Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Yuk, Ketahui Arti Hangout dalam Bahasa Gaul Anak Muda

Pahami makna, manfaat, dan tips hangout!

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Bagi kamu seseorang generasi millennial maupun gen-Z pasti sudah nggak asing dengan kata hangout. Bahasa gaul ini sering kali diucapkan oleh anak muda sebagai sebuah penjelasan saat mereka mengajak teman-temannya untuk berkumpul. Arti hangout sebenarnya mudah dipahami, karena ini merupakan penggunaan kata dari bahasa Inggris, yang memiliki makna berkumpul atau menghabiskan waktu bersama teman.

Tentu saja, hangout artinya bukan bermain di dalam rumah, tetapi pergi ke suatu tempat untuk berkumpul, mengobrol, atau jalan-jalan. Kata ini memang sering diucapkan, namun ada sebagian orang yang masih belum mengetahui makna sebenarnya. Oleh karena itu, Popbela akan merangkum arti hangout dalam bahasa gaul anak muda dari beberapa sumber sebagai berikut. Yuk, simak ulasannya!

1. Arti hangout secara mendasar

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Melihat zaman yang semakin berkembang, banyak generasi muda yang tertarik mempelajari bahasa baru, terutama bahasa gaul. Hal ini sering mereka ucapkan dalam bahasa Inggris. Dimulai dari singkatan bahasa Iggris, bahasa slang, maupun bahasa serapan dari bahasa Inggris.

Seperti yang sedang dibahas ini, kata hangout yang sangat akrab di telinga.
Mulanya, arti hangout berasal dari bahasa Inggris. Artinya adalah adalah berkumpul, markas, tempat yang sering dikunjungi, atau tempat berdiam. Arti hangout sendiri ialah kata benda yang penggunaannya merujuk pada suatu aktivitas tertentu.

2. Arti hangout dalam bahasa gaul

Pexels.com/Kindel Media

Sedikit berbeda dari arti secara mendasar, kalau dalam bahasa gaul, arti hangout ialah bermain dengan teman dengan tujuan untuk pergi ke suatu tempat atau hanya sekadar jalan-jalan. Jika dalam kehidupan sehari-hari, kata hangout memiliki arti yang serupa seperti nongkrong.

Yup, tentu saja kamu sudah nggak asing mendengarnya. Kata nongkrong sering diucapkan saat anak muda sedang berkumpul bersama teman-temannya di suatu tempat, entah itu kafe atau markas mereka. Itulah yang dimaksud dengan arti hangout dalam bahasa gaul

3. Pemaknaan kata hangout yang sebenarnya

Pexels.com/Kampus Production

Setelah mempelajari arti hangout dalam bahasa Indonesia, kamu juga harus memahami pemaknaan kata hangout yang sebenarnya. Nggak berbeda jauh, makna kata ini merupakan suatu aktivitas saat seseorang berkumpul dengan teman-teman mereka. Jadi, arti hangout adalah menghabiskan waktu dengan sahabat di suatu tempat. Nah, tempat yang dimaksud bisa saja ke destinasi wisata, markas, kafe, dan lainnya.

Supaya lebih paham lagi, pemaknaan kata hangout bisa juga disebut sebagai kegiatan saat kamu quality time dengan teman. Hal itu bisa kamu lakukan dengan teman bisa dengan sekadar duduk santai, atau berlibur ke suatu tempat.

4. Sinonim kata hangout

Pexels.com/Monstera

Dari pembahasan arti hangout di atas, ada dua definisi yang bisa kita pahami lagi. Yang pertama ialah tempat yang sering dikunjungi seseorang, untuk berlibur atau berinteraksi. Kedua, untuk menghabiskan waktu dengan seseorang di suatu tempat. Jadi, nggak hanya dengan teman, tetapi bisa juga dilakukan bersama keluarga maupun kolega. Nah, ada pula terdapat sinonim dari kata hangout dalam bahasa inggris, seperti berikut ini:

  • Haunt
  • Watering hole
  • Bar
  • Den
  • Dive
  • Home
  • Honky-tonk
  • Joint
  • Purlieu
  • Resort

5. Bahasa gaul yang serupa selain hangout

Pexels.com/Kindel Media

Nggak hanya kata hangout, ada pula beberapa bahasa gaul yang memiliki arti yang sama. Tetapi, setiap bahasa gaul juga memiliki makna dan penggunaan yang harus disesuaikan dengan topik terkait. Nah, berikut ini ada beberapa bahasa gaul selain arti hangout yang perlu dipahami dan bisa kamu gunakan untuk memperbanyak referensi kata.

