Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Apa Itu Quality Time? Pahami Arti dan 8 Contohnya

Bukan sekadar menghabiskan waktu bersama

Astri Amalia

Apa itu Quality time? Jika diterjemahkan secara harfiah artinya "waktu yang berkualitas". Sebagai manusia, kita semua punya cara yang berbeda dalam memberi dan menerima cinta seseorang. Salah satu caranya bisa dengan menghabiskan waktu berkualitas, atau yang disebut dengan quality time.

Quality time sendiri termasuk ke dalam salah satu love language atau bahasa cinta yang paling mudah untuk dipahami, tapi juga paling mudah untuk disalahartikan.

Di zaman sekarang, quality time tampaknya menjadi satu hal yang sangat sulit untuk didapatkan. Padatnya aktivitas yang dimiliki banyak orang dan dengan kecanggihan teknologi, membuat orang lebih sering terpaku pada layar ponsel ketimbang orang yang ada di depannya.

Lalu, apa sebenarnya arti quality time itu dan apa saja contoh quality time yang dimaksud? Baca penjelasannya di sini.

Arti quality time

Pexels.com/Anna Tarazevich

Menurut salah satu buku populer tentang 5 bahasa cinta yang ditulis oleh Gary Chapman, quality time merupakan salah satu bahasa cinta, selain kata-kata penegasan (words of affirmation), sentuhan fisik (physical touch), pelayanan (acts of service), dan menerima hadiah (receiving gifts).

Quality time sendiri bisa diartikan sebagai waktu berkualitas yang diberikan, baik untuk diri sendiri, maupun untuk dihabiskan dengan orang tersayang. Waktu yang diberikan pun wajib diisi dengan melakukan beragam hal yang penuh makna. Quality time juga bisa diterjemahkan menjadi sebuah rasa perhatian dan penghargaan akan waktu kebersamaan yang diberikan oleh seseorang.

Berbicara tentang quality time juga berarti kemampuan menyediakan waktu luang di tengah kesibukan. Kuantitas waktu yang diberikan sebenarnya nggak perlu terlalu banyak, karena yang paling penting adalah kualitasnya.

Percuma juga, kan, kalau menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang tersayang seharian penuh, tapi masing-masing fokus dengan ponselnya sendiri-sendiri? Nah, kalau kamu mau tahu apa saja contoh dari quality time, kamu bisa simak di bawah ini, ya.

1. Membaca buku.

Pexels.com

Kamu pernah dengar istilah "buku adalah jendela dunia"? Mungkin kamu sudah begitu familiar dengan istilah tersebut. Jendela dunia sendiri berarti buku mengandung begitu banyak informasi dan juga manfaat bagi pembacanya.

Membaca buku merupakan salah satu aktivitas quality time yang bisa kamu habiskan saat sendirian. Mungkin kamu sudah punya wishlist buku yang ingin kamu baca, atau kamu sudah lama tak membaca buku, maka mungkin sekarang adalah saatnya.

Kalau kamu ingin fokus untuk pengembangan diri, kamu bisa temukan buku menarik tentang self-improvement, dan kalau kamu ingin memperluas imajinasi, kamu bisa mulai membaca buku-buku ber-genre novel.

Membaca buku akan menjadi waktu yang berkualitas untukmu, karena kamu bisa fokus dan rileks sambil menikmati buku yang kamu baca. Ini juga sebagai salah satu cara untuk mengistirahatkan mata dari layar ponsel atau televisi.

2. Mencoba resep masakan baru.

www.guyinthekitchen.com

Kalau kamu punya hobi memasak, kamu bisa juga menghabiskan waktu berkualitasmu dengan mencoba resep masakan baru! Sekarang, sudah nggak sulit untuk menemukan berbagai resep makanan unik dan menarik di media sosial.

Dengan mencoba resep makanan baru, kamu bisa meningkatkan kemampuan dan kreativitasmu! Hasil masakanmu juga bisa kamu bagikan ke keluarga, tetangga, termasuk sahabatmu. 

Selain dilakukan sendiri, memasak atau mencoba resep baru bisa kamu lakukan bersama pasangan. Ini merupakan contoh quality time yang dipercaya dapat mempererat hubungan kamu dengan si dia. Kalian bisa berbagi tugas, yaitu siapa yang memotong, siapa yang mengaduk makanan, dan sebagainya. Selain itu, kalian bisa saling mencicipi makanan untuk mengatur rasanya sesuai selera.

3. Meditasi.

freepik.com/pressfoto

Saat kamu meluangkan quality time untuk dirimu sendiri, kamu juga bisa melakukan meditasi. Melansir healthline, meditasi sangat bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan, meningkatkan self-awareness atau kesadaran diri, membantumu untuk belajar fokus, hingga memperbaiki kualitas tidur.

