Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Supaya Nggak Gampang Baper Sama Teman Lelaki yang Baik padamu

Batasi dan kendalikan perasaanmu

Natasha Cecilia Anandita

Saat ada teman laki-lakimu yang sangat perhatian, memerlakukanmu dengan lembut, dan selalu ada untukmu, sangat mungkin membuat kamu jatuh cinta. Sikapnya yang seakan menyukaimu bisa membuat kamu baper dan kegeeran. Padahal maksud sikap gentle-nya mungkin karena dia menganggapmu sebagai sahabat atau saudara. 

Daripada nanti malah sakit karna tidak sesuai ekspetasi, lebih baik kamu menahan dirimu untuk baper sama dia. Berikut ada 5 tips supaya kamu nggak gampang baper saat diperlakukan baik oleh teman laki-lakimu. 

1. Batasi perasaanmu dan interaksi

pexels.com/mẫnn-quang

Membatasi diri dan pikiranmu penting agar pada akhirnya tak ada yang merasa bersalah. Membatasi perasaan juga bisa menjadi kunci membangun pertemanan dengan laki-laki. Jadi, kamu nggak akan mudah baper atau luluh jika dia tiba-tiba menyuapimu, mengelus kepalamu, mengucapkan selamat pagi, atau membukakan pintu untukmu. 

Kamu harus mempunyai batasan yang kuat, mana teman dan mana gebetan. Kamu harus bisa membedakan mana ciri dirinya suka dan mana yang hanya baik saja. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah baper pada temanmu. 

2. Anggap sikap baiknya karena hasil didikan orangtua

pexels.com/ron-lach

Mungkin saja memang karakternya yang baik pada semua orang, jadi dia juga bersikap baik padamu. Ini mungkin menjadi hasil didikan dari orangtuanya yang menekankan dia untuk tetap baik kepada siapa pun, terlebih teman-temannya. 

Kamu bisa memeriksanya dengan melihat bagaimana ia berinteraksi juga dengan orang lain. Jika berkesempatan, kamu juga bisa melihat bagaimana orangtua bersikap dengan orang lain.

3. Jangan memikirkannya berlebihan

unsplash.com/istockphoto

Saat memiliki teman lawan jenis yang sangat perhatian dan baik padamu, kamu mungkin akan sering memikirkannya. Dari mulai sering memikirkan, lama-lama kamu bisa baper. Untuk mencegah kamu baper duluan dan berakhir tidak menyenangkan, jadi jangan terlalu memikirkannya. Anggap bahwa dia hanyalah teman biasa yang baik padamu dan tidak lebih. 

4. Minta kenalkan dengan pasangannya

unsplash.com/istockphoto

Cara lain untuk kamu tidak mudah baper pada teman adalah meminta mengenalkan pasangannya. Ini juga bisa meyakinkan dirimu bahwa memang sifatnya yang gentle dan baik hati. Ini juga memberi tahu kamu bahwa dia sudah ada yang memiliki. 

Kalau kamu tahu dia sudah punya pasangan, tentu kamu akan lebih mudah menjaga perasaan kita. Nggak etis, kan, kalau sampai suka sama orang yang sudah punya pasangan. Ini juga bisa bikin kamu malu sendiri. 

5. Kendalikan hatimu

pexels.com/karolina-grabowska

Tekankan pada dirimu bahwa menjadi jomblo atau single itu normal-normal saja. Kamulah yang menjadi kapten untuk hatimu. Biasanya kamu mudah baper saat kamu ingin mencari seseorang yang bisa kamu andalkan atau ingin berpacaran. 

Saat ada seseorang yang bisa membuat kamu nyaman, kamu bisa dengan mudah baper. Nah, untuk itu kamu harus lebih bisa mengendalikan hati. Simpan rasa itu jauh-jauh sebelum kamu mengenalkan lebih dalam. Jika dia benar-benar menunjukkan tanda-tanda menyukaimu, baru kamu boleh baper.  

itulah 5 tips supaya nggak gampang baper sama teman laki-laki. Penting untuk membatasi diri dan perasaan agar tak menganggap perhatiannya spesial hanya untukmu. 

IDN Media Channels

Latest from Single