk mantan yang bisa kamu berikan di hari spesialnya. Meskipun sudah menjadi mantan, semoga kamu berhasil untuk memberikan kesan di hari spesialnya, ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single