6 Cara Menolong Teman Keluar dari Hubungan Toxic, Menurut Ahli

Meski geregetan, jangan pernah memaksakan kehendak, ya.

6 Cara Menolong Teman Keluar dari Hubungan Toxic, Menurut Ahli

Orang yang menjalani hubungan toxic biasanya sulit untuk menyadarinya. Namun, beda ceritanya dengan orang-orang di sekitar yang melihatnya dari sudut pandang berbeda. Bagi Bela yang pernah mengalami hal ini, pasti tahu bagaimana rasanya melihat teman yang memiliki hubungan toxic dengan pasangannya.

Pertanyaannya: Apa yang harus kamu lakukan sebagai teman? Diam saja atau mencoba untuk menyadarkannya?

Daripada salah bertindak, lebih baik dengarkan saran dari para ahli tentang apa yang harus dilakukan, cara mendekati saat membuka omongan, dan cara mendukung teman sambil menghormati keputusan mereka.

1. Jika ada pelecehan, lakukan pendekatan aktif

Ingat, ya. Pelecehan tidak hanya fisik, tapi juga emosional atau verbal. Jika alasanmu untuk tidak menyukai pasangan teman adalah karena kamu melihat atau mencurigai adanya pelecehan dalam hubungan, penting untuk tidak mengambil pendekatan pasif.

Menurut terapis pernikahan dan keluarga Tiana Leeds, "Ketahuilah bahwa temanmu mungkin malu karena berada dalam hubungan yang toxic, jadi tunjukkan kepadanya dengan cara yang tidak menghakimi. Biarkan dia tahu kalau kamu melihat apa yang dialaminya dan kalau dia tidak pantas dilecehkan."

Si teman mungkin perlu waktu untuk menerima kenyataan tentang apa yang terjadi dan mengambil langkah untuk mengakhiri hubungan. Jadi, beritahu dia kalau kamu siap untuk berbicara atau membantu kapan pun dibutuhkan.

2. Jelaskan mengapa kamu tak suka dengan pasangannya yang toxic

Jika tidak ada pelecehan tapi kamu tidak menyukai si pasangan teman ini, psikolog klinis Perpetua Neo menyarankan dengan jujur terlebih dahulu kepada diri sendiri. Kadang, kita menaruh standar kita mengenai pasangan kepada teman. Meskipun maksudnya baik, tetapi si teman ini mungkin nggak memiliki standar yang sama.

"Sering kali, selera kita pada pasangan mungkin sangat berbeda dari selera teman kita. Jadi, apa yang mengganggu kita tentang pasangan teman mungkin tidak menjadi masalah bagi mereka," kata Tiana.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here