  • Meet up: Bertemu, berkumpul, atau mengadakan pertemuan.
  • Nongki: Nongkrong atau berkumpul dengan teman di suatu tempat tertentu.
  • Quality time: Menghabiskan waktu bersama seseorang bisa sahabat, keluarga, ataupun pasangan.
  • Kuy (yuk): Sebuah kata ajakan untuk melakukan sesuatu.
  • Meeting Point: Bertemu.
  • Hang around: Nongkrong, bergaul ataupun keluar.
  • Kopdar: Artinya kopi darat yang bermakna bertemu atau berkumpul bareng teman dekat.
  • Kongkow: Artinya adalah bercakap-cakap ketika berkumpul dengan teman dan sahabat.

6. Perbedaan kencan dan hangout

Pexels.com/William Fortunato

Membicarakan arti hangout terlihat ada kemiripan dengan kata berkencan. Pasalnya, dua kata ini memiliki aktivitas yang serupa, yakni menghabiskan waktu dengan seseorang. Namun, ada perbedaan yang bisa kita pahami. Biasanya, istilah kencan berhubungan dengan romansa dan pendekatan. Sementara itu, arti hangout adalah menghabiskan waktu bersama berdua atau beberapa orang tanpa ada unsur romantis.

Secara sederhana, kalau ada orang baru mengajakmu jalan-jalan, kemungkinan besar itu adalah kencan. Tetapi, kalau seorang teman yang mengajak keluar rumah, bisa saja memang ingin hangout atau ada yang harus dibicarakan. Meski begitu, kamu perlu perhatikan bahasa tubuh orang tersebut.

7. Cara mengajak hangout dalam bahasa Inggris

Pexels.com/Julia Larson

Setelah memahami arti hangout secara bahasa dan istilah, sekarang kamu bisa praktikkan ini dalam kehidupan sehari-hari. Agar terlihat keren, kamu bisa mengajak hangout sahabat, kerabat, atau rekan kerja dengan menggunakan bahasa Inggris, lho. Ada beberapa kalimat yang bisa langsung kamu coba berikut ini.

1. "Let's go hangout!"

(Artinya: Ayo pergi nongkrong)

2. "Why don't you go with me?"

(Artinya: Mengapa kamu tidak pergi bersamaku?)

3. "Do you want to hang out with us?"

(Artinya: Apakah kamu mau nongkrong bareng kita?)

4. "Are you available to meet up with me?"

(Artinya: Apakah kamu bisa bertemu denganku?)

5. "Are you free to meet up with me and have some coffee?"

(Artinya: Apakah kamu ada waktu luang untuk bertemu denganku dan minum kopi?)

8. Manfaat hangout dalam kesehatan

Freepik.com/tirachardz

Seperti yang sudah dibahas, arti hangout adalah menghabiskan waktu yang berkualitas bersama sahabat. Ternyata, aktivitas ini juga bisa meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Mengutip dari laman Yes Dok, seseorang yang mempunyai teman dan suka bermain bersama, mereka nggak akan merasa kesepian, mengurangi stres, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Kabar baiknya lagi, kalau kamu memiliki teman yang baik, mereka juga bisa membantumu untuk mengatasi trauma. Selain itu, tubuh manusia melepaskan oksitosin atau hormon cinta, ketika mereka sedang menghabiskan waktu bersama orang-orang yang mereka sayangi. Ajaib banget, kan!

9. Cara membuat hangout terbaik dalam hidup

Freepik.com/our-team

Aktivitas hangout bersama orang-orang yang kita sayangi bisa membuatmu bahagia. Dengan begitu akan mempererat ikatan, menciptakan momen yang nggak terlupakan, meningkatkan kesehatan mental, dan lainnya. Karena arti hangout serupa dengan kata quality time, tentu kamu harus membuatnya secara berkualitas dan jadikanlah ini hangout yang terbaik dalam hidup. Oleh sebab itu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan berikut ini.

  • Pilih tempat dan tentukan kegiatan yang akan dilakukan
  • Pastikan ketersedian makanan dan minuman
  • Abadikan setiap momen
  • Mengorganisir anggaran saat hangout
  • Undang teman-temanmu lebih awal dan rencanakan yang benar.

Nah, itulah tadi pembahasan arti hangout bahasa gaul anak muda secara lengkap. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Single