Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara untuk Terhubung Kembali dengan Teman Lama

Rajut kembali tali pertemananmu di masa lalu

Astri Amalia

Ketika beranjak dewasa, kita mungkin akan semakin sibuk dengan banyaknya pekerjaan dan prioritas lainnya dalam hidup. Terkadang kita sampai lupa untuk punya kehidupan sosial yang baik, hingga bukan nggak mungkin kita jadi kehilangan kontak dengan teman-teman lama. Bisa jadi sudah bertahun-tahun lamanya sejak kita terakhir kali menyapa atau berbincang santai dengan mereka.

Untuk kembali terhubung dengan teman lama mungkin akan terasa cukup canggung bagi sebagian orang. Tapi, kalau kamu salah satu yang ingin kembali terhubung dengan teman-teman lamamu, Popbela sudah menyiapkan 6 cara di bawah ini untuk membantumu. Simak informasinya sampai habis, ya!

1. Coba untuk saling terhubung di media sosial

freepik.com/jannoon028

Saling mengikuti di media sosial mungkin terlihat seperti kamu terhubung dengan teman-teman lamamu. Namun, jika kamu ingin benar-benar menghidupkan kembali hubungan lamamu dengan mereka, kamu harus terlibat dengan mereka lebih dari sekadar mengikuti atau menyukai unggahan mereka. 

Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan meninggalkan komentar di unggahan mereka, membalas Instagram Story mereka, atau dengan mengirimkan pesan untuk membuka kembali percakapan.

Kalau kamu nggak tahu harus memulai percakapan dengan topik apa, kamu bisa mulai dengan memberikan pujian atau memberikan pertanyaan seputar kehidupannya.

Yakin deh, kalau kamu sering melakukan hal ini, persahabatanmu akan mulai tumbuh kembali secara alami.

2. Kirimkanlah pesan singkat padanya

Pexels.com/RODNAE Productions

Untuk kembali terhubung dengan teman lama, kamu juga perlu mencoba mengirimkan pesan singkat. Kamu bisa mulai dengan menyapa, menanyakan kabar mereka, memberitahu mereka bahwa kamu memikirkan mereka, atau meminta untuk bertemu denganmu.

Misalnya, kamu bisa mengatakan sesuatu seperti, “Hei [nama]! Bagaimana kabarmu? Aku tiba-tiba memikirkan waktu kita [memori indah], dan ternyata itu sudah lama sekali, ya. Aku rasanya ingin bertemu kamu, beritahu aku kalau kamu bersedia, ya!”

Kalau kamu nggak memiliki nomornya, kamu bisa coba untuk meminta pada temanmu yang merupakan temannya juga.

3. Berkumpul dengan teman bersama

pexels.com/elina-fairytale-

Saat kamu sudah lama nggak terhubung dengan salah satu teman lamamu dan ingin kembali berhubungan dengannya, kamu bisa temukan seseorang yang sama-sama menjadi teman bagimu dan teman lamamu.

Dengan menemukan teman bersama, kamu bisa berinisiatif untuk merencanakan kesempatan untuk berkumpul bersama. 

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk terhubung kembali, karena akan ada seseorang yang siap membantu untuk menjembatani kesenjangan, mengatasi kecanggungan, dan mencegah obrolan yang membosankan. Dijamin, percakapanmu dengan teman lamamu akan lebih alami dan mengalir!

4. Selesaikanlah konflik di masa lalu

freepik.com/pressfoto

Apakah kamu dan teman lamamu pernah berkonflik di masa lalu? Jika jawabannya iya dan kamu ingin membangun kembali pertemanan dengannya, kamu bisa untuk coba menjangkaunya untuk menyelesaikan konflik tersebut.

Penting juga untukmu menjernihkan suasana dan menjadi sosok yang terbuka ketika kamu mencoba kembali menghubunginya.

Kalau kamu merindukannya, merasa menyesal atas sesuatu yang mungkin telah kamu katakan atau lakukan sebelumnya, dan ingin melupakan masa lalu tersebut, pastikan untuk mengatakannya di awal, sebelum menanyakan apakah mereka tertarik untuk terhubung lagi denganmu. 

Dengan melakukan cara ini, kamu memperlihatkan bahwa kamu memang tulus untuk menghubunginya dan untuk kembali berteman dengannya.

5. Bagikan kenangan masa lalu dengannya

pexels.com/Andrea Piacquadio

Apakah kamu menemukan gambar-gambar lama atau melihat sesuatu di media sosial yang mengingatkanmu dengan teman lamamu? 

Jika iya, kamu bisa lho untuk coba mengirimkan pesan singkat padanya dan menyisipkan gambar tersebut, atau dengan membagikan unggahan di media sosial yang mengingatkanmu padanya, dan mengatakan, “Ini mengingatkanku padamu! Apa kamu masih menyukai [hobi atau minat]?” 

Atau jika mereka muncul dalam Facebook Memories, berikan komentar dan katakan sesuatu seperti, “Ini mengingatkanku pada masa lalu! Apa kamu ingat ini? Sudah lama ya ternyata. Aku kangen kamu!" 

Dengan begitu, kamu bisa membuka kembali percakapan dengannya secara lebih alami dan anti canggung.

6. Tanyakan apakah mereka ingin kembali terhubung denganmu atau tidak

Freepik.com/tirachardz

Kamu nggak mau bertele-tele saat menghubungi teman lamamu? Jika iya, kamu bisa coba langsung tanyakan apakah mereka ingin kembali terhubung denganmu atau nggak.

Dengan mengatakan secara jujur dan lugas, ada kemungkinan bahwa mereka akan senang saat kamu coba menghubungi terlebih dahulu. Siapa tahu kalau mereka sebenarnya punya keinginan untuk melakukan hal yang sama.

Untuk melakukan ini, hubungi mereka dengan cara apa pun yang terasa mudah untukmu ya, baik dengan meneleponnya, mengirimkan pesan singkat, atau dengan mengajaknya untuk bertemu denganmu.

Nah, jadi itulah 6 cara untuk terhubung kembali dengan teman-teman lamamu. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single