Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Hal yang Sebaiknya Dihindari Saat Ngobrol dengan Teman

Mengobrol dan bercanda sewajarnya saja, ya.

Muhammad Riyadi Nugraha

Biasanya, berkumpul bersama teman-teman akan membuat seseorang lupa terhadap beban-beban yang ada di kehidupannya sejenak. Nah, demi menjaga keutuhan sebuah pertemanan, ada lima hal sensitif yang sebaiknya jangan kamu lakukan ketika sedang mengobrol atau bercanda sekalipun. Jangan lakukan kelima hal di bawah ini, ya.

1. Mengolok atau ejekan terhadap agama

Pexels.com/Mart Production

Agama merupakan sebuah keyakinan yang dimiliki oleh seseorang. Jika berbicara terkait agama, kamu harus hati-hati agar tidak ada pihak yang merasa tersakiti. Agama merupakan salah satu topik yang bisa dibilang sangat sensitif, sehingga hindari candaan atau olok-olok yang membawa topik agama, ya.

2. Membicarakan gaji pekerjaan

Pexels.com/ Alexander Mills

Biasanya, orang akan merasa ilfeel ketika ada orang yang menanyakan sebuah gaji. Walaupun kamu sudah sangat dekat dengan temanmu, sebaiknya hindari hal ini.

Bukan apa-apa, ini demi menjaga kenyamanan hati antara kedua belah pihak. Sehingga tidak ada yang merasa tinggi, rendah, istimewa, ataupun pesimis. Ingat, gaji itu privasi, ya!

3. Menghina kekurangan orang lain

Unsplash.com/Chris Murray

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tidak mungkin tidak ada orang yang tidak memiliki kekurangan sama sekali, kan, ya? 

Dalam ruang lingkup pertemanan, sebaiknya hindari obrolan-obrolan yang merujuk kepada sebuah penghinaan. Karena, kita tidak tahu bagaimana isi hati seseorang. Bisa saja dari raut mukanya terlihat biasa saja, namun isi hatinya merasa tersakiti. Hati-hati!

4. Bertanya tentang seluk-beluk kehidupan keluarga

pexels.com/Rodnae Productions

Bertanya mengenai keluarga kepada temanmu sebenarnya sah-sah saja untuk dilakukan, selagi masih dalam ruang lingkup sewajarnya dan tidak berlebihan.

Keluarga juga merupakan privasi yang harus dijaga dan dilindungi. Tidak semua apa yang terjadi di keluarga, dapat diceritakan kepada orang-orang.

Jadi jangan terlalu penasaran dengan seluk-beluk kehidupan keluarga teman, jika dia memang tak mau membicarakannya. Ingat, untuk menghargai privasinya, ya.

5. Mengabaikan teman yang pendiam

pexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam setiap ruang lingkup pertemanan, biasanya selalu ada saja orang yang memiliki sifat pendiam, kan, ya. Tak aneh, jika ia malah lebih memilih diam dan menjadi pendengar bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. 

Nah, jika demikian, cobalah untuk melontarkan beberapa pertanyaan kepadanya. Karena pada dasarnya, orang pendiam akan merasa terhargai ketika ia mendapatkan sebuah pertanyaan. Pokoknya, jangan sampai diabaikan, ya. 

 

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "Hindari 5 Hal Sensitif Ini Ketika Ngobrol dengan Teman"

IDN Media Channels

Latest from Single