Meditasi terbagi menjadi dua jenis, yaitu meditasi untuk membuatmu lebih fokus, dan meditasi untuk menyadari pikiran alam bawah sadar. Untuk meditasi fokus, kamu bisa coba memfokuskan diri pada pernafasan, afirmasi positif, atau suara yang menenangkan.

Sedangkan meditasi menyadari pikiran, caranya dengan fokus menyadari segala pikiran yang mengganggumu selama ini. Nggak perlu kamu beri penghakiman, cukup observasi setiap pikiranmu yang datang dan pergi tersebut.

Kamu bisa temukan berbagai panduan meditasi di berbagai platform media sosial. Kalau kamu baru memulai meditasi, kamu bisa lakukan dengan durasi 10 hingga 15 menit setiap hari. Dengan rutin melakukan meditasi, kamu akan merasakan efek luar biasa dalam dirimu, termasuk rasa aman dan damai.

4. Menghabiskan waktu bersama orang terdekat untuk berdiskusi banyak hal.

Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Apabila kamu ingin menghabiskan quality time dengan orang-orang terdekatmu, caranya bisa dengan berdiskusi bersama.

Diskusi yang dilakukan pun bisa bermacam-macam, bisa berdiskusi tentang buku yang dibaca bersama, lagu yang sedang digemari, aktor yang sedang naik daun, atau kegiatan favorit lainnya.

Tak perlu topik yang serius atau memicu perdebatan, bahkan topik ringan sehari-hari juga bisa menemani sesi quality time bersama pasangan. Dalam sesi diskusi ini, yang terpenting adalah melibatkan kemampuan mendengar yang aktif, agar waktu yang dihabiskan selama diskusi lebih bermakna dan berkualitas.

5. Melakukan kegiatan seru bersama.

Pexels.com/ANTONI SHKRABA

Olahraga, memasak, atau sekadar hangout bersama orang terdekat juga contoh lain dalam menghabiskan quality time. Saat menentukan kegiatan yang akan dilakukan bersama, tentunya kamu harus memperhatikan kegemaran masing-masing. Jangan sampai kegiatan yang dilakukan hanya berfokus pada satu orang, dan yang lainnya merasa nggak tertarik sama sekali.

Adanya distraksi juga harus diperhatikan saat melakukan kegiatan bersama. Pastikan bahwa telepon genggam dinonaktifkan dan dijauhkan dari jangkauan. Dengan menghindari adanya distraksi, dijamin waktu yang dihabiskan bersama akan terasa semakin berkualitas!

6. Pergi jalan-jalan.

Pexels.com/Nidhi Solanki

Berjalan-jalan bersama orang terkasih juga salah satu hal yang bisa kamu coba untuk mengisi quality time. Kamu bisa coba berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan, pergi ke taman, atau menyusuri tiap sudut kota.

Waktu yang kamu habiskan juga dijamin nggak akan garing, karena kamu menghabiskannya dengan orang tersayang! Selalu ingat satu hal ini saat menghabiskan waktu berkualitas bersama orang tersayang, nggak penting seberapa lama waktu kebersamaannya, yang penting seberapa berkualitasnya momen tersebut.

7. Menonton bersama.

Pexels.com/cottonbro

Menonton juga merupakan contoh lain dari quality time. Menonton bisa jadi salah satu alternatif kegiatan yang sangat menyenangkan jika dilakukan bersama dengan orang terkasih.

Kalau kamu mau menghabiskan waktu berkualitasmu dengan orang-orang terdekatmu, kamu bisa coba menghabiskannya dengan menonton serial favorit kalian di rumah, ataupun dengan pergi menonton bersama ke bioskop.

8. Pergi berlibur bersama.

Pexels.com/Nubia Navarro (nubikini)

Merencanakan liburan juga bisa menjadi contoh lain dalam menghabiskan waktu berkualitas. Bisa pergi ke suatu tempat, misalnya luar kota, pantai, gunung, atau bisa juga melakukan staycation, yaitu menginap di hotel di dalam kota. Pilihlah liburan yang sesuai dengan bujet kamu, ya, Bela.

Intinya, sih, kunci dari quality time sendiri adalah menghindari gangguan dan memperkaya momen untuk hadir sepenuhnya saat bertemu orang-orang terkasih. Rugi banget, kan, kalau waktu sudah disediakan untuk dihabiskan bersama, tapi pikiran malah terbang ke mana-mana.

Jadi itulah arti dan beberapa contoh dari salah satu bahasa cinta, yaitu quality time. Semoga dengan artikel ini, kamu jadi lebih paham tentang quality time dan bisa lebih menghargai waktu kebersamaan, baik dengan dirimu sendiri, maupun dengan orang terkasih!

IDN Media Channels

Latest from Dating